Cara Membuat Blog (Blogging) Untuk Pemula Lengkap

Cara Membuat Blog (Blogging) Untuk Pemula Lengkap
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Blog menjadi salah satu pilihan bagi seseorang yang menggemari dunia tulis menulis, blog juga bisa dijadikan sebagai peluang untuk menghasilkan uang yang cukup menguntungkan. Maka tidak heran, dewasa ini banyak sekali yang menekuni dunia blogging. Bagi kamu semua yang ingin menjadi seorang blogger, tetapi masih bingung bagaimana caranya, simak informasinya berikut ini.

Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Pada dasarnya, cara untuk bisa membuat blog mudah dan juga terbilang cukup sederhana. Ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan sebelum pada akhirnya memilih untuk membuat blog sendiri. sejumlah langkah atau proses di bawah ini bisa kamu simak, sebagai informasi perihal cara membuat blog tersebut.

1. Memilih niche

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para pemula dalam membuat blog adalah yang satu ini. Niche menjadi bagian yang tidak bisa dihindarkan dari proses pembuatan blog. Ada banyak sekali pilihan niche yang bisa dipilih oleh kamu, ketika memang ingin menjadi seorang blogger. Sebelum itu, ketahuilah terlebih dahulu, jika niche adalah sebuah topik yang akan dijadikan topik utama dalam blog yang kamu miliki. Seperti bisnis, review, tutorial dan lain sebagainya.

Jika kamu mencari cara membuat blog yang menarik, pemilihan niche harus bisa dsesuaikan sedemikian rupa, proses pemilihan niche juga harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Jangan sampai kamu memilih niche yang bahkan tidak banyak orang yang mencari informasi perihal niche tersebut.

2. Pilih platform blogging

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memilih platform yang tersedia. Kamu pasti tahu, jika dalam dunia blogging, tidak hanya tersedia satu pilihan platform saja. Melainkan ada cukup banyak platform yang acapkali digunakan oleh para blogger yang handal. Maka bagi kamu yang masih pemula, mulailah langkah selanjutnya dengan memilih platform yang manakah yang tepat untuk digunakan.

Dari sekian banyak pilihan platform kamu bisa memilih untuk menggunakan Blogger, Wordpress.com, wordpress.org, atau juga memilih menggunakan Weebly. Semua pilihan platform tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Kenali terlebih dahulu sejumlah pilihan itu, sebelum pada akhirnya kamu memutuskan untuk menggunakan satu platform.

3. Menentukan jenis hosting yang tepat

Hosting menjadi bagian yang penting dalam sebuah blog. Proses pemilihan hosting tidak boleh dilakukan secara sembarangan, pilihlah hosting yang tepat, agar blog kamu bisa memiliki performa yang baik. Ada cukup banyak pilihan layanan hosting, seperti shared hosting, cloud, can juga VPS. Hal ini menjadi bagian dari cara membuat blog pribadi di laptop, tentunya mudah dan juga gratis.

4. Tentukanlah nama domain blog kamu

Tidak hanya hosting, domain juga menjadi bagian yang cukup penting dalam sebuah blog. Kamu bisa mulai memikirkan dan kemudian memilih nama domain yang tepat yang akan digunakan. Kamu bisa memilih menggunakan .com, .org, .co.id, dan sejumlah pilihan nama domain lainnya. Semua itu tergantung dari pilihan yang hendak kamu gunakan. 

Pada dasarnya sejumlah cara diatas, menjadi cara yang paling dasar yang bisa kamu lakukan dalam membuat blog sendiri. pada dasarnya membuat blog bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan uang, malah akan menghasilkan uang. Tetapi ada sejumlah aspek lain yang akan mengharuskan kamu untuk mengeluarkan sejumlah uang, demi memiliki blog yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Sejumlah langkah di atas juga bisa menjadi bagian dari cara membuat blog di hp yang mudah dan juga sederhana. Yang paling penting adalah menentukan pilihan platform yang akan kamu gunakan.

Cara Membuat Alamat Blog

Setelah kamu mengetahui perihal cara atau juga langkah membuat blog yang mudah, kamu juga harus tahu perihal bagaimana cara membuat alamat blog. Alamat blog juga akan menjadi bagian yang cukup penting dalam kegiatan blogging yang kamu lakukan. Sebagai blogger kamu harus bisa menentukan alamat blog kamu sendiri.


1. Buka platform blog yang dipilih: Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengakses platform blog yang telah kamu pilih. Hal ini tentu saja menjadi langkah yang paling awal yang bisa kamu lakukan. Setelah itu, barulah kamu bisa membuat alamat blog kamu sendiri.

2. Membuat alamat blog: Setelah berhasil mengakses blog yang telah kamu pilih. Langkah selanjutnya adalah mulai memasukkan alamat blog yang hendak kamu gunakan. Hal ini akan tergantung dari keinginan kamu sendiri. tetapi ada sejumlah hal juga yang perlu kamu perhatikan agar alamat blog kamu mudah diingat oleh para pembaca. Seperti menggunakan nama yang berbeda, sesuaikanlah dengan pilihan niche atau tema blog, jangan menggunakan karakter khusus, gunakanlah alamat yang cenderung mudah diingat.

3. Alamat blog bisa digunakan: Sejumlah hal diatas juga menjadi bagian dari cara membuat URL blog, dengan melakukan sejumlah langkah yang telah diinformasi di atas tadi, maka kamu sudah bisa memiliki blog dengan alamat atau url yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Untuk bisa menguji alamat url yang kamu miliki, kamu bisa mengujinya dengan cara memasukkan url blog kamu pada browser.  Hal tersebut bisa dilakukan sebagai langkah yang bisa membuat kamu mengetahui, apalah url tersebut telah benar menuju kepada blog kamu atau bahkan ada sedikit kesalahan. Jika kamu ingin membuat url yang singkat, kamu bisa memilih menggunakan saran dari plarfotm preetylink.

Itulah informasi yang bisa diberikan, tentunya perihal cara membuat blog (blogging) untuk pemula lengkap. Semoga bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>