✔ Cara Mudah Temukan Perangkat Saya (Android)

✔ Cara Mudah Temukan Perangkat Saya (Android)
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Penggunaan gawai atau gadget kini menjadi kebutuhan yang krusial atau penting dalah kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan di manapun berada dan membawanya kemana pun kita pergi. Namun apa jadinya apabila kita lupa menyimpan HP, tak sengaja meninggalkannya di suatu tempat, atau parahnya lagi hilang karena dicuri? Salah satu cara paling ampuh yang bisa menjadi solusi tatkala hal tersebut terjadi, adalah dengan mencari perangkat saya melalui berbagai cara dan fasilitas khusus untuknya.

6 Solusi Temukan Perangkat Saya

Berikut kami rangkum beberapa cara lengkap, yang bisa digunakan khusus pengguna Android untuk melacak atau mencari tahu lokasi perangkatnya yang hilang.

1. Layanan Temukan Perangkat Saya

Cara pertama dan yang paling dasar, adalah menggunakan aplikasi bawaan atau layanan dari Google. Selain memberikan layanan bantuan lain yang serba canggih, aplikasi ini terutama dapat digunakan untuk menemukan lokasi perangkat dari jarak jauh apabila hilang. Fitur tersebut dirancang dengan teknologi yang dapat melacak lokasi terakhir perangkat. Cara menggunakan temukan perangkat saya ini terdapat beberapa langkah yang perlu diikuti seperti berikut.

Pertama, untuk mengaktifkannya pastikan Anda membuka aplikasinya, klik ‘keamanan’, lalu pilih menu ‘temukan perangkat saya’, dan ketuk ‘aktifkan’ temukan perangkat saya. Kedua, memastikan fitur lokasi aktif dengan cara membuka layanan ‘setelan’ di HP. Klik ‘lokasi’ dan aktifkan.

Ketiga, harus mengaktifkan cadangan dengan verifikasi 2 langkah. Caranya dengan membuka akun Google pengguna, pilih menu ‘keamanan’. Lanjut pada fitur ‘Login ke Google’, klik menu ‘verifikasi 2 langkah’. Lalu tambahkan pula 1-2 langkah tambahan, baik dengan kode cadangan atau ponsel cadangan.

2. Lacak Menggunakan IMEI

Solusi selanjutnya untuk melacak perangkat, yaitu menggunakan IMEI ponsel. Setiap perangkat pasti memiliki nomor IMEI masing-masing, akan tetapi bisa menjadi masalah jika kita tak mengetahui nomor serinya. Biasanya ia tertera pada kardus HP, namun jika tidak ada maka dapat diakali dengan mengakses dial *#06#* melalui fitur telepon, lalu IMEI akan muncul.

Atau dapat juga diketahui melalui layanan setting atau pengaturan. Akses menu ‘tentang telepon’, lalu di sana tertera berbagai informasi lengkap mengenai ponsel, termasuk nomor IMEI. Jika pemilik mengetahui nomornya, maka proses temukan perangkat saya dengan IMEI akan jadi lebih mudah.

Jika ponsel tersebut hilang karena dugaan dicuri, maka dapat meminta bantuan pihak kepolisian dengan memberitahukan nomor IMEI. Atau cara kedua, bisa meminta bantuan dengan menghubungi provider. Melalui call center provider, Anda bisa memberitahukan nomor IMEI dan perangkat pun akan dilacak dengan cepat.

3. Temukan Perangkat Saya Menggunakan Facebook

Cara lainnya yang ampuh digunakan untuk melacak lokasi perangkat Android adalah menggunakan Facebook. Biasanya kita sebagai pengguna media sosial FB, akan membiarkan akun untuk tidak logout dari Facebook. Ternyata ini dapat menjadi celah dan solusi bagi pengguna yang tiba-tiba kehilangan perangkat tersebut.

Anda bisa meminjam ponsel teman untuk temukan akun saya melalui Facebook. Caranya gampang, Anda hanya tinggal login menggunakan username dan password Facebook sendiri, lalu melihat lokasi penggunaan terakhir. Selain itu cara temukan perangkat saya dengan Facebook pun dapat dilakukan meskipun tanpa login ke akun pribadi. Anda bisa meminta bantuan melalui akun FB teman, untuk melacak lokasi FB Anda. Caranya mudah, pertama harus membuka fitur tiga garis yang terletak pada sudut kanan atas di layar.

Lalu diantara banyaknya menu yang tersedia, scroll ke bawah hingga menemukan ‘nearby friends’. Ketuk menu tersebut, lalu klik ok untuk aktifkan menu ‘Turn on Location Service’, klik ‘Allow’ juga jika popup-nya sudah muncul. Setelahnya, Anda pun secara otomatis dapat melihat daftar teman Facebook beserta lokasi tertentu yang tertera.

4. Temukan Perangkat Menggunakan Nomor HP

Inilah pentingnya mengapa nomor HP pribadi harus diingat oleh pemilik. Misalnya terjadi insiden kehilangan HP, maka pemilik dapat melacak posisi dan temukan perangkat saya dengan nomor HP sekalipun. Misalnya melacak lokasi perangkat dilakukan dengan berbekal nomor HP dan melalui aplikasi Google Maps. Caranya cukup buka aplikasi Gmaps dan aktifkan data internet, pilih menu ‘Option’, lalu ‘friend list/daftar teman’. 

Selanjutnya tinggal tambahkan saja nomor kontak yang ingin dilacak keberadaannya, maka Gmaps pun akan mendeteksi posisi target dengan tepat. Cara satu ini juga menjadi solusi ketika perangkat ponsel Anda dalam keadaan mati atau lokasinya yang tidak diaktifkan. Sehingga temukan perangkat saya lokasi dinonaktifkan tetap bisa dilakukan.

5. Melacak HP Oppo

Tips lainnya untuk temukan perangkat saya Oppo, dapat dilakukan dengan menggunakan layanan Prey Anti Theft yang bisa dibuka melalui akses pada website preyproject.com. Langkah berikutnya Anda harus login akun dengan cara memasukkan email serta password yang digunakan HP Oppo Anda yang hilang pada kolom yang tersedia. Langkah ketiga, saatnya Anda melakukan kontrol terhadap perangkat yang hilang dengan cara ketuk pada bagian gambar HP Oppo, maka perangkat yang hilang akan tampil di halaman tersebut.

Melalui cara ini, Anda dapat mengontrol HP dengan cara mengunci perangkat, menyalakan alarm, dan lainnya. Bisa juga klik ‘Set Device To Missing’ untuk menerima update lokasi. Setelah itu klik ‘Yes, My Device is Missing’ sebagai konfirmasi yang nantinya akan muncul pada popup.

6. Melacak HP Samsung

Untuk melacak HP Samsung yang hilang, Anda dapat menggunakan layanan Find My Mobile langsung di website resminya. Cara temukan perangkat saya Samsung, cukup mudah dilakukan. Sama seperti pada umumnya, ketika Anda login pada layanan Find My Mobile menggunakan akun pada ponsel Samsung, maka aktifkan fitur ‘Google Location Service’ dam selanjutnya dapat melihat posisinya.

Dengan fitur ini, Anda dapat mengontrol ponsel yang hilang dengan klik ‘Bunyikan Perangkat’ untuk mengetahuinya, lalu bisa mengontrolnya dengan cara mengunci perangkat, dan lainnya. Itulah cara mudah temukan perangkat saya yang lengkap dengan berbagai solusi, dan khususnya untuk pengguna Android.

Artikel Terkait:

Penulis: Ratih Pratiwi

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>