6 Cara Mengetahui Kacamata Anti Radiasi, Asli atau Palsu!

6 Cara Mengetahui Kacamata Anti Radiasi, Asli atau Palsu!
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Apakah kamu adalah orang yang selalu menghabiskan waktu di bawah sinar matahari atau bekerja yang berhubungan dengan elektronik dalam jangka waktu lama? Perlu diketahui aktivitas yang disebutkan tadi dapat berdampak tidak baik untuk kesehatan mata kamu.

Tidak hanya itu karena kecanggihan teknologi saat ini orang-orang sulit untuk berjauhan dengan smartphone. Smartphone sendiri bisa berbahaya karena sinar birunya membuat mata lelah sampai minus. Untuk melindungi mata, kamu harus menggunakan kacamata anti radiasi. Kacamata anti radiasi mempunyai lensa yang dapat melindungi mata dari bahaya radiasi sinar biru yang ada smartphone, komputer, laptop dan sinar matahari. Pada artikel kali ini kami akan membahas cara mengetahui kacamata anti radiasi.

Apa itu Kacamata Anti Radiasi

Sebelum ke pembahasan sebaiknya kamu harus mengetahui tentang kacamata anti radiasi. Kacamata radiasi adalah Kacamata yang dibuat khusus untuk melindungi mata kamu dari radiasi. Radiasi sendiri merupakan energi yang ada di atas gelombang atau partikel dengan kekuatan tinggi. Munculnya radiasi itu sendiri bukan dibuat oleh manusia terjadi secara alami. Biasanya manusia terpapar oleh 2 jenis radiasi yang pertama adalah radiasi ultraviolet ada pada sinar matahari dan radiasi Blue Light (sinar biru) yakni yang ada pada elektronik.

Apakah Kacamata Anti Radiasi Efektif

Jika kamu bertanya tentang efektifkah kacamata anti radiasi? Jawabannya adalah ya. Kacamata anti radiasi desain dengan filter pada lensa untuk menghalangi dan menyerap cahaya biru pada sinar UV. Jadi kacamata ini bisa membantu kamu mengurangi terpapar cahaya biru yang bisa membuat mata tetap terjaga. 

Jika kamu berjam-jam melihat layar akan menyebabkan ketegangan mata. Elektronik seperti komputer berlama-lama bisa menjadikan mata kering.Blue Light pada perangkat elektronik sebenarnya sedikit resiko mata tetapi dengan memakai perangkat elektronik dalam jangka waktu yang cukup lama akan mengganggu siklus tidur kamu.

Cara Mengetahui Kacamata Anti Radiasi

Sebelum kamu membeli kacamata anti radiasi baiknya kamu membaca ulasan berikut ini, cara mengetahui kacamata anti radiasi dengan benar dan untuk menghindari kamu membeli kacamata anti radiasi palsu.

1. Memilih lensa kacamata

Untuk mengetahui kacamata anti radiasi asli, kamu harus melihat bagian lensa kacamata anti radiasi. Kacamata asli disusun dari 2 logam yang bisa menahan sinar dari 2 sisi lensanya. Kacamata radiasi asli menahan sinar biru 60-100% tetapi nanti tergantung pada bahan logam pelapis. Kalau kamu secara online lebih baik tanyakan dulu ke penjual berapa besar kemampuan lensa saat menahan sinar biru.

2. Lapisan kacamata

Tips mengetahui kata anti radiasi selanjutnya kamu perlu memperhatikan lapisan kacamata. Biasanya, kacamata radiasi tersusun berapa lapisan yaitu lapisan anti silau, anti keras dan logam anti air. Dari ketiga lapisan bisa untuk menjadikan patokan saat membedakan kacamata yang bukan anti radiasi.

3. Warna lensa kacamata

Untuk memilih warna lensa mungkin yang kesulitan saat membedakannya. Pada kacamata radiasi photogrey bisa langsung mengetahui keasliannya. Kacamata jenis ini mempunyai lebih bening dan ubah menjadi gelap saat kamu pakai di luar ruangan.

4. Senyawa

Ada beberapa senyawa yang terdapat pada kacamata anti radiasi asli. Yaitu senyawa logam listik, yang akan membuat lensa menjadi anti radiasi. Ada kacamata tidak terdapat kandungan tersebut maka bisa dipastikan itu bukan kacamata anti radiasi atau palsu.

5. Lensa dibuat Khusus dan Tepat

Kamu juga harus memperhatikan jika kacamata yang kamu pilih mempunyai lensa dengan kualitas baik. Cara mengetahuinya, pakai kacamata dan tutup satu mata. Fokuskan saat melihat pada pola persegi atau garis lurus dengan satu mata. Pelan pelan geser posisi kacamata kamu dari sisi ke sisi lain. Jika garis/pola persegi yang kamu lihat bergoyang berarti lensa kacamata tersebut kurang baik.

6. Tes dengan sinar laser

Cara mengetahui kacamata anti radiasi yang terakhir, harus mencoba untuk tes dengan sinar laser jika disorotkan ke kacamata biasa sinar laser akan tembus. Tetapi jika sinar laser disorotkan pada kacamata anti radiasi maka sinar tak akan tembus. Kamu ingin mengetahui kacamata radiasi dengan cepat dan mudah, kamu pakai saja langsung nanti pada saat memakai kacamata anti radiasi yang asli maka kamu bisa melihat lampu yang menyala tanpa adanya Sinar di samping lampu. Berbeda dengan kacamata yang bukan anti radiasi atau palsu sinar lampu akan tetap menyilaukan mata.

Manfaat dan Fungsi Kacamata Anti Radiasi?

Lalu apa manfaat dan dari kacamata anti radiasi? Radiasi akan dapat mengurangi resiko kerusakan mata yang bisa diakibatkan dari gangguan penglihatan. Jika kita menatap smartphone mata jarang berkedip lalu pelumas dari air mata kita tak bisa bekerja maksimal menjadi kering dan benda udah masuk ke mata. Cara ini dapat diminimalisir memakai kacamata anti radiasi. Berikut ini beberapa manfaat dan fungsi dari kacamata anti radiasi.
  • Efektif Menghalau Radiasi
  • Mencegah Mata Menjadi Lelah
  • Mencegah Mata Kering
  • Bisa Digunakan untuk Jangka Lama
  • Menyegarkan Penglihatan
Nah, itu dia Tip Cara Mengetahui Kacamata Anti Radiasi Juga manfaat dan fungsi untuk kesehatan mata kamu. Jika kamu beraktivitas di depan layar komputer, pastikan menggunakan kacamata anti radiasi ini. Semoga bermanfaat

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>