Panduan dan Langkah Langkah Mematikan Komputer dengan benar

Panduan dan Langkah Langkah Mematikan Komputer dengan benar
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Mematikan komputer merupakan hal yang terlihat sederhana. Namun, tahukah Kamu, bahwa masih banyak loh yang kerap mematikan komputer tidak sesuai dengan prosedur, alias kurang benar. Maka, sebagai pengguna komputer, sudah seharusnya Kamu mengetahui langkah-langkah mematikan komputer dengan benar. Hal ini agar komputer bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Hal yang Meski Kamu Persiapkan Sebelum Mematikan Komputer

Sebelum mempraktekkan langkah-langkah mematikan komputer dengan benar, ada beberapa hal yang meski Kamu lakukan.Yakni dengan menutup seluruh jendela aplikasi yang sudah selesai Kamu gunakan. Misal, ketika sudah selesai menggunakan chrome, maka langsung tutup saja jendelanya. Begitupun ketika sudah selesai menggunakan word. Tapi jangan lupa untuk menyimpan hasil kerjanya terlebih dahulu. Kemudian yang kedua, cobalah untuk mengklik segarkan atau refresh usai menutup semua jendela.

Langkah-langkah mematikan komputer


Apabila sudah melakukan persiapan di atas, barulah Kamu mulai mempraktekkan langkah-langkah mematikan komputer berikut. Nah menariknya, ada berbagai cara mematikan komputer yang bisa Kamu lakukan. Tapi untuk kali ini, kita hanya akan membahas beberapa saja ya.

Langkah langkah mematikan komputer melalui keyboard

Langkah yang pertama adalah dengan keyboard. Jadi, keyboard yang selama ini dikira hanya untuk sekedar mengetik ternyata juga sangat bisa Kamu gunakan untuk mematikan komputer loh. Cara memanfaatkannya juga sangat mudah. Cara satu ini sangat cocok digunakan ketika mouse Kamu sedang mengalami masalah, atau memang belum membeli mouse. Jika ingin mengikuti langkah-langkah mematikan komputer melalui keyboard ini, ada beberapa opsi yang bisa Kamu pilih. Adapun keunggulannya adalah lebih praktis dan nggak ribet sama sekali.

1. Kombinasi ALT+F4: Caranya adalah, tekan keyboard ALT dengan FR secara bersama-sama.  Lalu pilih shutdown dengan memanfaatkan keyboard ikon tanda panah, terakhir enter. Selesai. Sekarang laptop Kamu sudah mati otomatis.
2. Kombinasi CTRL+ALT+DEL: Tekan CTRL, ALT, dan Del pada keyboard secara bersamaan, lalu manfaatkan keyboard untuk memilih opsi shutdown, enter.
3. Ein+X: Yang terakhir adalah kombinasi antara win+x. Cukup tekan keyboard WIN dengan X bersamaan. Kemudian pada layar, akan terdapat beberapa pilihan. Dan manfaatkan tanda panah untuk memilih shut down, dan enter.

Langkah langkah mematikan komputer melalui cmd

Cara mematikan komputer yang kedua adalah dengan CMD. Pernah mendengar CMD? Nah, CMD ini adalah command prompt, yakni program dari windows yang memungkinkan Kamu untuk memberikan perintah kepada komputer.  dengan menggunakan yang namanya syntax. Hanya saja, syntaxnya sudah tersedia di CMD, sehingga nggak bisa sembarangan. 

Dan salah satu yang bisa Kamu lakukan dengan memanfaatkan cmd ini adalah mematikan komputer. Untuk menggunakan syntax juga sederhana. Karena cukup memasukkan perintahnya atau syntax ke cmd, kemudian cmdnya akan meneruskan ke sistem komputer Kamu , dan sistem di komputer yang akan memproses perintah tadi. Terdapat beberapa cara mematikan komputer melalui cmd yang bisa Kamu coba.

1. Mematikan dengan sangat cepat: Pertama, ketik shutdown-s di cmd Kamu . Di mana, perintah –s inilah yang akan mematikan komputer. Kemudian enter, maka tidak sampai 1 menit, computer Kamu sudah mati. Klik close.
2. Mematikan dengan membutuhkan waktu: Ketik tulisan shutdown-s –t 60 di cmd. –t berguna untuk mengatur waktu. Kamu bisa mengganti angkanya dengan berapapun. Untuk angka 60 di sini berarti akan mematikan komputer dalam waktu 1 menit. Karena 60 di sini menunjukkan detik. Lalu enter. Maka muncul kotak dialog. Tunggu sampai satu menit. Klik close.
3. Menggunakan pesan: Selain kedua cara di atas, langkah-langkah mematikan komputer dengan benar berikutnya bisa Kamu lakukan dengan mengetik shutdown –s –t 60 –c". Perintah –c ini berguna untuk memberikan pesan sebelum akhirnya computer Kamu benar-benar mati. Ketika meletakkan pesan, jangan lupa untuk memberikan tanda kutip ya. Lalu enter. Maka akan muncul kotak dialog, lalu tutup.

Ketika mematikan komputer, ada catatan yang meski Kamu ingat. Yakni jangan mematikan komputer dengan cara menekan tombol power pada CPU terlalu lama. Jika sudah menggunakan komputer dan mematikannya, maka pastikan kabel listriknya juga sudah tercabut sempurna, dan terakhir, ketika selesai mematikan komputer, jangan terburu-buru untuk mencabut kabel-kabelnya, karena bisa merusak hardisk.

Langkah-langkah untuk mematikan komputer pada windows 10

Langkah-langkah mematikan komputer dengan benar berikutnya adalah bagi Kamu yang menggunakan windows 10. Caranya juga tergolong sangat mudah. Kamu bisa memanfaatkan keyboard ALT+F4. Tekan kedua tombol bersamaan, maka akan muncul sebuah kotak dialog. Di dalamnya terdapat tulisan 'What do you want the computer to do?' Kemudian pilih yang shut down, dan enter.

Langkah-langkah menyalakan komputer dengan benar

Setelah mengetahui langkah-langkah mematikan komputer dengan benar, tentu kurang afdhal jika Kamu tidak mengetahui langkah-langkah menyalakan komputer dengan benar ya. Adapun langkah-langkah menyalakan komputer dengan benar yang bisa Kamu lakukan adalah seperti dibawah ini:
  1. Lakukan pengecekan terhadap kabel-kabelnya. Pastikan bahwa semua kabel telah terpasang dengan baik dan benar.
  2. Kemudian, hidupkan stabilizer voltage ataupun UPS apabila memang ada.
  3. Hidupkan layar monitor. Caranya adalah dengan menekan tombol power pada monitor tersebut.
  4. Lanjutkan dengan menyalakan CPU. Caranya adalah dengan menekan tombol power yang ada di CPU komputer Kamu.
  5. Tunggu hingga proses bootingnya benar-benar selesai. Sampai akhirnya tampilan layar desktopnya sudah muncul.
  6. Done. Sekarang computer Kamu sudah bisa digunakan.
Bagaimana, gampang kan? Demikianlah artikel tentang Panduan dan Langkah Mematikan Komputer dengan benar. Kamu bisa menyesuaikan keinginan seperti beberapa cara diatas. Jika ada pertanyaan kamu bisa komentar dibawah. Selamat mencoba.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>