Cara Daftar GCP (Google Cloud Platform) Tanpa Kartu Kredit, Emang Bisa?

Cara Daftar GCP (Google Cloud Platform) Tanpa Kartu Kredit, Emang Bisa?
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Pernah kehilangan data di komputermu? Lalu mendapatkan pesan seperti ini. Makanya backup datanya di G-mail atau di Drive! Kalau komputermu rusak, data-datamu masih aman.

Saya sendiri pun sekarang mulai melakukan hal tersebut. Apalagi saya sering bekerja di 2 perangkat. Pakai HP dan juga laptop. Daripada pusing pindah-pindahin file menggunakan kabel data. Saya sih mending unggah dan unduh file dari drive saja. Lebih cepat, lebih simpel. Iya kan?

Nah kemudahan ini tercipta karena adanya layanan Google Cloud. Layanan Google Cloud ini ada 2. G-Suite dan Google Cloud Platform. Namun pada artikel kali ini, saya akan fokus membahas tentang Google Cloud Platform saja.

Apa Itu Google Cloud Platform?

Apa sih Google Cloud Platform atau GCP itu? GCP merupakan layanan Cloud Computing dari Google untuk khalayak umum. Termasuk kamu juga yang mungkin jarang berurusan dengan teknologi informasi, teknologi komputer, dan internet. Lalu Cloud Computing itu sendiri apa? Supaya kamu tidak bingung, saya akan menjelaskannya secara sederhana.

Dalam bidang IT, cloud artinya adalah internet. Sedangkan Computing artinya komputer atau komputerisasi. Jadi Cloud Computing adalah pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Melalui cloud computing ini kamu bisa menyimpan dan mengolah berbagai data dari banyak perangkat. Sehingga pekerjaanmu bisa lebih efektif dan efisien.Contoh, kalau kamu hanya menyimpan data-datamu di laptop. Artinya kamu hanya memanfaatkan teknologi komputer. Hal ini bisa menjadi masalah jika laptopmu tiba-tiba erros atau crash.

Nah kalau kamu menggunakan cloud, misal Gmail atau Drive. Kamu tak perlu takut ketika laptopmu rusak. Kamu tetap bisa mengakses semua datamu dari perangkat lain selama ada jaringan internet. 
Anggap saja cloud computing itu adalah komputermu yang ada di atas awan. Kamu bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Syaratnya ya tadi, jaringan internet harus stabil. 

Produk Google Cloud Platform

Sebelumnya saya menyebutkan Gmail dan Drive. Sebenarnya Gmail dan Drive ini bukan produk dari Google Cloud Platform. Tapi merupakan produk dari G-Suite. Lalu kenapa saya menyebutkannya? Supaya kamu paham cara kerja dari cloud computing. Soalnya G-Mail dan Drive adalah produk cloud dari google banyak orang gunakan. Termasuk kamu pastinya.

Sementara Google Cloud Platform memiliki produk yang lebih banyak dibandingkan dengan G-Suite. Penggunaanya juga lebih luas, mulai dari personal sampai perusahaan-perusahaan besar. Tapi secara umum, cara kerja keduanya sama persis. Produk dari Google Cloud Platform itu banyak banget. Bisa dikelompokkan dalam 4 bagian. Apa saja?
  1. Computing. Memuat berbagai produk yang mendukung dalam pembuatan berbagai jenis aplikasi. 
  2. Storage. Ada banyak produk yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai jenis file dalam ukuran besar.
  3. Analisis Data. Berbagai produk terkait analisis data sangat membantu perusahaan-perusahaan besar dalam mengolah dan mengalisis berbagai data perusahaan secara mudah. 
  4. Machine Learning. Produk-produk tentang machine learning ini biasanya berkenaan dengan pengembangan Artificial Intelligence seperti pembuatan mesin penerjemah dan sebagainya.
Lebih lengkapnya, sebaiknya segera buat akun di Google Cloud Platform. Eh, emangnya gratis?  Ya berbayarlah. Tapi ada free trialnya kok, jadi kamu bisa memanfaatkannya segera.

Biaya Langganan GCP

Namanya layanan yang punya manfaat besar. Produknya pun beragam. Jadi ya wajar sih kalau GCP jadi layanan berbayar alias tidak gratis. Tapi tenang saja. GCP memberlakukan aturan pay per use. So, kamu hanya perlu membayar sesuai kapasistas yang telah kamu gunakan. Seorang youtuber pemilik chanel UpKoding bahkan mengaku. Biaya yang ia keluarkan untuk membayar layanan GCP hanya Rp. 100,- per bulan. Yap, kamu tidak salah baca. Hanya Seratur Rupiah Saja.

Alasannya ya karena sang youtuber penggunaannya sedikit. Cuma maksudnya, kamu tak perlu khawatir biaya akan membengkak. Apalagi saat penggunaannya hanya personal saja.

Cara Membuat Akun Google Cloud Platform

Jika GCP adalah layanan berbayar, terus bagaimana cara membayarnya? Sejauh ini, pihak google hanya menyediakan 2 metode pembayaran. Menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Kedua kartu tersebut harus yang jenisnya Visa atau Mastercard.  So, terjawab ya. Bila tidak ada kartu kredit saat hendak membayar biaya langganan GCP. Silahkan gunakan kartu debitmu saja.

GCP sebenarnya menyediakan akun free trial. Ada free credit  $3000 yang bisa kamu gunakan untuk membeli berbagai produk GCP. Free credit ini hanya berlaku dalam waktu 90 hari. ($3000 setara dengan + 4,5 juta). Untuk membuat akun Google Cloud Platform. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut!
  • Klik link pembuatan akun berikut, https://console.cloud.google.com/freetrial/signup.
  • Isi form yang tersedia dengan informasi yang valid. Lalu klik continue. 
  • Terakhir, kamu harus mengonfirmasi nomor kontakmu. Apabila nomor sudah benar. Tekan tombol continue lagi. Ikuti proses selanjutnya. 
Namun perlu kamu ketahui. Meski kamu sedang membuat akun free trial. Kamu harus tetap melampirkan nomor kartu kredit atau kartu debitmu. Tenang, saat masa trial-mu habis. Tidak akan ada perpanjangan otomatis kok. Uangmu aman.

Menurut saya, kamu mesti memanfaatkan free trial  ini. Free credit yang $3000 bisa kamu gunakan untuk berbelanja berbagai produk GCP. Sekalian belajar dan praktik. Siapa tahu kamu nantinya jadi bisa membuat aplikasi yang bermanfaat. 

Jenius Google Cloud Platform

Buat kamu yang serius untuk memanfaatkan layanan GCP. Kamu bisa loh menggunakan kartu kredit dari Jenius. Kenapa harus Jenius? Sesuai pengalaman nih ya. Pembuatan rekening dan kartu Jenius itu mudah banget. Kamu bisa melakukannya secara online via aplikasi Jenius. Kamu juga tak perlu pergi ke bank yang menaungi Jenius, yaitu BTPN. Kartu dan segala perlengkapan persyaratan administrasi akan diantarkan oleh petugas ke alamat rumahmu. Terus biaya kredit di Jenius itu amat sangat murah. 
Namun untuk pengajuan e-credit sepertinya sudah tak semudah dulu. Ada syarat yang sedikit lebih ketat dibandingkan dulu.

Cara Membatalkan Pendaftaran GCP

Kamu tak perlu melakukan langkah pembatalan akun bila akunmu adalah akun free trial. Sebab, pihak GCP sendiri yang menjelaskan. Tak ada penarikan tagihan secara otimatis ketika masa trial sudah habis. Karena, melakukan proteksi itu adalah pilihan bijak. Agar kamu tak was-was uangmu akan tersedot. Bagaimana cara membatalkan pendaftaran GCP? Cukup mudah, kamu tinggal menghubungi pihak Customer Support dari GCP. Ikut langkah-langkah berikut!
  1. Silahkan kunjungi Customer Support  GCP melalui link berikut: https://console.cloud.google.com/
  2. Temukan tombol biru bertuliskan “Get GCP Billing Support” dan klik tombol tersebut. 
  3. Selanjutnya, pilih menu “Contact Billing Support
  4. Walau pun kartu kredit status sudah non aktif. Tak apa, pilih akun kartu kredit dan selanjutnya klik continue. 
  5. Kamu akan masuk pada menu chat. Kemudian sampaikan kalau kamu hendak membatalkan pesanan akun GCP kepada customer support. 
Sejauh ini, cara membatalkan akun GCP memang sedikit ribet. Karena itu, kamu sebenarnya tak perlu melakukan pembatalan jika kamu hanya mencoba free akun trial. 

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang Cara Daftar GCP Google Cloud Platform tak hanya sekedar layanan cloud computing biasa. Lebih dari itu semua, GCP bisa membantu personal maupun tim dalam menyimpan dan mengolah berbagai data. Tersedia juga akun free trial  yang akan memberimu kredit sebesar 3000$. So, tunggu apalagi. Segera buat akun premium GCP, gratis selama 90 hari.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>