Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Sampai ke Akarnya (Revo Uninstaller)

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Sampai ke Akarnya (Revo Uninstaller)
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Beberapa alasan saat pengguna Laptop memilih untuk uninstall aplikasi di laptop. Contohnya saja saat kamu tak memakai lagi aplikasi itu, aplikasi error ada kerusakan, atau justru mau mengosongkan ruang penyimpanan pada laptop. Sehingga kamu harus Uninstall Aplikasi di Laptop sampai bersih. Sebenarnya cara uninstall aplikasi di laptop cukup mudah dilakukan. Bahkan bisa dibilang caranya hampir sama seperti uninstall aplikasi di Smartphone. Cuma kamu harus mengetahui panduan uninstall aplikasi di laptop dengan benar dan tepat. Di mana kamu harus menggunakan aplikasi tambahan untuk membersihkannya sampai ke akar.

Uninstall aplikasi di laptop ini agar tidak tertinggal berkas atau file lain kamu harus menghapus aplikasi tersebut secara permanen. Dimana kamu tak akan dapat menemukan aplikasinya lagi di laptop. Jadi untuk memakainya lagi, kamu perlu menginstal ulang aplikasi tersebut. Nah inilah tutorial yang benar untuk Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Sampai ke Akarnya.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop dengan Benar

Dengan memanfaatkan aplikasi tambahan pada komputer atau laptop kamu bisa menghapus aplikasinya sampai bersih. Banyak sekali aplikasi pemeliharaan komputer yang dapat kamu download dan install secara gratis. Salah satu aplikasi untuk menghapus aplikasi sampai bersih yang lumayan populer di antara para pemakai komputer/laptop adalah Revo Uninstaller. Berikut ini adalah langkah untuk Uninstall Aplikasi di Laptop Sampai ke Akarnya:

1. Download dan Install Aplikasi Revo Uninstaller

Jika diperangkat kamu belum menginstall aplikasi Revo Uninstaller, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan yakni mendownload aplikasi pada link dibawah. Kemudian lakukan instalasi di perangkat yang kamu gunakan seperti biasa.

Download

Tenang saja software pada link yang sudah disediakan diatas sudah kami pastikan aman dari virus. Karena kami mengambil sumber dari website terpercaya.

2. Uninstall Aplikasi dengan Revo Uninstaller

Setelah kamu install softwarenya, buka aplikasi nantinya akan tampil berbagai program dan aplikasi yang telah terpasang di Laptop. Kamu bisa pilih aplikasi yang akan diuninstall. Kamu bisa mengurutkan aplikasi tersebut sesuai dengan nama. jika ada software dengan ukuran besar dan jarang kamu pakai, lebih baik uninstall saja.

3. Uninstall Aplikasi

Uninstall aplikasi dengan Revo Uninstaller hampir sama seperti yang lain. Caranya arahkan kursor di aplikasi yang mau kamu diuninstall, Lalu klik kanan dan pilih opsi Uninstall. Kemudian imuncul sebuah pop up untuk konfirmasi. Kamu dapat menekan tombol Yes untuk langkah selanjutnya kamu ikut saja perintah yang diberikan.

4. Melakukan Scanning

Biasanya jika kamu uninstall lewat Control Panel langkah yang ketiga tadi adlah langkah terakhir. Tetapi jika memakai software Revo Uninstaller ada satu langkah lagi yang akan membersihkan cache file dan sisa dari aplikasi yang telah dihapus. Langkah ini dinamakan scanning fungsinya dapat membersihkan secara mendalam. Ada tiga pilihan mode yang dapat kamu pakai seperti Safe, Moderate dan Advanced. Untuk penjelasannya lebih detail bisa kamu simak seperti di bawah ini.
  • Safe mode: ini dapat kamu pilih jika ada file penting yang masih kamu pakai.
  • Advanced Mode : Kamu bisa memilih mode ini jika ingin menghapus seluruh file
  • Moderate mode : Pilihan mode ini disarankan untuk kamu.
Pilih mode diatas, Kemudian tekan tombol Scan yang ada pada bagian bawah kanan. Nanti akan tampil beberapa file register yang tersisa, Kamu dapat memilih opsi Select All dan klik tombol Delete.

Kelebihan Software Revo Uninstaller

Sebagai Software uninstaller terbaik Revo telah dilengkapi banyak fitur keren yang bermanfaat seperti Autorun Manager, Eviden Remover, Windows Tools, Unrecoverable Delete, Microsoft Office Cleaner, Windows Cleaner, Junk Files Cleaner, Browsers Cleaner. Berbeda dengan Uninstall melalui control panel berikut ini kelebihan dari aplikasi.
  1. Mudah untuk dijalankan untuk pemula
  2. Bisamendeteksi jika ada kerusakan instalasi
  3. Mempunyai fitur Hunter Mode
  4. Ada fitur ekstra yaitu Autorun Manager
  5. Fitur Junk file cleaner dapat dipakai untuk membersihkan sisa file yang sudah tak dipakai.
  6. Membuat restore point.
  7. Bisa menganalisa sebelum uninstall dan masih banyak lagi.

Masalah Jika Hard Disk Laptop Penuh

Betapa pentingnya untuk membersihkan sisa file dengan mencopot pemasangan aplikasi yang sudah jarang dipakai, kamu akan bisa meningkatkan performa laptop. Selain itu kamu juga dapat membuang file sampah yang sudah terlalu menumpuk. Dengan begitu ruang penyimpanan pada laptop dapat kembali lega. Karena Ketika hard disk laptop sudah penuh, Bisa saja akan muncul beberapa masalah pada laptop. Contohnya seperti pesan erorr menyampaikan informasi "Low Disk Space" akan muncul. Dan dibawah ini adalah masalah yang mungkin bisa terjadi.

1. System Crash

Di samping laptop bisa berjalan lambat, sistem juga dapat sering crash freeze atau macet ketika tak terdapat ruangan yang tersisa pada hard disk. Laptop membutuhkan beberapa ruang kosong di hard disk untuk memori virtualnya yang dipakai untuk menyimpan data waktu RAM hilang. Maka dari itu, sistem dapat crash.

2. Tidak Bisa Update Aplikasi

Pembaruan sistem sangat penting untuk dilakukan sebagai kinerja komputer yang lebih, Terutama menyangkut security komputer. Tetapi, sistem bisa saja memperbarui dirinya karena hard disk sudah penuh. 

3. Kerusakan Data

Kamu mungkin bisa saja mengalami kerusakan data atau muncul "data corruption" waktu hard disk sudah penuh. Contoh, ketika sedang membuka file lalu sistem langsung crash karena ruang kosong tak cukup, jadi ada kemungkinan file disimpan dalam bentuk yang rusak. Kamu pasti tak ingin hal ini terjadi Untuk itu, kamu harus memastikan jika hard disk Laptop terdapat ruang kosong yang cukup supaya sistem dapat bernafas lega.

Akhir Kata

Demikianlah Artikel tentang Cara Uninstall Aplikasi di Laptop yang bisa membersihkan sampai ke Akarnya dengan menggunakan aplikasi Revo Uninstaller. Menggunakan aplikasi ini juga banyak sekali kelebihan dan manfaatnya. Kamu juga akan tahu tentang bahaya Jika Hard Disk Laptop Penuh dengan penjelasan lengkap yang sudah kami paparkan diatas. Terima kasih!

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>