Cara Download Sertifikat Vaksin Secara Online

Cara Download Sertifikat Vaksin Secara Online
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia dapat dikatakan sudah mulai mereda. Namun, masyarakat diminta untuk tidak lengah. Semua ikhtiar harus tetap dilakukan, seperti vaksinasi, memakai masker, hingga menjaga jarak. Untuk itu pemerintah mensyaratkan download sertifikat vaksin sebagai syarat berbagai kegiatan. 

Dengan demikian, percepatan pelaksanaan vaksin yang disebut sebagai cara membentuk herd immunity dapat dilakukan. Banyak orang yang khawatir, tidak mau, atau takut dengan vaksin tertarik mendatangi pusat-pusat vaksin. Minimal, untuk mencari tahu kelayakan diri untuk divaksinasi Covid-19.

Alasan Harus Dowload Sertifikat Vaksin Secara Online

Dengan berpartisipasi dalam program vaksin Covid-19, Kamu sudah melakukan minimal dua perlindungan. Pertama, Kamu sudah melindungi diri sendiri dari Covid-19. Berdasarkan banyak data, orang yang sudah divaksin meskipun tetap bisa terdeteksi Covid-19, tidak akan mengalami kondisi parah. Mereka hanya merasakan berbagai gejala ringan dan tidak perlu datang ke pusat perawatan kesehatan.

Kedua, Kamu sudah melindungi orang-orang di sekitar yang tidak bisa divaksinasi dengan berbagai alasan. Mereka misalnya, mempunyai penyakit kormobid yang tidak memungkinkan disuntik vaksin. Begitu pula dengan anak-anak, karena sampai saat ini belum ada jenis imunisasi Covid-19 yang direkomendasikan benar-benar bisa diberikan kepada anak di bawah usia 12 tahun.

Jika sudah divaksin, sebaiknya Kamu download sertifikat vaksin Covid-19, dengan alasan sebagai berikut.
  • Sertifikat vaksin kini harus dimiliki sebagai syarat perjalanan dan mengurus administrasi. Jika Kamu sudah divaksin, pertama dan atau kedua sudah memenuhi syarat yang dimaksud yang penting menunjukkan bukti.Sertifikat antara lain digunakan untuk melakukan perjalanan dalam kota dan luar kota; perjalanan luar negeri; memasuki pusat perbelanjaan (mall); bepergian jarak jauh dengan transportasi umum; dan menyelenggarakan berbagai acara yang mengundang orang banyak seperti pernikahan.
  • Bukti Kamu sudah divaksin, jika Kamu tidak ingin mengunduh aplikasi PeduliLindungi secara permanen. Di dalam sertifikan aka nada barcode yang fungsinya sama dengan aplikasi.
  • Sebagai cadangan dokumen yang dapat digunakan secara manual, karena mungkin aplikasi PeduliLindungi tidak dapat digunakan. Aplikasi tidak berfungsi akibat gangguan sinyak, kuota habis, dan seterusnya.

Cara Download Sertifikat Vaksin

Pada awalnya, saat program vaksin baru diluncurkan, ada banyak pihak yang menawarkan membuat sertifikat vaksin. Namun, ketika dirasakan terlalu mudah dan memungkinkan adanya pemalsuan, pemerintah akhirnya membuat situs dan aplikasi khusus yang terintegrasi dengan berbagai pelayanan umum. Namanya aplikasi PeduliLindungi. Kini download seritifikat vaksin secara online dapat dilakukan menggunakan 3 cara, yaitu SMS, melalui situs PeduliLindungi, dan aplikasi PeduliLindungi. 

Cara Download Sertifikat Vaksin Secara Online

Pada awalnya, saat program vaksin baru diluncurkan, ada banyak pihak yang menawarkan membuat sertifikat vaksin. Namun, ketika dirasakan terlalu mudah dan memungkinkan adanya pemalsuan, pemerintah akhirnya membuat situs dan aplikasi khusus yang terintegrasi dengan berbagai pelayanan umum. Namanya aplikasi PeduliLindungi. Kini download seritifikat vaksin secara online dapat dilakukan menggunakan 3 cara, yaitu SMS, melalui situs PeduliLindungi, dan aplikasi PeduliLindungi. 

SMS ini akan masuk beberapa jam setelah vaksin hingga beberapa hari, tergantung pencatatan data. Jika peserta banyak, maka membutuhkan waktu untuk menerima pemberitahuan. Setelah melakukan vaksin, di SMS yang dikirim akan ditemui link untuk download sertifikat vaksin tanpa nomor hp, bahkan tanpa memasukkan NIK atau Nomor Induk Kependudukan.

Bagi Kamu yang mengalami kesulitan untuk download sertifikat, Kamu dapat membawa SMS yang berisi link download ke tempat pencetakan atau print. Umumnya mereka memberikan harga mulai dari Rp20.000,00.

Download Sertifikat Vaksin Melalui Situs Aplikasi PeduliLindungi

Meski yang banyak dibicarakan adalah aplikasi PeduliLindungi, tetapi sebenarnya Kamu tidak harus unduh aplikasi untuk bisa download sertifikat vaksin. PeduliLindungi mempunyai situs atau website yang mempunyai fungsi sama dengan aplikasi. Cara download sertifikat vaksin tanpa nomor hp. Kamu hanya perlu menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada KTP. Langkah pembuatan sertifikan vaksin online yang dimaksud sebagai berikut.
  1. Masuk atau kunjungi website PeduliLindungi dengan alamat www.pedulilindungi.id
  2. Jika Kamu membuka website dari komputer, maka akan langsung ditemukan tulisan login atau register, Jika dari smartphone maka Kamu harus mengklik tanda garis tiga yang berada juga di pojok kanan atas dan klik register.
  3. Registrasi dilakukan dengan mengisi data seperti nama lengkap, alamat email, NIK, dan nomor telepon yang aktif untuk verifikasi.
  4. Setelah Kamu berhasil registrasi, yang ditandai dengan SMS ke nomor hp yang didaftarkan, masuk kembali atau login dengan nomor kontak yang sama.
  5. Pada SMS yang masuk ada kode OTP yang harus masukkan untuk login, tuliskan nomor tersebut di tempat yang tersedia.
  6. Akun Kamu sudah selesai dibuat, klik nama akun yang tertera paling atas atau klik tulisan ‘di sini’ pada cek sertifikat.
  7. Apakah Kamu sudah vaksin lengkap? Jika iya, Kamu hanya perlu memilih vaksin 2 dan download sertifikat vaksin kedua. Begitu pula cara untuk unduh sertifikat pertama.
Bagi Kamu yang mengalami kesulitan unduh, bisa datang ke tempat cetak terdekat untuk print out. Yang pasti, seluruh cara download sertifikat vaksin dengan NIK untuk` mendapatkannya.

Cara Download Sertifikat Vaksin Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Di atas sudah disebutkan dua cara download sertifikat vaksin Covid. Yang paling umum dan terkini adalah download sertifikat vaksin PeduliLindungi alias melalui aplikasi. Buat Kamu yang ingin mencoba, ini caranya.
  • Unduh aplikasi PeduliLindungi dari Play Store atau App Store di smart phone.
  • Buka aplikasi dengan mengizinkannya untuk akses lokasi, penyimpanan, dan kamera.
  • Buat akun, dengan memasukkan biodata, mengisi nama lengkap, nomor hp, dan NIK.
  • Akun akan diverifikasi melalui SMS seperti halnya di website.
  • Jika sudah ada verifikasi, login kembali akun dengan memasukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS.
  • Setelah login, klik akun Kamu atau gambar sketsa foto orang di pojok kanan atas.
  • Untuk melihat saja, Kamu dapat memilih menu sertifikat. Di sana akan terdapat dua sertifikat, jika sudah vaksin kesatu dan dua. Pilih yang kedua jika Kamu mau mengunduhnya. 
  • Namun, jika memang baru satu kali, pilih download sertifikat vaksin 1.
Sebelum download aplikasi, Kamu akan diberikan pilihan untuk menyimpannya dalam bentuk pdf atau foto alias jpeg. Umumnya, file yang disimpan dalam bentuk pdf hasil cetaknya akan lebih bagus, karena beresolusi tinggi. Kamu dapat download sertifikat vaksin pdf.

Selain itu, aplikasi dapat digunakan oleh lebih dari satu orang. Caranya, pengguna pertama tinggal logout dari akun. Pengguna lainnya dapat masuk dengan memasukkan data pribadi lainnya.
Cara di atas memungkinkan siapa saja dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi tanpa harus download. Hanya saja jika di tempat umum, Kamu harus sabar bergantian dan antre kembali dari belakang. Keluar masuk akun berbeda dalam satu aplikasi membutuhkan waktu. Jangan lupa untuk memastikan, kuota Kamu cukup, ya! 

Mudah bukan cara download sertifikat vaksin online? Pertanyaannya, Kamu sudah vaksin Belum?

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>