Cara Mudah Melipatgandakan Dan Membagi Pecahan dengan Contoh

Cara Mudah Melipatgandakan Dan Membagi Pecahan dengan Contoh
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Semua yang Kamu butuhkan untuk pergi untuk pendekatan yang tepat jika preferensi Kamu adalah untuk menyelesaikan masalah matematika dalam waktu yang lebih singkat.
Tidak salah mengatakan bahwa gandakan pecahan adalah masalah penting dan paling umum yang bisa kita lihat dalam matematika. Dan sama seperti kita perlu membagi pecahan menjadi banyak masalah matematika dan itu sangat sederhana selama Kamu berkontribusi langkah-langkah yang tepat.

Kita dapat mengatakan bahwa membuat masalah mudah dan menjadikannya yang paling sulit ada di tangan kita dan itu tergantung pada bagaimana kita akan menyelesaikannya. Ada beberapa cara termudah untuk melipatgandakan dan membagi pecahan dan kita akan mendaftarkannya tetapi pada awalnya, kita perlu memahami apa itu pecahan dan faktor-faktor mana yang termasuk dalam pecahan.

Apa itu pecahan?

Konsep paling sederhana dan termudah adalah, angka selain dari jumlah keseluruhan disebut sebagian kecil. Misalnya, 2/3 dan sama seperti ada banyak contoh dan pecahan yang penting dalam menyelesaikan lebih banyak masalah.


Angka-angka termasuk titik di dalamnya juga dianggap sebagai pecahan karena mereka tidak dianggap sebagai bilangan bulat. Ada dua bagian utama dari pecahan; Seseorang disebut sebagai pembilang dan yang kedua dianggap sebagai penyebut. Tanpa memiliki dua bagian ini, kita tidak dapat berjumlah angka sebagai pecahan atau kita dapat mengatakan bahwa selalu ada dua digit yang diperlukan untuk membuat sebagian kecil.

Numerator vs. Penyebut

Seperti yang kami sebutkan di atas bahwa ada dua bagian dari sebagian kecil di mana pembuluh darah dan penyebut dimasukkan.Sebuah angka adalah sosok teratas pecahan sedangkan penyebut adalah angka di bawah pecahan. Kedua tokoh ini diperlukan untuk dianggap sebagai pecahan dan ketika datang untuk menyelesaikan ekspresi-ekspresi ini, kita perlu menjaga keduanya secara fokus.

Misalnya, di sini kita memiliki pecahan 1/2 dan, dalam pecahan ini, 1 dianggap sebagai pembilang dan 2 disebut sebagai denominasi.Sekarang, itu bisa dihilangkan konsep pembuluh darah dan penyebut dengan contoh ini. Jadi, mari kita menuju cara bagaimana Kamu dapat melipatgandakan atau membagi pecahan dan kami telah memilih cara ini sebagai yang termudah.

3 cara untuk melipatgandakan dan membagi pecahan

Mungkin ada banyak cara untuk memecahkan sebagian kecil tetapi ketika datang untuk menyelesaikan masalah ini dengan semua kemudahan dan akurasi, kami telah menemukan 3 metode teratas.
Jika Kamu tidak begitu baik dalam matematika maka Kamu pasti dapat menggunakan tiga metode ini dan membagi atau melipatgandakan pecahan sendiri. Metode yang ditentukan dibawah ini.

1. Menggunakan Kalkulator Pecahan Online

Internet banyak digunakan oleh orang-orang baik mereka terkait dengan sektor pendidikan atau terkait dengan beberapa sektor profesional. Dan internet penuh dengan informasi yang berguna dan alat yang efektif dan itu adalah sesuatu yang hebat ketika Kamu tidak mau menghabiskan banyak dan Kamu perlu akurasi juga.

Kamu dapat dengan mudah menggunakan kalkulator pecahan online untuk mengalikan atau membagi pecahan dan untungnya, kami memiliki banyak kalkulator yang tersedia di Internet. Dengan menggunakan kalkulator ini, Kamu juga dapat menambah dan mengurangi pecahan. Yang perlu Kamu lakukan adalah, cari kalkulator pecahan dan harus ada daftar berbagai kalkulator yang didedikasikan untuk menyelesaikan pecahan. Pilih salah satu dari mereka dan isi bidang yang diperlukan untuk mengisi dan Kamu akan siap untuk mendapatkan hasilnya. Tetapi sebagian besar orang mungkin masih belum begitu jelas tentang pekerjaan kalkulator ini dan untuk mereka, kita akan membahas kerja kalkulator.

2. Menggunakan kalkulator ilmiah

Jika Kamu bersedia untuk menghabiskan kalkulator maka Kamu dapat pergi untuk kalkulator Ilmiah, ini adalah pilihan terbaik tetapi hanya membutuhkan biaya untuk itu. Dan beberapa kalkulator layak menghabiskan uang dan dapat dengan mudah memecahkan pecahan dalam waktu singkat


Kalkulator Ilmiah tidak hanya terbatas untuk memecahkan pecahan tetapi Kamu dapat menyelesaikan setiap jenis masalah matematika. Ada banyak jenis dan kualitas kalkulator dan terserah pilihan dan anggaran Kamu yang harus Kamu pilih. Tapi kami sarankan Kamu untuk pergi untuk yang terbaik karena kami perlu akurasi terutama ketika datang untuk menyelesaikan masalah matematika Beberapa orang digunakan untuk menggunakan kalkulator sederhana yang dibatasi dalam banyak hal bahwa mereka tidak cukup efisien untuk menghemat waktu Kamu. 

Dan banyak fungsi tidak tersedia dalam kalkulator sederhana tetapi ketika kita berbicara tentang pecahan, mereka dapat diselesaikan dengan kalkulator sederhana juga. Jadi, ada banyak fungsi lagi yang tidak memerlukan kalkulator Ilmiah atau kalkulator pecahan online karena cukup sederhana.

Bagaimana cara menggunakan kalkulator ilmiah?
Sama seperti kalkulator online, menggunakan kalkulator ilmiah cukup sederhana dan semuanya sangat jelas, Caranya seperti dibawah ini.
  • Ambil kalkulator ilmiah yang baik
  • Tekan tombol pecahan
  • Kemudian tentukan pembilang dan penyebut
  • Setelah itu, Anda perlu memilih operasi seperti Multiply atau Divide
  • Sekarang, tentukan pembumerator dan penyebut nomor kedua
  • Jawabannya akan ditampilkan di layar kalkulator

3. Menghitung manual atau sendiri

Banyak masalah matematika dapat diselesaikan tanpa menggunakan kalkulator apa pun dan memecahkan pecahan adalah salah satunya. Kita dapat dengan mudah melipatgandakan atau membagi pecahan sendiri, hanya membutuhkan konsep dasar dan konsentrasi. Ini bisa lebih dimengerti oleh sebuah contoh dan setelah memiliki contoh, Kamu dapat menjadi penguasa memecahkan istilah matematika terutama pecahan.

Langkah-langkah untuk mengalikan pecahan

Pasti ada dua pecahan yang mengandung pembumterator dan penyebutnya, yang perlu Kamu lakukan adalah
  • Lipat gandakan pembilang kedua pecahan
  • Sekarang, Kamu perlu menulis produk dari dua numerator ini dalam jawabannya
  • Kemudian penyebut diperlukan untuk saling berlipat ganda
  • Tuliskan produk dari penyebut ini dalam jawabannya
  • Langkah terakhir adalah menyederhanakan jawaban jika ada perhitungan yang diperlukan
Langkah-langkah untuk membagi pecahan

Jika kita mempertimbangkan pertanyaan yang sama dan kali ini, kita akan membagi pecahan jadi, kita perlu melakukannya
  • Ubah posisi pembilang dan penyebut nomor kedua
  • Ini berarti pembilang dianggap sebagai penyebut dan penyebut dianggap sebagai pembilang
  • Pergi untuk proses yang sama, gandakan pembilang satu sama lain
  • dan kemudian gandakan penyebut satu sama lain
  • Tulis kedua produk dalam jawaban akhir
  • Sederhananya jika diperlukan
Contoh Penggandaan Pecahan dan Divisi

Mungkin ada banyak masalah yang dapat dianggap sebagai contohnya, berikan perhatian pada contoh-contoh ini. Sehingga, bisa mudah bagi Kamu untuk menyelesaikan pecahan sendiri.

Contoh - Penggandaan pecahan

Pecahan 1: 1/2
Pecahan 2: 2/3
Operasi yang diperlukan: Multiperikasi (X)
1/2 x 2/3.
Jawaban terakhir adalah: 2/6

Contoh - Divisi Pecahan

Kami akan melakukan pertanyaan yang sama sehingga, mengatur ulang pecahan 2 dengan mengubah tempat pembumir dan penyebut.

Pecahan 1: 1/2
Pecahan 2: 3/2
Operasi yang diperlukan: Multiperikasi (X)
Jawaban terakhir adalah: ¾

Kesimpulan

Memecahkan pecahan diperlukan di hampir setiap kelas sebagai siswa jadi, itu adalah sesuatu yang penting untuk dipahami. Dan kami telah berbagi 3 cara teratas untuk menyelesaikan pecahan ini secara khusus ketika Anda akan melipatgandakan atau membagi pecahan. Pendekatan ini dapat membuat perhitungan Anda mudah dan kami juga telah membahas langkah-langkah yang dibutuhkan jika Anda akan melipatgandakan atau membagi pecahan pada Anda sendiri.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>