Cara Ngeprint Google Form (Cetak) dari Android. Ternyata Simpel!

Cara Ngeprint Google Form (Cetak) dari Android. Ternyata Simpel!
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Membuat formulir itu adalah pekerjaan super panjang. Bayangkan, si pembuat formulir harus mengetiknya dulu di word lalu mencetak dan memperbanyak. Setelahnya masih perlu menyebarkan dan merekap hasil formulir. Sungguh pekejaan yang melelahkan bukan? Sekarang tidak lagi, soalnya sudah ada Google Form. Pembuatan formulir yang biasanya membutuhkan energi dan waktu yang banyak. Kini bisa selesai hanya dalam hitungan jam. Baik sekolah, perorangan, juga perusahaan sudah banyak yang menggunakannya.

Google Form hadir sebagai aplikasi web pembuat formulir online. Jika kamu membuat formulir dengan Google Form. Maka kamu bisa membagikannya dengan mudah ke siapa saja. Kamu juga bisa merekap hasilnya secara otomatis

Bagaimana Cara Membuat Google Form?

Cara membuat formulir dengan Google Form itu mudah. Kamu bisa menggunakan Drive, PC, dan HP. Klik link berikut https://docs.google.com, bila kamu hendak membuat Google Form dengan PC atau HP. Masuklah ke akun Google Form melalui link di atas. Selanjutnya, buatlah pertanyaan sesuai kebutuhanmu. Ikuti setiap petunjuk yang ada secara seksama.

Kamu bisa membuat 3 format soal atau pertanyaan di Google Form. Pertama soal pilihan ganda. Kedua soal dengan jawaban singkat. Ketiga soal dengan jawaban panjang. Kamu juga bisa melengkapi soal-soal dengan foto dan video juga.

Bagaimana Cara Melihat Hasil Google Form

Saat proses penyebaran Google Form masih berlangsung. Sesekali kamu bisa mengecek hasil dan perkembangannya loh. Hal ini sangat bisa kamu lakukan.Silahkan log in terlebih dahulu ke akun Google Form. Klik formulir yang ingin kamu ketahui hasilnya. Pilih opsi ‘Tanggapan/Jawaban’. Nantinya akan muncul 2 pilihan, Ringkasan dan Individual. Ringkasan berisi rangkuman dari keseluruhan hasil. Sementara Individual menampilkan hasil per orang. Kamu bisa juga memilih menu spreadsheet jika ingin membaca hasil dengan mudah.

Cara Share Hasil Google Form

Apabila kamu bekerja dengan tim. Kamu harus membagikan hasil Google Form dengan timmu tersebut. Untungnya, membagikan hasil dari Google Form bukanlah perkara sulit. Bagaimana caranya? 
  • Masuklah ke akun Google Form-mu.
  • Pilihlah formulir yang akan kamu bagikan hasilnya. Kemudian klik menu ‘Jawaban’. 
  • Selanjutnya, klik logo spreadsheet yang berwarna hijau. 
  • Pilih akun email yang akan kamu gunakan lalu tekan OK.
  • Hasil atau response dari Google Form akan tampil di Layar HP-mu.
  • Klik tanda titik 3 pada pojok kanan atas. Lalu pilih fitur ‘Kirim Salinan’. 
  • Tentukan pilihan. Mau membagikan hasil Google Form dengan whatsApp email atau drive. Pilihan lainnya masih banyak. 
Jadi, sebenarnya kamu tak bisa membagikan hasil Google Form secara langsung. Kamu hanya bisa membagikan hasil Google Form  yang sudah berbentuk spreadsheet.

Cara Print Google Form di HP

Sebagain orang ada yang suka bekerja dengan HP ketimbang PC. Apakah kamu termasuk diantaranya? Kalau iya, buatlah Google Form di HP saja. Terus misalanya butuh formulir versi cetaknya bagaimana? Bisa tidak print Google Form di HP? Jawabannya sangat bisa. Pada dasarnya, penggunaan Google Form di PC dan di HP sama saja. Karena itu cara mencetaknya pun sama.

Hanya saja ada satu hal yang perlu kamu ketahui. Kabel printer tentu tak bisa kamu sambungkan dengan HP. Agar kamu tetap bisa mencetak Google Form di HP. Kamu perlu meng-install aplikasi printer sesuai merk yang kamu gunakan. Misal printermu Canon ya kamu harus install aplikasi printer Canon. Aplikasi printer berfungsi untuk menyambungkan HP-mu dengan printer yang kamu punya. Jangan lupa, sambungkan terlebih dahulu HP dengan aplikasi printer sebelum mencetak Google Form ya!

1. Cara Print Pertanyaan Google Form

Apa saja yang bisa kamu print dari Google Form? Salah satunya adalah daftar pertanyaan yang sudah kamu buat. Bagaimana caranya? Ikuti step by stepnya berikut.
  • First step yang tak boleh kamu lewati adalah masuk ke akun Google Form-mu.
  • Klik formulir di Google Form yang akan kamu cetak/print.
  • Pada pojok kanan atas. Klik tanda titik 3 lalu pilih fitur cetak. 
  • Selanjutnya, kamu bisa melihat formulir yang akan kamu print di layar HP-mu. 
  • Tap  ikon kecil berbentuk segi tiga terbalik. Letaknya di bagian paling atas.
  • Kemudian pilih ‘Semua Printer’ lalu klik merk printer yang kamu punya.
Sebagian dari kamu mungkin akan bertanya seperti ini. Penjelasan di atas kan cara print pertanyaan Google Form. Kalau cara print formulir pendaftaran online atau soal bagaimana? Sebenarnya ya sama saja. Hanya penggunaan atau pilihan katanya saja yang berbeda. Orang-orang memang cenderung memakai kata yang sesuai dengan kebutuhannya. Misal seorang guru. Ia pasiti lebih suka menyebut kata ‘soal’ ketimbang ‘pertanyaan’. Seorang admin atau pelaksana event. Pastinya lebih suka menggunakan kalimat ‘formulir pendaftaran online’

2. Cara Print Hasil Google Form

Hasil di sini maksudnya adalah response atau jawaban ya. Selain pertanyaan, hasil ini juga bisa kamu print. Caranya? Pertama kamu harus log in ke akun Google Form terlebih dulu. Lalu pilih formulir yang ingin kamu print hasilnya. Kemudian lanjutkan dengan langkah-langkah berikut.
  • Langsung saja pilih menu ‘Jawaban’. 
  • Klik tanda titik 3. Tanda ini terdapat di bagian summary jawaban yang ingin kamu cetak. 
  • Tap fitur ‘Cetak Semua Jawaban’. 
  • Setelah ringkasan jawaban siap cetak muncul. Pilih ikon kecil segi tiga terbalik. 
  • Lalu pilih menu ‘Semua Printer’ dan pilih merk printer yang kamu punya.

Cara Memindahkan Google Form ke Word di HP

Selain bisa kamu cetak, Google Form ternyata bisa kamu ubah ke dalam bentuk word. Tapi tak bisa secara langsung. Maksudnya bagaimana?  Kamu harus mengubah Google Form ke dalam bentuk PDF terlebih dahulu. Barulah kamu lanjutkan dengan convert ke word. Soalnya, sejauh ini hanya ada fitur memindahkan Google Form ke PDF saja. Langkah untuk mengubah Google Form ke PDF sama dengan cara print pertanyaan Google Form. Pada bagian akhirnya saja yang berbeda.

Pada bagian akhir, kamu tak perlu mengklik tanda segi tiga kecil yang terbalik. Di sebelah kanan, agak di atas. Ada pop up berwarna hijau transparan. Tekan pop up tersebut untuk menyimpan Google Form dalam bentuk PDF. Tuliskan nama file yang kamu inginkan pada kolom yang tersedia. Ada di bagian bawah. Lalu tentukan lokasi penyimpanan. Caranya, klik tanda garis 3 di pojok kiri. Saranya, simpan di unduhan atau di drive. Agar mudah ditemukan. 

Kesimpulan

Semakin ke sini, orang-orang semakin menyukai Google Form. Hal ini wajar terjadi. Sebab membuat formulir di aplikasi ini memang lebih baik dibandingkan formulir secara konvensional.
Google ini sangat pas untuk kamu yang ingin membuat survey, formulir pendafataran, dan pembuatan soal. Silahkan pelajari artikel ini yang membahas tentang cara membuat Google Form dan cara print Google Form di HP. Semoga berhasil!

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>