Kelebihan dan Kekurangan Traveloka dan Tiket.com Serta 3 Aplikasi Pemesanan Tiket Lainnya

Kelebihan dan Kekurangan Traveloka dan Tiket.com Serta 3 Aplikasi Pemesanan Tiket Lainnya
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Aplikasi Online Travel Agent (OTA) semakin bermunculan. Memudahkan siapapun yang ingin bepergian. Hanya dengan menggunakan HP. Tiket kendaraan bisa kamu dapatkan. Hal tersebut tentu memiliki sisi negatif. Semakin banyak berarti semakin sulit menentukan pilihan. Aplikasi pemesanan tiket mana yang akan kamu gunakan? 

Setiap aplikasi pastilah punya kekurangan dan kelebihan. Nah, kamu bisa menentukan pilihan dengan melihat dua poin tersebut. Karena itu, yuk kenali kekurangan dan kelebihan dari Traveloka dan beberapa aplikasi sejenis lainnya. 

Aplikasi Traveloka

Traveloka, nama ini sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sebuah perusahaan yang berdiri sejak tahun 2012. Perusahaan apa sih sebenarnya Traveloka ini? Traveloka adalah salah satu perusahaan pemesanan tiket online. Pada awal berdirinya, Traveloka hanya sebuah situs tempat membandingkan harga tiket pesawat. 

Dua tahun setelah kemunculannya. Traveloka melebarkan sayap bisninya menjadi perusahaan reservasi tiket online. Baik untuk pesawat dan hotel. Saat ini, Traveloka sudah berstatus sebagai startup unicorn. Pelayanannya pun semakin berkembang. Sudah ada pemesanan tiket kereta api, bus, juga sewa mobil.

Keunggulan Aplikasi Traveloka

Sebagai pelopor perusahaan OTA di Indonesia. Traveloka tentu memiliki banyak keunggulan. Apa saja kelebihan tersebut?
  • Traveloka sering mengadakan promo dan diskon. Sehingga kamu bisa bepergian dengan biaya yang lebih murah. 
  • Menyediakan banyak metode pembayaran. Salah satunya metode pembayaran Traveloka Paylater.  Kamu bisa menyicil biaya perjalanan hingga 12 kali. 
  • Harga tertera sudah termasuk biaya pajak. 
  • User yang mereview hotel lebih beragam. Berasal dari user Traveloka sendiri. Ada juga dari user TripAdvisor. 
  • Menawarkan harga tiket mulai dari yang termurah dan selalu mempromosikannya.

Kekurangan Aplikasi Traveloka

Tak ada aplikasi apapun di dunia ini yang sempurna. Begitu juga dengan Traveloka. Berikut beberapa kekurangan dari Traveloka.
  • Reservasi tiket dan Booking hotel masih fokus dan lebih banyak untuk perjalanan lokal. 
  • Saat mencari hotel di Traveloka. Kamu mungkin akan mendapatkan hasil pencarian yang minim. 

Manfaat Traveloka untuk Masyarakat

Traveloka hadir sebagai salah satu perusahaan perintis di bidang reservasi tiket secara online. Tentu banyak manfaat yang sudah Traveloka berikan pada masyarakat Indonesia. 

Pertama, pemesanan tiket kendaraan dan booking hotel menjadi lebih murah dan mudah. Kedua, Traveloka menjadi pemicu bagi munculnya bisnis-bisnis sejenis. Secara tak langsung, Traveloka telah membuka akses pekerjaan bagi banyak orang Indonesia. 

Aplikasi Tiket.com

Tiket.com menjadi alternatif pemesanan tiket online selain Traveloka. Perusahaan ini juga mengalami perkembangan yang cepat. Usianya setahun lebih tua dari Traveloka. Jadi, di kancah bisnis Online Travel Agent, nama tiket.com sejajar dengan Traveloka. Lalu apa keunggulan dan kekurangan dari tiket.com? Simak penjelasannya berikut.

1. Keunggulan Tiket.Com

Ada dua cara untuk mengakses tiket.com. Yakni melalui situs dan aplikasi. Sejauh ini, tiket.com terus meluncurkan berbagai fitur yang mempermudah perjalanan seseorang. Berikut beberapa keunggulan dari tiket.com.
  • Metode pembayaran cukup lengkap. Total ada 14 jenis alat pembayaran yang tersedia. Mulai dari transfer bank, ATM, kartu kredit, hingga dompet digital. 
  • Tersedia fitur smart traveller . Proses pengisian data diri saat pemesanan tiket jadi lebih cepat. Sebab data pengguna telah tersimpan pada pemesanan sebelumnya. 
  • Fitur lainnya yakni smart refund. Melalui fitur ini kamu bisa melakukan pembatalan pemesanan tiket melalui aplikasi. 
  • Layanan pemesanan tiket dan booking hotel cakupannya sampai ke seluruh dunia. 
  • Terdapat program TIX POIN. Yakni poin yang bisa kamu dapatkan setiap melakun transaksi. Poin ini nantinya bia kamu tukarkan dengan berbagai macam hadiah menarik dari tiket.com.
  • Memiliki layanan customer service via whatssap yang responsif. 
  • Layanan lengkap. Ada pemesanan tiket pesawat, kereta api, dan event. Booking hotel sebagai penunang perjalanan juga bisa.

2. Kekurangan Tiket.Com

Di balik kelebihan pasti ada kekurangan. Tak ada apapun di dunia ini yang sempurna. Tiket.com pun juga begitu. Sebagai bahan pertimbangan, simak kekurangan dari tiket.com berikut. 
  • Proses pemesanan tiket sedikit ribet. Banyak form yang harus kamu isi di awal pemesanan. Tapi untuk selanjutnya tidak lagi sebab pengisian form bisa mengikuti form sebelumnya.
  • Meski metode pembayaran cukup lengkap. Total ada 14 jenis pembayaran. Namun pembayaran untuk tiket.com tak bisa kamu lakukan melalui mini market.

Keunggulan dan Kekurangan Agoda

Berbeda dengan Traveloka dan tiket.com yang merupakan perusahaan rintisan dalam negeri. Agoda adalah perusahan reservasi tiket online yang berdiri di Thailand pada tahun 1998. Agoda lebih fokus pada layanan booking hotel, resort, atau villa. 

Selain penyewaan akomodasi, kamu juga dapat memesan tiket pesawat. Seperti Traveloka dan tiket.com. Agoda juga memiliki keunggulan dan kekurangan. Apa saja?

1. Keunggulan Agoda

Agoda memiliki banyak keunggulan sebagai perusahaan internasional. Menyediakan pilihan diskon sampai 80%. Layanan pelanggan non stop, 24 jam. Memiliki jutaan pelanggan dari berbagai kota di dunia. Menjadikan rating  dan ulasan di Agoda lebih beragam. 

2. Kekurangan Agoda

Layanan Agoda belum terlalu lengkap seperti Traveloka dan tiket.com. Kamu hanya bisa booking tempat penginapan dan membeli tiket pesawat saja. Sementara di Indonesia, banyak orang yang juga suka bepergian dengan kereta karena alasan biaya. Kekurangan lainnya, harga booking  kamar hotel belum termasuk pajak. Promo dan diskon kurang bersaing dibanding bisnis sejenis. 

Metode pembayaran tak terlalu lengkap. Pilihan pembayaran di mini market dan transfer baru tersedia. Sebelumnya hanya bisa menggunakan kartu kredit.

Keunggulan dan Kekurangan Pegipegi

Satu lagi perusahaan Online Travel Agent di Indonesia yang cukup terkenal. Meski namanya santer terdengar belakangan ini. Ternyata perusahaan ini seumuran dengan Traveloka dan tiket.com. 

Pegipegi menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, serta booking ikamar hotel. Semua layanana ini bisa dapatkan melalui situs Pegipgi atau aplikasi Pegipegi. Kelebihan dari Pegipegi yakni memberikan panduan perjalanan yang cukup lengkap pada pelanggan. Baik perjalanan menggunakan pesawat, kereta, dan bus. 

Cara pembayaran lengkap. Penelusuran tiket juga mudah dengan menampilkan berbagai lokasi tujuan dan harga terendah di bagian interface atau beranda. Sementara kekurangannya, Pegipegi tak menampilkan ulasan dan rating  tentang hotel dan perjalanan dari pelanggan. Sehingga sedikit sulit untuk menentukan pilihan akomodasi dan kendaraan untuk perjalanan. 

Aplikasi Booking.com

Booking merupakan perusahaan yang berdiri di Belanda pada tahun 1996. Seperti perusahaan reservasi asal luar negeri lainnya. Booking fokus pada akomodasi dan pemesanan tiket pesawat saja. 

1. Keunggulan dan Kekurangan Booking

Situs resmi dari perusahaan ini adalah https://www.booking.com/. Dari situs ini kita bisa melihat kekurangan dan kelebihan dari Booking.  Kelebihannya, situs Booking menyediakan beragam pilihan bahasa dan mata uang. Pelanggan pun jadi bisa melihat tawaran harga dan lokasi yang sesuai dengan negaranya. 

Bagi yang ingin berpelesir keliling dunia. Booking menyediakan layanan pemesanan tiket untuk aktivitas di berbagai negara kunjungan. Sementara kekurangannya, Booking tak menyediakan begitu banyak promo dan  diskon. Serta tak cocok bagi mereka yang ingin berpergian dengan kereta api dan bus.

2. Manfaat Aplikasi Booking

Kamu yang mau travelling ke luar negeri sebaiknya memanfaat Booking dengan sebaik-baiknya. Booking menyediakan beragam informasi yang sangat kamu butuhkan. Melalui bantua Booking, kamu jadi bisa membuat anggaran perjalanan. 

Agar perjalananmu lebih lancara dan tak terkandala soal keuangan nantinya.Booking memiliki layanan pemesanan tiket pesawat, rental mobil, reservasi hotel serta berbagai rekomendasi kegiatan. Semua layanan ini bisa kamu jadikan acuan dalam merencanakan anggaran biaya perjalan luar negerimu. 

Tunggu apalagi? Ayo mulai rencanakan kegiatan travelling-mu. Banyak pilihan layanan pembelian tiket online. Ada Traveloka, tiket.com, Agoda, Pegipegi, dan Booking. Semua perusahaan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tinggal kamu pertimbangkan. Lalu pilih salah satunya. Semoga perjalananmu menyenangkan ya!

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>