✔ Panduan Lengkap dan Cara Download Teamviewer

✔ Panduan Lengkap dan Cara Download Teamviewer
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Banyak pekerjaan menuntut orang untuk bekerja dengan lebih dari satu perangkat. Hal ini tentu menyulitkan saat harus melakukan transfer file dan semacamnya. Mengoperasikan banyak perangkat itu sungguh merepotkan bukan?Tapi itu sudah tak lagi menjadi masalah. Ada satu software yang bisa membantu mu. Namanya Teamviewer, perangkat lunak yang memungkinmu untuk mengontrol satu PC dari PC lainnya. Kamu yang tertarik, mesti menyimak panduan lengkap dan cara download Teamviewer berikut ya!

Fungsi Teamviewer Komputer

Bekerja dengan Teamviewer bisa menjadikanmu layaknya hacker loh. Kenapa bisa begitu? Pasalnya, kamu jadi bisa mengakses berbagai file dari komputer lain melalui komputermu. Ada 3 kegunaan utama dari Teamviewer. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya!

1. Teamviewer sebagai Remote Control

Kegunaan Teamviewer yang pertama adalah sebagai remote control. Kamu bisa menggunakan perangkat lunak yang satu ini untuk mengendalikan komputer lain dari komputermu.

2. Transfer File dengan Teamviewer

Kegunaan yang kedua. Setelah mengakses komputer lain. Kamu juga bisa memindahkan berkas dari komputer tersebut langsung ke komputer atau PC-mu. Jadi, kamu tak perlu lagi kirim email, pindahkan ke drive, juga menggunakan flasdisk

3. Teamviewer, Media Meeting Online

Dunia daring semakin marak. Banyak kegiatan offline  yang teralihkan ke online. Hal ini turut mendorong berbagai software dan aplikasi meeting online. Nah, kamu juga bisa menggunakan Teamviewer untuk melakukan kelas online maupun webinar.

Cara Download dan Install Teamviewer

Melihat kegunaan Teamviewer yang begitu banyak. Sayang bukan kalau kamu tak memanfaatkannya dengan baik. Segera download dan install Teamviewer. Cara terbaik untuk download Teamviewer adalah mengambil file set up dari sumber resmi. Yakni langsung dari situs  Teamviewer sendiri. Ikuti langkah dan panduan lengkapnya berikut.

1.Cara Download Teamviewer Versi Terbaru

Saat ini, versi terbaru dari Teamviewer adalah versi 15. Sebaiknya kamu selalu memakai versi terbaru. Agar kamu juga bisa menikmati berbagai fitur Teamviewer yang dikembangkan. Silahkan menuju ke situs Teamviewer berikut, https://www.teamviewer.com/en/. Link untuk dowload Teamviewer mudah untuk kamu temukan. Terdapat di bagian beranda atau halaman utama. 

Klik ikon bertuliskan ‘download for free’. Secara otomatis, Teamviewer set up tersimpan di folder unduhan. Cara untuk mengetahui versi berapa Teamviewer yang kamu download. Arahkan kursor pada file set up. Maka akan muncul informasi terkait company pengembang, versi, ukuran, dan tanggal downloadnya. 

2. Cara Download Teamviewer 14

Beberapa komputer atau PC lama mungkin bisa jadi berat kalau menggunakan Teamviewer versi terbaru. Solusinya, kamu bisa menggunakan versi sebelumnya. Yakni versi yang ke 14. Cara download Teamviewer versi 14 juga sama dengan cara download Teamviewer versi 15. Kamu juga tak perlu mencarinya dari sumber lain. Sebab, kamu juga bisa mendowloadnya dari situs resmi Teamviewer. Tak hanya Teamviewer versi 14 yang tersedia. Tapi juga ada previous version lainnya. Ada versi 11, 12, dan 13. Klik link ini untuk mengunduhnya, https://www.teamviewer.com/en/download/previous-versions/

3. Cara Install Teamviewer 15

Jika kamu sudah download Teamviewer, langkah selanjutnya alah melakukan proses install. Berikut step by step-nya.
  • Klik 2 kali pada file set up Teamviewer. 
  • Pilih Run untuk memulai proses install.
  • Tandai ‘default installation’  lalu klik accept-next.
  • Tekan yes, tunggu proses install  sampai 100%.
  • Berikutnya, centang alternatif penggunaan untuk personal use. 
  • Proses install Teamviewer selesai. 
  • Lakukan pendaftaran menggunakan email aktif.

4. Cara Download Teamviewer  Agar Tidak Expired

Penggunaan Teamviewer itu berbayar. Ada kesempatan untuk uji coba gratis, tapi itu sangat sebentar. Tak sampai hitungan hari. Sehingga banyak orang yang mencari tahu cara download dan install Teamviewer agar tidak expired. Berdasarkan info dari situs Teamviewer langsung. Sebenarnya untuk penggunaan personal sudah free. Kamu tinggal gunakan saja versi paling baru atau versi 14. Saat proses install nantinya, cukup tandai pilihan ‘for personal use’. Bagaimana dengan versi di bawah 15 dan 14? Mungkin kamu bisa menggunakan trik berikut. Agar Teamviewer-mu tidak expired. 
  • Masuk ke control panel, lalu unistall Teamviewer.
  • Delete folder Teamviewer dari Local Disk C. Langkahnya, klik Local Disk C > pilih program file > hapus folder Teamviewer.
  • Hapus folder Teamviewer dari Local Disk C/user. Caranya menggunakan aplikasi run yang ada di laptopmu. Ketikkan Run di menu search. Klik ikonnya, lalu ketikkan %appdata% pada kolom yang diminta. Cari folder Teamviewer dan hapus.
  • Hilangkan folder Teamviewer dari registry. Masih menggunakan bantuan aplikasi Run. Ketikkan regedit dan hapus folder Teamviewer pada beberapa tempat berikut: 
  • HKEY_CURRENT_USER -> Software  
  • HKEY_LOCAL_MACHINE -> Software atau bisa juga HKEY_LOCAL_MACHINE -> Software-> WOW6432Node 
  • Langkah terakhir adalah mengganti alamat MAC laptop atau PC-mu. Step-nya, buka kembali control panel. Pilih Network and Internet > Network and and Sharing Center. Pada kolom kanan tekan Change Adapter and Setting. 
  • Klik 2 kali pada network  atau jaringan yang sedang aktif dan pilih properties > configure > advanced.
  • Klik pada alamat jaringan dan input value (nilai).
  • Jika proses perubahan MAC adress selesai. Restrat PC-mu terlebih dahulu. 
  • Lakukan proses download dan instalasi Teamviewer ulang ya. Ingat, semua langkah harus kamu ikuti. Agar trik ini bisa work sesuai harapanmu. 

5. Cara Downgrade Teamviewer

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa, Teamviewer menyediakan link download dari versi 11 sampai yang terbaru. Yakni Teamviewer versi 15. Kamu cukup uninstall Teamviewer versi di atasnya. Lalu install  versi Teamviewer yang kamu inginkan. Apakah versi 11, 12, 13, atau 14. 

Cara Mengoperasikan Teamviewer

Keunggulan Teamviewer bukan hanya fiturnya yang lengkap. Tapi juga sangat mudah untuk kamu operasikan. Sekali mencoba kamu pasti bisa. 

1. Cara Mengoneksikan Teamviewer 

Setelah proses instalasi, shortcut dari Teamviewer biasanya akan muncul di dekstop. Klik shortcut  tersebut untuk mulai menggunakan Teamviewer.  Pada tampilan utama Teamviewer, tertera ID dan Password. Agar PC lain bisa mengakses PC-mu. Maka harus menggunakan ID dan Password tersebut. Begitu juga sebaliknya. Saat kamu hendak mengakses PC lain. Kamu perlu mengetahui ID dan passwordnya juga.    

2. Cara Remote PC dengan Teamviewer

Sudah bisa membayangkan cara kerja Teamviewer? Biar kamu makin paham. Yuk lanjutkan pembahasannya. Pada tampilan utama Teamviewer, masukkan ID partner atau ID Teamviewer laptop yang akan kamu akses. Di bagian bawahnya, klik pilihan Remote Control. Lalu tekan connect. 
Tunggu beberapa saat. Maka tak lama, kamu sudah bisa mengoperasikan laptop yang telah kamu akses. Seperti membuka file dan pekerjaan-pekerjaan lainnya. Apakah ini bisa dilakukan jarak jauh? Tentu bisa, selama jaringan internet di tempatmu memadai

3. Cara Transfer File dengan Teamviewer

Tak hanya mengoperasikan laptop lain dari jarak jauh. Kamu juga bisa loh melakukan tukar menukar file. Caranya ada 3, yaitu:
  1. Satu, setelah mengakses laptop lain melalui menu remote control. Kamu bisa langsung melakukan pemindahan file. Cukup copy file dari laptopmu dan paste pada laptop targetmu (laptop lain yang kamu akses).
  2. Dua, lakukan proses pemindahan file dengan cara drag and drop
  3. Tiga, memindahkan berkas menggunakan menu file transfer. Pada tampilan utama Teamviewer. Masukkan ID laptop target. Pilih menu file transfer. Tentukan letak penyimpanan dan tekan send. 

Kesimpulan

Melihat fungsinya, Teamviewer merupakan software yang amat berguna. Terutama bagi kamu yang harus bekerja dengan banyak perangkat. Melalui Teamviewer kamu bisa mengoperasikan PC lain dari PC-mu serta memindahkan data. Mau mengadakan meeting online pun juga bisa. Bagaimana cara download, install, dan penggunaan teamviewer? Sudah terjelaskan secara lengkap di artikel ini ya. Silahkan pelajari dengan seksama. 

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>