Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom Menurut Ahli

Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom Menurut Ahli
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Google Classroom pertama kali dirilis pada 12 Agustus 2014. Awalnya Google Classroom adalah platform e-learning berbasis web. Namun sekarang juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasinya. Terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Kini, Google Classroom memiliki banyak fitur unggulan. Fitur-fitur tersebut dapat membantu dan mempermudah pekerjaan guru dalam mengontrol berbagai tugas siswa.

Secanggih-canggihnya teknologi tetap saja punya kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan Google Classroom. Nah, kali ini saya mau membahas tentang kelebihan dan kekurangan Google Classroom menurut para ahli.

Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom Menurut Ahli

Kenapa saya tertarik membahas kelebihan dan kekurangan Google Classroom menurut ahli? Sebab biasanya para ahli akan berbicara sesuai fakta dan data. Pernyataan mereka biasanya juga berbasis peneliatian ilmiah atau pengalaman pribadi. Jadi lebih menarik untuk disimak.

Ahli yang saya maksud di sini adalah mereka yang memang punya kontribusi di bidang pendidikan. Entah guru, dosen, mahasiswa, atau pengamat. Karena itu, kelebihan dan kekurangan Google Classroom yang akan saya sajikan juga punya sumber resmi. Sumber resmi tersebut adalah sebuah Essay karya Vico Trisna Widyantara. Kamu bisa klik linknya https://www.researchgate.net/publication/341232720_KONSEP_PENGGUNAAN_PERBANDINGAN_KELEBIHAN_DAN_KEKURANGAN_SERTA_IMPLIKASI_GOOGLE_CLASSROOM_SEBAGAI_MEDIA_PEMBELAJARAN_JARAK_JAUH jika ingin membacanya secara lebih lengkap.

Dalam Essay tersebut tersaji kelebihan dan kekurangan dari Google Classroom. Sebagai penulisnya, Vico Trisna ‘Widyantara mengutip dari berbagai jurnal ilmiah. So, karena kelebihan dan kekurangan Google Classroom yang akan saya sajikan berikut bisa dikatakan sebagai pendapat para ahli ya!

1. Kelebihan Classroom

Berdasarkan Essay dari Vico Trisna Widyantara, berikut daftar kelebihan Google Classroom menurut para ahli. 
  • Merupakan platform yang menghadirkan ruang kelas digital secara nyata. Maksudnya, segala fitur yang ada dalam Google Classroom mendukung pembelajaran bisa berjalan seperti layaknya dalam kelas tatap muka. Contohnya ada fitur Homework  yang memudahkan guru dalam mendistribusikan tugas rumah ke seluruh siswa. Guru bahkan bisa memantau dan memberikan penilaian secara langsung. Ada juga juga halaman notifikasi, Classwork dan people. Notifikasi memberitahukan kepada siswa jika ada postingan atau pengumuman dari guru. Classwork merupakan halam untuk guru dalam mengatur tugas siswa. Sementara people merupakan halaman daftar seluruh peserta kelas, termasuk guru.
  • Memiliki sistem virtual yang memungkinkan guru untuk melangsungkan pembelajaran secara online. Siapapun bisa mengaksesnya selama  gmail, dokumen, dan drive. 
  • Platform ini bisa diakses secara gratis dan secara tak langsung dapat mengurangi penggunaan kertas. Seperti yang kita ketahui bersama. Pengerjaan tugas secara konvensional bisanya menghabiskan banyak kertas.
  • Fleksibilitasnya sangata tinggi. Sudah terbukti, Google Classroom mampu diasosiasikan dengan berbagai model dan metode pembelajaran apapun. Berdasarkan hasil penelitian, Google Classroom terbukti dapat meningkatkan tingkat keberhasilan proses pembelajaran. 

2. Kekurangan Classroom

Penggunaan Google Classroom memang memang praktis dan cukup menyenangkan. Namun tetap saja ada kekurangannya. Apa saja?
  • Goole Classroom memiliki user expereince yang praktis. Namunfitur-fitur di dalamnya dianggap masih kurang. Sehingga lebih cocok dijadikan sebagai platform penunjang atau pendukung pembelajaran. 
  • Penggunaan Classroom sangat bergantung kepada kestabilan internet. Karena alasan keuangan, beberapa siswa ada yang merasa keberatan saat harus menggunakan banyak paket internet. Untuk tinkat pendidikan di kota mungkin ini sudah bukan sebuah masalah. Tapi di pelosok, masih banyak siswa yang mengalami permasalahan keuangan dan jaringan internet yang lemot.

Kelebihan dan Kekurangan Edmodo

Platform penunjang pembelajaran tak hanya Google Classroom saja. Namun ada juga Edmodo. Beberapa sekolah sudah sangat familiar dengan platform yang satu ini. Edmodo juga merupakan platform penunjang pembelajaran yang tak berbayar. Kamu bisa mengaksesnya di www.edmodo.com. Untuk log in ke Edmodo, user dibedakan atas 3 kategori. Apakah sebagai guru, orang tua, atau siswa.  

Fitur-fitur di Edmodo sangat mendukung terlaksananya Learning System Management (LSM). Seperti adanya fitur penugasan, penilaian, dan kuis. Namun, sama seperti Google Classroom, Edmodo juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

1. Kelebihan Edmodo

Setidaknya ada 3 kelebihan Edmodo yang bisa kamu nikmati. Apa saja kelebihan tersebut? Berikut penjelasan rincinya.
  • Pertama, tampilan Edmodo itu sangat user interface, mirip seperti tampilan Faceebook. Sehingga siapapun muda untuk menggunakannya. Bahkan bagi mereka yang mungkin tidah pernah menggunakan facebook.
  • Kedua, Edmodo sangat kompatibel sebagai platform penunjang pembelajaran. Berbagai format dokumen atau file sepertu PPT, XL, Word, dan PDF bisa di-preview dengan baik di Edmodo.  
  • Ketiga, Edmodo bisa kamu akses melalui banyak perangkat. Edmodo tak hanya berbasis web. Tapi juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi.

2. Kekurangan Edmodo

Di samping segala kelebihannya. Edmodo juga memiliki kekurangan. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya menemukan 3 kekurangan dari platform ini. 
  • Pertama, Edmodo tak memiliki integrasi dengan semua media sosial. Misal dengan facebook, instagram, atau pun twiter. Integrasi dengan media sosial ini sangat penting. Agar pengguna bisa membagikan (sharing) kepada orang banyak.
  • Kedua, Edmodo masih menggunakan bahasa pogram dalam Bahasa Inggris. Sehingga sedikit menyulitkan guru dan siswa yang belum mahir berbahasa Inggris.
  • Ketiga, Edmodo tak memiliki fitur video conference. Karena itu Edmodo memang bersifat sebagai media online penunjang pembelajaran saja.

Kelebihan dan Kekurangan Google Meet

Google Meet adalah layanan video conference yang memungkinkan terjadinya meeting online. Platform seperti Google Meet bisa menjadi pelengkap platform penunjang pembelajaran seperti Edmodo.Misal, proses pembelajaran dilaksanakan melalui Google Meet. Maka pendistribusian tugas-tugas bisa melalui Edmodo. 

Awal dirilis, Google Meet hanya bisa diakses dari perangkat berbasis iOS saja. Namun google segera melakukan pemutakhiran. Tak lama setelah peluncuruannya. Google Meet sudah bisa diakses dari bergaia perangkat. Baik dari android, iOS, dan web. Meski merupakan salah satu produk unggulan Google. Tak lantas menjadikan Google Meet sebagai aplikasi paling sempurna. Google Meet juga punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri. 

1. Kelebihan Google Meet

Google Meet memiliki banyak kelebihan dibandingkan versi pendahuluanya, yakni Google Hangouts. Apa saja? Berikut beberapa diantaranya:
  • Google Meet memiliki fitur gratis yang mampu menampung peserta pertemuan sampai 30 orang.
  • Sudah terhubung dengan kalender Google. Sehingga pertemuan melalui Google Meet bisa terjadwal dengan baik. Peserta pertemuan pun dapat melakukan pertemuan online hanya dengan sekali klik. 
  • Terdapat fitur berbagi layar. Peserta pun bisa membagikan berbagai jenis file misal dokumen, video, maupun gambar. Pertemuan online pun jadi lebih interaktif. 
  • Pertemuan melalui google meet otomatis akan terenkripsi.

2. Kekurangan Google Meet

Google Meet memang dikenal sebagai platform video conference paling canggi dibandingkan platform sejenis. Hal ini sangat wajar, mengingat Google Meet adalah milik Google. Salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Namun, jika kita melihat dari sisi pengguna. Maka tetap saja Google Meet memiliki kekurangan seperti berikut.
  • Supaya bisa menggunakan Google Meet dengan lebih leluasa. Pengguna harus mengambil layanan berbayar. Misal ingin mengadakan pertemuan online dengan jumlah peserta di atas 30 orang. 
  • Google Meet tak memiliki fitur untuk mengubah background seperti Zoom. Sementara background merupakan fitur favorit banyak orang yang mengadakan pertemuan online

Kesimpulan

Sekarang ini banyak sekali platform yang dapat menunjang kegiatan e-learning. Tapi sejauh ini, Google Classroom merupakan platform pembelajaran online paling lengkap. Google Classroom tak hanya menyediakan berbagai fitur menarik. Di mana fitur-fitur tersebut dapat mempermudah pekerjaan guru dalam mendistiribusikan dan menilai pekerjaan rumah siswa

Tapi Google Classroom juga memiliki fitur video conference. Sejauh ini tak ada aplikasi pembelajaran sejenis yang lengkap seperti Google Classroom. Namun meski paling lengkap, Google Classroom tetap memiliki kekurangan dan kelebihan seperti yang sudah dijelaskan di dalam artikel ini.

Penulis: Malica

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>