SOLUSI: Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

SOLUSI: Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Kebanyakan orang mengalami masalah ketika membuka aplikasi PeduliLindungi pada smartphone-nya. Padahal, Aplikasi ini sangat penting dibutuhkan untuk masuk ke fasilitas umum atau transportasi. Apa penyebabnya? Bagaimana cara mengatasi aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka? Pada artikel ini kami akan share Penyebab dan alasan kenapa aplikasi ini error.

Mengenal Aplikasi PeduliLindungi 

Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang disediakan oleh pemerintah yaitu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan Kementerian BUMN. Aplikasi ini dibuat untuk untuk menghentikan penularan Corona di negara Indonesia, Jadi agar tidak jatuh korban jiwa dalam jumlah besar. Cara kerja dari Aplikasi PeduliLindungi yaitu  membagikan data lokasi pengguna saat bepergian dan mengajak masyarakat supaya ikut peduli dan berpartisipasi. Sehingga proses penelusuran riwayat kontak penderita COVID-19 dapat dipantau dengan mudah.


Aplikasi PeduliLindungi bisa terkoneksi dengan memanfaatkan bluetooth pada ponsel Kamu untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Nanti Data diproses otomatis ketika ada ponsel lain yang berada dekat jangkauan bluetooth yang sudah menginstal aplikasi PeduliLindungi.  Kemudian, aplikasi akan memproses identifikasi. 

Penyebab Aplikasi Pedulilindungi Tidak Bisa dibuka ?

Harus kamu ketahui, bahwa memang bisa saja masalah pada aplikasi Ponsel tidak bisa dibuka. Terdapat karena beberapa faktor, Menyebabkan aplikasi error. Berikut ini adalah penyebab Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka:

1. Kesalahan Saat Proses Daftar Akun

Penyebab error pertama bisa karena kamu keliru di tahap ini. Untuk menghindarinya, cobalah lihat form pendaftaran pada aplikasi dengan cermat. Pastikan semua data sudah di isi dengan benar, sehingga kamu dapat langsung ke langkah berikutnya. Jika terjadi kesalahan pada proses pendaftaran, Nantinya kamu tidak akan dapat menggunakan aplikasi.

2. Tidak Menghidupkan Bluetooth atau Koneksi Internet

Perlu kamu ketahui, bahwa supaya dapat memakai aplikasi ini, Kamu harus mengaktifkan bluetooth dan juga terkoneksi internet. Karena fungsi dari Bluetooth ini untuk merekam informasi juga sebagai pertukaran data dengan HP lain. Dengan cara ini, maka kamu akan tahu, apakah kamu sedang dekat dengan orang yang terpapar virus corona atau tidak.

3. Aplikasi terdapat Bug Atau sedang Error

Karena aplikasi ini masih tergolong baru dan baru saja diluncurkan, tidak menutup kemungkinan jika aplikasi Pedulilindungi terdapat bug atau Error. Nah, jika memang demikian, kita harus menunggu developer memperbaikinya.

Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi yang Tidak Bisa Dibuka

Jika kamu mengalami masalah pada aplikasi ini, Cobalah kamu segera mengatasi masalah dengan tips berikut ini. Karena jika dibiarkan terus, Pasti akan mengganggu kamu.

Update Aplikasi

Masalah dapat terjadi karena kamu biasa saja belum mengupdate aplikasi ke versi yang terbaru. Jika kamu sudah memperbarui aplikasi  lewat play store biasanya dengan sendirinya akan pulih dan aplikasi bisa dipakai kembali. Caranya cukup pergi ke playstore, dan cari aplikasi tersebut. Jika terdapat tombol update, segara klik tombol tersebut. 

Tutup Aplikasi Lain yang Sedang Berjalan

Menutup Aplikasi Lagi Berjalan di ponsel Kamu, Mungkin kamu terlalu banyak membuka aplikasi di latarbelakang cobalah untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan. Bisa jadi, kamu tidak dapat membuka aplikasi PeduliLindungi dikarenakan banyak aplikasi berjalan bersamaan. Kerena, hal itu akan memakan banyak RAM Ponsel.

Hapus Semua Cache Aplikasi

Kamu juga dapat mencoba tips ini yakni menghapus cache. Cache yang sudah menumpuk bisa membuat berat sistem di aplikasi. coba hapus, nantinya aplikasi jadi ringan dan akan bisa dibuka.

Solusi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Jika kamu telah mencoba beberap cara di atas tetapi tidak berhasil, maka kamu dapat langsung mencoba untuk melapor ke orang yang mengurus aplikasi tersebut. Kamu dapat menghubunginya melalui Medsos yang sudah tersedia. Alamat bisa kamu dapatkan dibawah ini:
  • Instagram: PeduliLindungi.id
  • Twitter: PLindungi
  • Email: pedulilindungi@kominfo.go.id
  • Page Facebook: PeduliLindungi.id
Kamu dapat menghubungi Customer Service pedulilindungi dengan cara tulis alasan kamu yaitu aplikasi PeduliLindungi tidak dapat dibuka tunggu balasan dari CS. Manfaat dari aplikasi ini cukup banyak. Selain masyarakat dapat berpartisipasi, terdapat info penting tentang perkembangan Covid.
Demikianlah Artikel tentang tips dan solusi mengatasi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka. Semoga bermanfaat.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>