Cara Ampuh Menghilangkan Jejak dan Data Kamu di Internet!

Cara Ampuh Menghilangkan Jejak dan Data Kamu di Internet!
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Ada banyak alasan mengapa Kamu harus mempertimbangkan untuk menghapus data diri atau jejak digital Kamu. Pencurian data pribadi adalah hal yang paling merugikan. Penggunaan Internet secara ekstensif Ada banyak hal lain yang terkadang dapat dilakukan yang hanya meningkatkan kemungkinan kebocoran data pribadi. 

Siapa pun yang pernah menggunakan internet dapat yakin bahwa informasi pribadi tersebar di mana-mana secara online. Kamu dapat mencobanya di Google dengan nama Kamu. Setidaknya jejak Kamu akan muncul di akun email belanja online (termasuk data demografi dan pendidikan dll). Menyingkirkan itu bukanlah tugas yang mudah tetapi bukan tidak mungkin. Cara menghapus sebagian besar data pribadi Kamu dari Internet ini kami akan bahas pada artikel ini. 

Pengertian Tentang Jejak Digital

Sebelum masuk ke pembahasan admin akan menjelaskan tentang jejak digital. Jejak digital adalah jejak data yang didapat ketika seseorang memakai internet. Data ini bermula dari situs web yang dikunjungi, email yang dikirim, juga informasi yang dibagikan secara online. Jejak digital bisa berbentuk seperti Upload sebuah konten, aktivitas balasan pesan, komentar, aktivitas internet perbankan, dan lain-lain. Hal tersebut menjadi jejak digital yang memudahkan tersimpan secara permanen di internet.

Jenis Jejak Digital Internet

Tidak mungkin untuk sepenuhnya menghapus jejak digital dari Internet. Bagaimanapun yang paling penting adalah memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi secara online terungkap dengan cara yang berbeda. Ada dua jenis jejak digital. Berikut ulasannya:

✓ Jejak Digital Aktif : Jejak digital aktif adalah data atau informasi yang sengaja dibagikan pengguna melalui media sosial atau situs web. Contoh jejak digital aktif adalah mengisi formulir online atau memposting komentar di forum online saat mengirim email untuk mengunggah konten ke media sosial. Nama yang terdaftar atau informasi pribadi mungkin terkait dengan postingan yang diposting dan mudah untuk mendapatkan informasi tentang orang tersebut dari jejak digital mereka.

 Jejak Digital Pasif : Jejak pasif adalah informasi atau data yang dikumpulkan oleh pengguna tanpa sepengetahuan orang tersebut. Contoh Jejak pasif termasuk alamat IP rumah pengguna nama pengguna atau jenis perangkat yang digunakan. Sidik jari pasif biasanya digunakan untuk mendeteksi profil pelanggan mengunggah lampiran dan banyak lagi.

Cara Menghilangkan Jejak Digital di Internet

Cara Menghilangkan Jejak di Internet

Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan oleh pengguna teknologi adalah aspek keamanan. Ketika melakukan aktivitas di dunia maya, baik secara sadar maupun tidak, kamu telah meninggalkan jejak digital atau sering disebut sebagai digital footprint.

Salah satu aspek utama yang harus diperhatikan pengguna teknologi adalah keamanan. Apakah kita sadar jika beroperasi di dunia maya atau tidak kita sering meninggalkan sebuah sidik jari digital atau orang menyebutnya Digital footprint. Lalu bagaimana Cara menghapusnya? Baca penjelasannya sampai selesai

1. Hapus Semua Akun Media Sosial!

Ternyata kamu Tidak menyadari terlalu banyak akun online merupakan kerentanan yang dapat mengekspos begitu banyak data pribadi kita. Sering “dipaksa” untuk mendaftar atau Login memakai akun Google dan yang lain saat mengunjungi suatu website. Tanpa berpikir panjang, kamu langsung mendaftar. Juga semua akun media sosial mulai dari facebook, Instagram atau Twitter. Contoh adalah facebook sering sekali kita menemukan akun yang terkunci oleh pihak facebook lalu cara untuk membukanya yaitu dengan mengunggah identitas (KTP). 

Nah mulai sekarang, kamu dapat mengeleminasi banyak akun kamu yang sudah tak digunakan lagi. Contohnya akun Facebook lama.

2. Hapus Data di Website Lowongan Kerja!

Agen basis data seperti website Lowongan Kerja dapat mengumpulkan informasi dari catatan publik. Perantara data sekunder seperti Spokio mengumpulkan informasi dari perantara utama dan biasanya menambahkan data yang dikumpulkan dari jejaring sosial dan sumber online lainnya. Membiarkan informasi ini dikirimkan melalui Internet sangat berbahaya. 

Para Troll dapat menyalahgunakan nama nomor telepon alamat atau akun online. Jika Kamu ingin menghapus informasi pribadi Kamu dari situs perantara data kamu perlu menghubungi mereka dan meminta penghapusannya.

3. Hapus Akun Belanja Online!

Marketplace juga menyimpan banyak data tentang pelanggannya. Setiap situs yang Kamu beli akan menyimpan beberapa catatan dan informasi pribadi Kamu jadi harus mengunjungi semua situs seperti Amazon, eBay, Tokopedia, BukaLapak, Shopee dan semua situs tempat Kamu membuat dan menghapus akun tersebut. Banyak Marketplace tidak memiliki tautan untuk menghapus akun kamu dimana pun di situs web mereka. Jika Kamu tidak dapat menemukannya silakan hubungi layanan pelanggan dan nonaktifkan serta hapus akun.

4. Hapus Semua Postingan, Komentar pada Forum Diskusi

Jika telah mencapai titik sekarang kehadiran data online Kamu mungkin sangat sedikit info yang didapat. Namun jangan lupa bahwa semua yang kamu tinggalkan di situs forum dalam bentuk komentar diskusi dan postingan forum. Hal ini akan menjadi yang paling sulit untuk dihilangkan. Tidak ada cara standar untuk menghapus komentar dari forum jadi satu-satunya pilihan yang layak adalah menghubungi pemilik situs atau administrator situs menghapus konten.

5. Hapus Semua Akun Email!

Proses ini sulit karena email masih menjadi alat komunikasi paling populer di dunia dan alamat email digunakan untuk semua jenis transaksi digital termasuk perbankan online. Namun jika Anda benar-benar ingin Hilang dari intrenet Kamu harus hapus akun email dan tidak akan dibuka kembali. Disinilah menghapus diri kamu dari internet menjadi sangat sulit karena hampir semua orang membutuhkan akun email untuk hidup di abad ke-21. tetapi kamu bisa menghapus beberapa saja dan pakai salah satu email untuk koneksi ke Internet. 

Apalagi jika kamu pengguna Android sangat penting untuk menggunakan minimal 1 akun Gmail agar smartphone kamu berfungsi dengan baik. Bagaimanapun Untuk menghapus data diri dari internet adalah salah satu konsekuensi yang berat karena di era digital saat ini membutuhkan internet.

Demikianlah Cara Ampuh untuk Menghilangkan Jejak dan Data Kamu di Internet. Semoga artikel ini bermanfaat jika ada tambahan tentang cara menghilangkan jejak di internet kamu bisa menambahkannya dibawah melalui kolom komentar ya.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>