✔ Cara Mudah Memblokir Konten Dewasa di YouTube dan Chrome Android

✔ Cara Mudah Memblokir Konten Dewasa di YouTube dan Chrome Android
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Cara memblokir situs di android tanpa aplikasi memang banyak dicari sekarang ini. Perkembangan teknologi informasi dan internet memang sudah tidak bisa dibendung lagi. Semua orang menggunakan internet untuk berbagai keperluan mulai dari kebutuhan bersosialisasi, keperluan pekerjaan, keperluan bisnis, dan sebagainya.   Bagi sebagian besar orang hadir yang internet sangatlah membantu.

Akan tetapi, dibalik kemudahan mengakses  berbagai informasi tersimpan  juga dampak negatif dari semakin mudahnya memakai internet. Salah satunya, kemudahan untuk menyaksikan berbagai konten dewasa yang tidak sesuai dengan umur.  Bagi mereka yang memiliki anak kecil tentu ini akan menjadi  perhatian tersendiri.


Semua orang tua tidak ingin anaknya dapat dengan mudah mengakses berbagai konten dewasa baik itu di YouTube maupun Chrome Android. Dikhawatirkan, jika anak mudah mengakses berbagai tayangan yang tidak sesuai umur, akan berdampak pada psikologis.  Bahkan, mungkin menirunya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu,  orang tua wajib mengetahui bagaimana cara memblokir konten dewasa.

Cara Memblokir Konten Dewasa Di Youtube Android

YouTube memang menjadi sebuah aplikasi video paling populer sekarang ini. Berbagai video menarik memang dapat dilihat dengan mudah termasuk oleh anak-anak. Akan tetapi, di dalamnya juga Banyak tersimpan video yang tidak sesuai umur. Terlebih lagi, jika ternyata history handphone pernah digunakan oleh orang dewasa. Untuk memblokir konten dewasa di aplikasi YouTube caranya mudah, yaitu dengan langkah-langkah berikut:
  • Bukalah aplikasi YouTube dan kemudian login menggunakan akun yang biasa digunakan dalam mengaksesnya.
  • Pilih tanda tiga titik atau icon yang terletak di sudut kanan atas.
  • Masuklah ke menu setting atau pengaturan dan kemudian pilih opsi general atau umum.
  • Berikutnya Anda harus mengaktifkan restricted mode.
Setelah melakukan pengaturan di settingan umum, Anda bisa mengaktifkan restricted mode atau yang disebut mode terbatas. Pastikanlah sudah dinyalakan dengan melihat warnanya menjadi biru.  Saat mode restricted ini menyala maka berbagai konten dewasa akan secara otomatis terblokir dan  tidak akan muncul saat mencarinya

Cara Memblokir Situs di Chrome Android

mungkin anda sekarang ini menggunakan Google Chrome sebagai peramban bawaan untuk menjelajahi internet. Seringkali, penggunanya mengakses berbagai situs dewasa dan ketika perangkat dipinjam oleh anak, maka   beresiko pula untuk melihat berbagai situs tersebut.  Oleh karena itu, di Google Chrome sebaiknya juga dipasang  ekstensi yang bisa memblokir aneka konten dewasa tersebut.

Cara blokir website di hp android dengan bantuan ekstensi bisa anda lakukan sebagai berikut:
  • Bukalah browser Google Chrome yang ada di perangkat anda
  • Berikutnya, kunjungi link berikut ini: https://chrome.google.com/webstore/detail/block-site-website-blocke/eiimnmioipafcokbfikbljfdeojpcgbh
  • Berikutnya, Anda bisa menambahkan block site ke Google Chrome
  • Di halaman berikutnya, Anda bisa Klik tombol agree atau setuju.
  • Anda bisa mengatur block site. 
  • Di halaman block site, Anda dapat memasukkan apa saja situs yang hendak diblokir.
  • Berikutnya, Tekan enter lagi dan input nama situs yang diblokir.
  • Berikutnya, Anda bisa melakukan pengaturan pada pilihan lain dan setelah itu Bukalah website yang diblokir tersebut.
Maka, Anda tidak akan bisa mengaksesnya dan muncul notifikasi bahwa situs tersebut masuk kedalam daftar blokir yang sudah dibuat sebelumnya.

Cara Memblokir Konten Dewasa Di Handphone Android Lewat Browser

Ada juga langkah lainnya cara memblokir situs yang tidak diinginkan.  Langkah-langkahnya:
  • Pertama, Anda dapat memasukkan atau mengetikkan kata apa saja pada Kolom pencarian Browser di handphone Android.
  • Setelah hasilnya terbuka, maka anda bisa Klik tiga titik  yang ada di sebelah sudut kanan bawah. Berikutnya, bisa memilih mana pengaturan dan kemudian klik general.
  • Anda dapat mencari menu  pencarian aman atau safe search.  Klik untuk mengaktifkan fitur tersebut
  • Maka, pengaturan sudah berhasil dilakukan
  • Untuk memastikan cara memblokir situs di hp berhasil atau tidak, Anda dapat mengetikkan suatu hal yang berhubungan dengan konten dewasa.  Hasilnya akan sangat jauh berbeda ketika fitur ini diaktifkan dan ketika dinonaktifkan.  Cara ini sebenarnya memang tidak 100% memblokir konten dewasa karena ada juga yang bisa lolos.
  • Namun setidaknya berbagai konten tidak layak ditonton untuk anak, bisa terfilter lewat Google secara otomatis.  Dengan begitu, anak-anak akan lebih aman dan nyaman meskipun bermain internet atau menonton video YouTube.

Melaporkannya Ke Pihak Google

Ada juga cara memblokir kata di pencarian google seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Ada cara lain di mana mana anda bisa melaporkannya langsung ke pihak Google.  Selanjutnya, dari pihak Google akan berusaha supaya konten ini dihapus.

Menggunakan Aplikasi Pemblokir Konten Dewasa

Cara berikutnya Anda bisa lakukan dengan menginstal aplikasi pemblokir konten dewasa ke handphone. Ada beberapa nama yang dinilai efektif  serta mudah  Di Dalam penggunaannya. Berbagai aplikasi tersebut antara lain blokada, clean browsing,  ESET parental control, pure web, dan juga bisa menggunakan blocker x. Aplikasi tersebut bisa diperoleh secara gratis di Play Store.  Akan tetapi, jika ingin semakin meningkatkan manfaatnya bisa membeli versi premium.   Dalam versi ini sudah tersedia fitur password dan dapat memblokir berbagai situs negatif.  Selain itu, dilengkapi juga dengan password.


Itulah informasi mengenai cara blokir video tertentu di YouTube.  Dengan menerapkan langkah-langkah diatas, dan mempraktekkannya secara benar ke handphone Android,  maka anak Anda akan terhindar dari berbagai tayangan yang tidak pantas disaksikan. Semoga apa yang telah kami sampaikan diatas, bisa dilakukan dan bermanfaat.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>