Kamu Harus Tahu ! Pengertian, Penjelasan Tentang Hardware Dan Software

Kamu Harus Tahu ! Pengertian, Penjelasan Tentang Hardware Dan Software
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Apakah Kamu sudah memahami apa itu antara pengertian hardware dan software beserta contohnya ? Kedua hal ini memang sangat terkait erat di dunia komputer. Adanya perangkat tersebut akan memberikan fungsi sesuai dengan kegunaannya. Banyak perangkat hardware yang juga memerlukan software untuk bisa dioperasikan, demikian juga sebaliknya. Ini menunjukkan bahwa kedua komponen tersebut saling terkait erat dan membutuhkan satu dengan yang lain. 

Walaupun cukup terdengar umum di telinga kita, akan tetapi ternyata banyak orang yang belum mengetahui Apa itu hardware dan software. Bahkan, mungkin Kamu juga termasuk salah satu yang belum memahaminya? Oleh karena itu pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai perbedaan diantara keduanya serta contoh hardware dan software.

Pengertian Hardware

Penjelasan hardware dan Software

Hardware adalah komponen ataupun perangkat yang ada di komputer, handphone ataupun berbagai perangkat elektronik yang lainnya. Hardware dapat diamati secara kasat mata karena bentuknya berupa benda fisik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hardware merupakan komponen komputer yang dapat diamati secara riil.

Fungsi Hardware

Hardware memiliki sejumlah fungsi. Pertama, hardware akan berfungsi untuk menerima input. Berikutnya, fungsi input tersebut akan dilanjutkan ke tahapan pengolahan informasi yang bentuknya bisa berupa data. Setelah memperoleh proses menerima informasi dan data, berikutnya akan diolah. 

Tahap pengolahan ini akan memerlukan waktu relatif lama. Namun, saat sebuah hardware memiliki spesifikasi yang tinggi, proses pengolahan data tersebut dapat dilakukan dengan lebih cepat. Berikutnya, hasil data bisa diamati oleh user dan kemudian tersimpan di komputer maupun perangkat lain. 

Tujuan hardware yaitu agar mempermudah file maupun data untuk diolah. Semua bidang pekerjaan di masa sekarang ini yang terkait dengan elektronik, memakai hardware dimana spesifikasinya tergantung dari kebutuhan. Di sini, setiap perangkat akan melakukan segala fungsinya secara tepat.

Jenis-jenis Dan Contoh Hardware

Jenis hardware terbagi menjadi beberapa item dilihat dari segi fungsinya. Perangkat masukan disebut dengan input device, pemrosesan data disebut dengan proses device, sedangkan untuk perangkat keluaran disebut dengan output device. Ada juga perangkat penyimpanan maupun perangkat tambahan lainnya yang dinamakan peripheral. 

Contoh hardware dan fungsinya masing-masing perangkat hardware antara lain sebagai berikut:
  1. Perangkat masukan (input) misalnya ada keyboard, microphone, scanner, webcam, dan lain-lain.
  2. Perangkat pengolah data (prosesing) contohnya adalah VGA, power supply, atau RAM.
  3. Perangkat keluaran (output) contohnya adalah monitor, speaker, proyektor, atau printer. 
  4. Perangkat penyimpanan (storage unit) contohnya antara lain flashdisk, hardisk, memory card.
  5. Perangkat tambahan (peripheral) contohnya adalah modem yang digunakan untuk terkoneksi dengan internet.

Pengertian Software

Pengertian Hardware Dan Software

Software atau perangkat lunak adalah komponen penting pada sistem komputer maupun handphone. Wujudnya sendiri adalah program maupun aplikasi yang digunakan untuk menjalankan perintah sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.

Software yang dioperasikan akan memberikan perintah kepada hardware (perangkat keras) untuk menjalankan tugasnya. Akan ada output yang dihasilkan mulai dari berbentuk gambar, video, file, maupun tulisan.

Jenis-jenis Software

Seperti yang diketahui bahwa fungsi utama software atau perangkat lunak adalah menjadi penghubung antara hardware dengan penggunanya.  Akan tetapi, ternyata dalam aplikasinya software masih dibagi-bagi lagi. Terdapat dua jenis klasifikasi perangkat lunak yaitu didasarkan atas jenis dan atas distribusinya.

Pembagian Software Berdasarkan Jenisnya

Dilihat dari jenisnya, apa itu software dan contohnya terbagi menjadi beberapa macam yaitu sebagai berikut:
  1. Sistem operasi / operating system. Ini merupakan software yang punya fungsi dalam mengkoordinasikan semua komponen yang ada di handphone maupun komputer. Contoh operating system ini antara lain Android, ios, linux,  Windows, dan sebagainya.
  2. Programming language atau bahasa pemrograman. Software ini mempunyai fungsi dalam memberikan perintah ketika mendefinisikan sebuah program. Contoh jenis perangkat lunak ini antara lain PHP, Java,  Microsoft Visual Basic dan sebagainya.
  3. Application program atau program aplikasi. Perangkat lunak ini adalah yang paling sering dipakai.  Fungsinya yaitu agar semakin mempermudah  penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas.  Contoh program aplikasi tersebut mulai dari Microsoft Office, Photoshop,  atau program editor gambar maupun kata lainnya.

Pembagian Software Berdasarkan Distribusinya

Dari distribusinya, contoh software aplikasi dan fungsinya dibedakan menjadi beberapa macam yaitu sebagai berikut:
  1. Freeware. Freeware  pengertian yang merupakan perangkat lunak yang dapat dipakai secara gratis. Penggunaannya sendiri tidak  berbayar serta bisa digunakan selamanya. Akan tetapi, pada umumnya memang fiturnya tidak terlalu lengkap.
  2. Adware. Pengertian adware  Sebutkan software yang dapat digunakan secara gratis, namun  terdapat iklan di dalamnya  yang sengaja ditambahkan oleh si pembuat program.
  3. Spyware.  Spyware merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan memata-matai pengguna  komputer yang hendak diamatinya.
  4. Open source. Pengertian open source adalah  software yang punya kebebasan dimana kode sumbernya dapat dibuka, dapat ditingkatkan, dan juga disebarluaskan oleh siapapun.  Pada umumnya, perangkat lunak ini bisa diperoleh secara gratis untuk kemudian dikembangkan menggunakan lisensi GPL.
  5. Shareware.  Pengertian shareware adalah perangkat lunak yang biasanya dipakai untuk membagikan file secara gratis.
Penjelasan yang sudah  sebelumnya, tentu pemahaman Kamu mengenai perbedaan hardware dan software menjadi lebih baik. Hal mendasar tentu saja dari segi fisiknya.  Hardware bisa diamati dan dipegang secara langsung sedangkan software tidak demikian.

Fungsi software sendiri yaitu menjadi penghubung antara user dan hardware. Keduanya juga memiliki tujuan masing-masing. Segala fungsi hardware maupun software ada banyak sehingga untuk pemakaiannya saat digabungkan akan menghasilkan informasi atau data yang yang berguna.

Kesimpulannya, ada banyak perbedaan software dan hardware serta fungsi dan spesifikasinya yang penting dipahami.  Dalam penggunaannya,  keduanya terus mengalami perkembangan.  Manfaat secara luas akan diperhitungkan sehingga  penggunanya akan sangat terbantu.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>