12+ Plugins Wordpress Terbaik untuk Meningkatkan SEO Website 2022

12+ Plugins Wordpress Terbaik untuk Meningkatkan SEO Website 2022
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Jika Kamu Memiliki website dengan CMS WordPress, maka Kamu harus tahu betapa pentingnya Beberapa plugin yang bagus untuk produktivitas. Karena ada beberapa tools yang dirancang untuk meningkatkan website mulai dari penanganan media, fitur  keamanan sampai SEO dan banyak lagi. Kamu dapat memiliki plugin yang kamu suka, secara teori jangan berlebihan untuk menginstallnya. 

Aturan praktis yang baik adalah menjaga jumlah plugin seminimal mungkin. Dalam panduan WordPress default, menjelaskan bahwa batas install plugin adalah sekitar 10 saja. Ini tidak berarti bahwa ada website yang mempunyai 12 atau 13 plugin berbarti buruk. Jadi kamu harus melakukan pemilihan terbaik untuk instalasi plugin dengan kebutuhan.

Perlu diingat bahwa semakin sedikit plugin yang Kamu punya, Maka semakin sedikit pemecahan masalah yang harus kamu lakukan ketika ada yang tidak beres di Website. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menghindari beberapa plugin yang melakukan fungsi yang sama. Plugin tersebut bisa saja berkonflik dan menyebabkan masalah

Kumpulan Plugins Wordpress Terbaik untuk SEO

Terdapat begitu banyak plugin diluaran sana mungkin kamu sulit untuk memilih. Untuk membantu kamu, Admin telah menyusun daftar plugin yang penting untuk meningkatkan kualitas website. Tetapi sebelumnya kamu juga bisa membaca tentang artikel yang sudah kami tulis yakni Plugin Keamanan untuk Wordpress Terbaik dan inilah Wordpress Plugins untuk SEO :

1. Akismet Spam

Menurut developer Akismet, Plugin ini dapat memeriksa komentar dan pengiriman formulir kontak di situs terhadap database spam global yang mereka punya. Jika plugin menemukan kecocokan, secara otomatis menandainya sebagai spam, sehingga mencegah situs web Kamu menerbitkan konten berbahaya. Ini bisa menghemat jam kerja kamu untuk memerangi spambots. Bot ini memposting komentar yang sama di jutaan situs web, biasanya situs web iklan yang tidak ada hubungannya dengan blog Kamu.

Komentar spam juga dapat merusak SEO karena situs web akan secara otomatis mengarahkan tautan ke situs web yang mencurigakan. Sangat mudah untuk tetap terlindungi dari serangan ini hanya dengan memasang Plugin Akismet. Setelah Kamu menambahkannya ke situs web WordPress, Lalu kamu hanya perlu mengaktifkannya. Plugin Akismet memiliki peringkat rata-rata 4,7 bintang dari 5 dari 926 ulasan.

2. WordFence Security

Menurut PurpleSec, kejahatan cyber naik 600% yang mengejutkan karena pandemi COVID-19. Cara yang bagus untuk melindungi instalasi WordPress kamu adalah dengan menambahkan plugin keamanan. 

Wordfence adalah plugin keamanan terbaik untuk WordPress. Karena sebagian besar pengguna WordPress menggunakannya, termasuk banyak yang memberikan umpan balik tentang bug dan fungsionalitas plugin. Sehingga memastikan bahwa plugin terus diperbarui dan menjadi lebih baik dengan setiap versi terbaru.

Wordfence membantu kamu mencegah Hacker mengeksploitasi situs dengan memeriksa file yang terdapat kerentanan, memindai situs secara real-time untuk mendeteksi malware, memantau siapa yang mengakses situs, memblokir IP yang buruk, dan banyak lagi. WordFence memiliki peringkat rata-rata 4,7 bintang dari 5 dari 3.737 ulasan.

3. WP Cerber

WP Cerber Security menggabungkan fungsi Akismet dengan WordFence. Jika kamu menginginkan rangkaian lengkap fitur keamanan di bawah plugin yang sama, maka WP Cerber mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Cerber adalah solusi anti-spam yang mudah diatur dan mudah dipakai seorang admin untuk melindungi formulir kontak dan form pendaftaran. Cerber Security dibuat dengan mesin anti-spam Cerber yang sama kuatnya yang melindungi bagian komentar di situs web populer seperti Slashdot, Reddit, Digg, dan lainnya. Plugin ini melindungi website dari spam komentar dengan hanya mengizinkan komentar dari pengguna terdaftar saja. Cerber Security menawarkan verifikasi formulir tantangan Captcha opsional untuk lebih melindungi terhadap bot.

Keamanan Cerber CAPTCHA adalah teknologi anti-spam paling akurat di industri yang saat ini memiliki fungsi untuk menghilangkan pendaftaran spam dan melindungi formulir kontak dari serangan otomatis seperti pemanen email dan bot. WP Cerber memiliki peringkat rata-rata 4,9 bintang dari 5 dari 554 ulasan, yang menjadikannya salah satu yang terbaik dalam kategorinya.

4. Yoast

Plugins Wordpress untuk Meningkatkan SEO Website


Jika tadi kita membahas tentang keamanan website, Sekarang saatnya melihat beberapa plugin SEO Wordpress terbaik. Yoast adalah plugin WordPress SEO yang paling lengkap. Plugin ini bisa menangani semua aspek juga mengoptimalkan SEO kamu untuk mesin pencari, termasuk penelitian kata kunci, deskripsi meta, judul, dan banyak lagi. Yoast membantu Kamu membuat situs web menjadi mudah diakses oleh manusia dan mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo.

Yoast menyediakan alat yang kamu butuhkan untuk mengoptimalkan konten di halaman Website, termasuk analisis halaman, kotak meta langsung untuk setiap jenis posting, pratinjau cuplikan posting, dan cuplikan editor.

Jika Plugin Yoast SEO telah di install di situs, Kamu akan menjadi lebih mudah untuk menjalankan Trik SEO. Ini adalah salah satu plugin paling penting yang harus menjadi bagian dari Plugin penting WordPress yang kamu miliki. Yoast sejauh ini adalah plugin WordPress yang paling dinilai dengan peringkat rata-rata 4,8 bintang dari 5 dari 27.414 ulasan.

5. RankMath

Rankmath adalah generator konten algoritmik. Kamu dapat menggunakannya untuk membuat konten yang dioptimalkan untuk SEO sambil menghemat banyak waktu. Antarmuka sederhana RankMaths membantu kamu membuat artikel unik, posting blog, halaman, URL khusus untuk backlink, dan banyak lagi dalam hitungan menit.

Rankmath bisa memberikan saran kata kunci yang banyak berdasarkan pertanyaan populer. Kamu dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan ini apa pun atau menambahkannya ke kata kunci untuk membuat lebih relevan untuk algoritma Google. Selain itu, RankMath akan secara otomatis menghasilkan markup skema untuk mencakup semua jenis informasi termasuk lokasi, rincian kontak. RankMath memiliki peringkat rata-rata 4,9 bintang dari 5 dari 3.874 ulasan.

6. Newsletter Glue

Newsletter Glue adalah plugin WordPress yang langsung mengubah blog Anda menjadi Newsletter. Dalam waktu kurang dari 5 menit, Kamu dapat mengubah umpan blog menjadi buletin, segmentasi, dan menandai pelanggan sesuka kamu. Tidak diperlukan coding. Tidak perlu belajar. Ini adalah cara cepat untuk membuat buletin dari blog. 

Kamu bisa mendapatkan plugin secara gratis dan meng-upgrade setelah daftar email. Note jika saat ini kamu menggunakan Plugin Newsletter lain, Kamu perlu meningkatkan sebelumnya agar dapat memigrasikan daftar kontak kamu.

7. WooCommerce

Dibuat oleh tim di belakang WordPress, WooCommerce adalah solusi eCommerce terbaik dan fleksibel yang dapat membantu kamu membangun toko online. Karena dibuat ke dalam antarmuka WordPress, Kamu mendapatkan semua tools yang ada di WordPress Dan dengan mudah mengelola etalase dari dasbor WP. Dengan sistem yang unik, Kamu dapat memperluas WooCommerce untuk melakukan apa yang dibutuhkan untuk dilakukan. Kamu juga bisa menambahkan beberapa mata uang, berintegrasi dengan layanan lain, atau menggunakan template dan gaya khusus, WooCommerce siap membantu kamu.

WooCommerce mendapat manfaat dari komunitas besar di belakang WordPress. Ada lebih dari 30.000 template gratis premium yang tersedia di Envato Market untuk Kamu pilih. WooCommerce memiliki peringkat rata-rata 4,5 bintang dari 5 dari 3.804 ulasan.

8. UpdraftPlus

UpdraftPlus adalah plugin cadangan WordPress revolusioner yang menawarkan backup berkala, versi file dan banyak lagi. Hal lain yang penting untuk penyimpanan yakni tidak terbatas pada Updraft Vault, dilengkapi dengan pilihan pemulihan yang mudah, dan memberi kamu kemampuan untuk mengkloning situs web sesuai permintaan.

UpdraftPlus telah diuji di lebih dari 3 juta situs, menawarkan solusi Backup web WordPress terbaik untuk kamu. Untuk tingkat kekuatan dan keamanan perusahaan, ini memungkinkan penyimpanan tak terbatas di brankas cloud mereka yang aman. Dengan opsi pemulihan, UpdraftPlus sangat bagus untuk ahli maupun pemula.

Dengan Backup secara berkala, Data kamu akan selalu aman. Jika situs terjadi crash, dihack atau kamu secara tidak sengaja menghapus sesuatu yang tidak dapat dipulihkan dari blog / situs web maka kamu dapat dengan mudah memulihkannya kembali! UpdraftPlus memiliki peringkat rata-rata 4,8 bintang dari 5 dari 5.589 ulasan.

9. WP Super Cache

WP Super Cache adalah plugin caching untuk WordPress. Memudahkan kamu membuat file HTML statis dari blog WordPress. Setelah file HTML dihasilkan, server web akan melayani file dan memproses skrip PHP WordPress awal yang relatif lebih berat.

Plugin memiliki mode ‘cache cepat’ yang dapat kamu gunakan untuk menguji dampak caching pada kinerja situs. Opsi ini menonaktifkan kompresi cache dan dukungan gzip, tetapi memudahkan kamu untuk melihat seberapa cepat halaman dimuat tanpa fitur ini diaktifkan. WP Super Cache memiliki peringkat rata-rata 4,2 bintang dari 5 dari 1.278 ulasan.

10. ManageWP

Plugin ini dirancang untuk seorang administrator yang menginstal beberapa WordPress. Jika kamu mengelola beberapa situs web, Kamu harus mencoba ManageWP. Dengan ManageWP kamu dapat masuk ke semua situs dari satu dasbor. Jadi tidak perlu beralih dari satu situs ke situs lain untuk memeriksanya. ManageWP memiliki arsitektur berbasis cloud sehingga kamu dapat mengelola situs web secara instan dimanapun kamu berada. Ini bukan hanya menghemat waktu, tetapi juga menghemat tenaga.

ManageWP menyelesaikan tugas rutin secara otomatis untuk menghemat waktu, tenaga dan uang. Ini memudahkan kamu melakukan keamanan rutin, pembaruan plugin, pembersihan basis data, pembersihan spam, dan banyak lagi. ManageWP memiliki peringkat rata-rata 4,7 bintang dari 5 dari 603 ulasan.

11. All-in-One WP Migration

Plugin ini adalah alat terbaik untuk mereka yang ingin melakukan migrasi cepat dari situs web dengan mudah. Jadi memudahkan kamu untuk migrasi situs dari satu layanan hosting ke layanan hosting lainnya, dari shared hosting ke VPS, dari VPS ke cloud hosting, atau bahkan dari shared hosting ke cloud hosting.

Plugin ini telah diuji secara ekstensif dan dikonfirmasi kompatibel dengan sebagian besar plugin dan tema WordPress. Jadi jika kamu memutuskan untuk meningkatkan paket hosting atau hanya memindahkan situs web kamu ke penyedia hosting lain dan gunakanlah All-in-One WP Migration. All-in-One WP Migration memiliki peringkat rata-rata 4,6 bintang dari 5 dari 6.836 ulasan.

12. Jetpack

Plugin keamanan gratis Jetpack membantu mencegah serangan berbahaya seperti serangan brute force (ketika hacker mencoba masuk ke situs kamu dengan mencoba ribuan kombinasi kata sandi), spam (seperti spam komentar, yang dapat merusak reputasi situs).

Jetpack Security juga menyediakan cadangan data yang mudah digunakan yang memudahkan kamu memulihkan situs dalam hitungan menit jika diretas. Jetpack memiliki peringkat rata-rata 3,9 bintang dari 5 dari 1.675 ulasan

13. BuddyPress

BuddyPress adalah plugin jejaring sosial untuk WordPress yang memudahkan kamu mengubah instalasi WordPress menjadi situs web komunitas yang berfungsi penuh. BuddyPress memiliki fungsi populer yang ditemukan di situs jejaring sosial, termasuk profil pengguna, aliran aktivitas, grup pengguna, pesan pribadi, acara, forum, grup, dan banyak lagi. 

Dengan plugin BuddyPress yang dapat diinstal di WordPress siapa pun kini dapat dengan mudah membuat situs jejaring sosial. Plugin ini hadir dengan antarmuka yang sangat sederhana dan sangat mudah dipasang. BuddyPress memiliki peringkat rata-rata 4,2 bintang dari 5 dari 344 ulasan.

14. Elementor

Plugin untuk membuat situs web drag-and-drop Elementor memberdayakan siapa pun untuk merancang, mengembangkan, dan meluncurkan situs lebih cepat dari sebelumnya. 

Apakah Kamu seorang desainer web yang mencari cara untuk membuat situs web yang sempurna atau kamu developer yang ingin memperluas kemampuan, pembuat situs web Elementor memiliki apa yang kamu butuhkan editor drag-and-drop intuitif, fitur desain canggih, dan memakai open-source penuh. Elementor memudahkan untuk membuat situs web responsif yang keren dan hanya dalam beberapa menit yang menampilkan toolset.

Plugin menawarkan semua yang kamu butuhkan untuk membuat sesuatu yang benar-benar istimewa: drag-and-drop editor, unlimited colors dan fonts, Google Fonts, responsive behavior out of the box, ditambah semua fitur yang keren seperti: latar belakang paralaks, slider, dan galeri, fungsi blog dan banyak lagi. Elementor memiliki peringkat rata-rata 4,7 bintang dari 5 dari 5.995 ulasan.

Kesimpulan

Daftar yang kami tulis tadi adalah inti dari Plugins Wordpress Terbaik untuk Meningkatkan SEO Website. Yang Kamu butuhkan hanyalah beberapa plugin utama yang memudahkan website menjadi sempurna dan membuat website berjalan lebih cepat, lalu menampilkan konten dengan cara sebaik mungkin.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>