Solusi dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka (Error)

Solusi dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka (Error)
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Informasi tentang kenapa WhatsApp tidak bisa dibuka di komputer atau handphone, sekarang ini memang banyak dicari karena ada yang mengalaminya. Mungkin Kamu juga pernah mendapati kondisi demikian tanda tanya ingin membaca pesan namun ternyata saat membuka aplikasi tidak muncul juga. Sebagai aplikasi perpesanan atau chatting yang paling populer sekarang ini, WhatsApp messenger memang seolah-olah sangat penting untuk kehidupan sosial sekarang. Berbagai aktivitas mulai dari pekerjaan, sekolah, maupun bisnis banyak yang mengandalkan aplikasi ini. 

Tentunya akan sangat menjengkelkan sekali apabila Kamu tidak bisa membuka whatsapp. Ternyata, ada banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi Kenapa aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka. Dalam artikel kali ini kami akan menjelaskannya untuk Kamu. 

Apa Saja Penyebab Whatsapp Tidak Bisa Dibuka?

Ternyata, ada banyak faktor yang membuat masalah pada whatsapp, misalnya WhatsApp tidak bisa dibuka setelah update  Berikut ini adalah masalah lainnya:

Handphone Sudah Tidak Mendukung

Penyebab pertama kenapa handphone Android maupun iPhone tidak bisa membuka aplikasi WhatsApp karena sistemnya sudah tidak support. Seperti yang dipahami, Handphone memiliki sistem operasi yang selalu diperbaharui. Sekarang ini, spesifikasi untuk bisa memakai WhatsApp yaitu paling tidak Android 4.1 serta ios 10. Jadi, ketika Kamu tidak bisa membuka whatsapp maka pastikan terlebih dahulu handphone support atau segeralah memperbaruinya jika terdapat update.

Aplikasi Yang Sudah Kadaluarsa

Penyebab berikutnya antara lain karena WhatsApp yang dipakai sudah versi lama atau kadaluarsa. Memang, dalam beberapa waktu WhatsApp senantiasa melakukan update untuk membuat aplikasinya semakin sempurna dan terhindar dari bug. Karena versinya sudah tertinggal, akhirnya WhatsApp tidak bisa digunakan untuk chatting maupun video call. Oleh karena itulah, Kamu harus senantiasa update aplikasi ini ke yang terbaru.

Koneksi Internet Bermasalah

Selain sejumlah penyebab di atas, kenapa  Whatsapp tidak bisa dibuka setelah update adalah karena koneksi internet bermasalah atau lemot. Oleh karena itulah, ketika menggunakan aplikasi WhatsApp pastikan koneksi internet Kamu stabil paling tidak 3G atau 4G. Dengan demikian, kebutuhan Kamu menggunakan aplikasi ini berjalan lebih lancar. 

Cache Yang Menumpuk

Cache yang menumpuk di aplikasi juga bisa membuat WhatsApp tidak bisa dibuka. Semakin banyak penumpukan saat ini maka menjadikan aplikasi semakin berat dan akhirnya tidak bisa dipakai.

Memori Sudah Penuh

Penyebab WhatsApp bermasalah juga bisa karena memori yang sudah penuh baik itu penyimpanan internal maupun di kartu SD. Terlebih lagi, jika memori handphone Kamu terbatas maka sebaiknya rajin-rajin menghapus file yang tidak diperlukan. Kamu harus memastikan memori tidak terlalu penuh ketika memang menjadikan aplikasi WhatsApp berjalan lancar.

Masalah pada aplikasi WhatsApp Web

Penyebab tidak bisa dibuka, bisa jadi karena memang sedang bermasalah atau error. Jika memang terjadi, Kamu dapat melakukan force closed. Tunggulah beberapa saat dan kemudian coba buka kembali aplikasinya. Mungkin Kamu juga menemui kendala yaitu WhatsApp web yang tidak bisa digunakan di PC. Informasi tentang bagaimana cara unlock WhatsApp web harus Kamu cari untuk mengatakan. WhatsApp web menjadi media yang juga banyak digunakan terutama dalam pekerjaan maupun bisnis. 

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka

Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka


Setelah mengetahui berbagai penyebab kenapa aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka, banyak pertanyaan juga misalnya kenapa Whatsapp dan Instagram hari ini?. Biasanya pertanyaan tersebut dicari jawabannya ketika penggunanya kesulitan mengakses aplikasi ini. Berikut ini langkah yang dapat Kamu lakukan untuk menyiasatinya: 

Melakukan Pembaharuan Sistem Operasi

Solusi pertama yaitu dengan melakukan update terlebih dahulu pada aplikasi WhatsApp. Jika setelah dicoba tetap tidak bisa, maka cobalah untuk memperbaiki sistem operasi sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Menghapus Cache

Berikutnya, Kamu juga bisa menghapus cache dengan masuk ke menu pengaturan. Berikutnya, pilih aplikasi dan pilih WhatsApp. Selanjutnya hapus cache dan lakukan hal ini secara berkala supaya tidak menumpuk. 

Menghapus Data Di Aplikasi

Kamu juga dapat menghapus data aplikasi terlebih dahulu jika mendapati WhatsApp tidak bisa dibuka karena memori penuh. Caranya hampir sama dengan menghapus cache, namun kali ini yang dipilih adalah hapus data. Namun, memang konsekuensinya history chat Kamu akan hilang dan harus login ulang. 

Merestart Handphone

Salah satu masalah yang ditemukan juga adalah kenapa video di whatsapp tidak bisa dibuka. Apabila kendala terjadi karena memori yang tengah berjalan, Kamu dapat melakukan restart handphone. Ini dilakukan supaya sistem tersebut kembali dan membuat aplikasi WhatsApp dia dibuka.

Mencari Lokasi Sinyal Yang Lebih Baik

Berikutnya, mungkin wa tidak bisa telepon menjadi masalah yang dihadapi. Kamu juga bisa mencari lokasi sinyal yang lebih baik dengan berpindah tempat. Jika memang ternyata masalahnya ada pada operator maupun lokasi yang tidak terjangkau, sebaiknya mengganti provider dengan yang kuat sinyalnya di daerah Kamu. Sinyal lemah bisa membuat kebutuhan penggunaan aplikasi WhatsApp tidak maksimal. 

Melakukan Factory Reset

Jika misalnya terjadi aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka dan diikuti oleh berbagai aplikasi lain yang bermasalah, bisa jadi smartphone terkena virus. Solusinya yaitu dengan melakukan factory reset atau pengaturan ulang pabrik. Pada setiap handphone mungkin berbeda-beda, namun biasanya terdapat di menu pengaturan dan kemudian pilih kembalikan ke setelan pabrik. 

Menginstal Ulang Aplikasi

Kenapa Wa tidak bisa mengirim pesan padahal jaringan bagus? Juga menjadi problem yang kerap dialami. Ini ada kemungkinan Kamu yang harus menginstal ulang aplikasi nya jika semua kondisi baik-baik saja namun tetap tidak bisa membuka Aplikasi. Kamu dapat menghapus aplikasi terlebih dahulu. Selanjutnya, masuk ke play store dan pasang aplikasi baru paling update. Dengan cara ini, tentu data-data history chat juga akan terhapus jika tidak dicadangkan.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah WhatsApp tidak bisa dibuka. Sosial media ini memang sangat dibutuhkan termasuk oleh Kamu untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Kami harapkan dengan sejumlah cara di atas, bisa membantu mengatasi problem Kamu. Semoga bermanfaat ! 

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>