Mendekati Masa Persalinan, Inilah Pesiapan Mental yang Perlu Anda Lakukan


Melahirkan bukanlah suatu hal yang mudah dan dianggap sepele. Meskipun sebagai moment paling ditunggu dalam kehidupan rumah tangga, namun moment persalinan ini banyak membuat ibu hamil merasa tidak tenang. Bahkan, memasuki usia kehamilan tua atau menjelang persalinan, banyak ibu hamil yang merasa takut dan khawatir dengan proses persalinannya nanti.

Ketakutan dan kekhawatiran yang dialami tersebut adalah hal yang wajar, apalagi ini ini merupakan persalinan pertama yang akan Anda lakukan. Namun, kekhawatiran dan ketakutan yang Anda alami tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena bisa memberikan pengaruh buruk pada kesehatan janin dalam kandungan. Agar terhindar dari perasaan takut menghadapi persalinan, Anda perlu melakukan persiapan mental menghadapi persalinan dengan matang.




Persiapan  Mental Menghadapi Persalinan

Tak hanya mempersiapkan fisik yang fit dan bugar untuk menghadapi persalalinan kehamilan Anda. Namun, Anda juga perlu melakukan persiapan mental untuk menghindari perasaan takut saat persalinan tiba nanti. Bagaimana caranya? Berikut ini cara melakukan persiapan mental menghadapi persalinan.

1.    Lakukan relaksasi untuk menenangkan pikiran

Latihan relaksasi ini bisa Anda latih dengan mengikuti kelas persiapan melahirkan. Disana Anda akan bisa melakukan latihan yoga, meditasi, hingga senam hamil untuk mempersiapkan kesiapan fisik dan mental menghadapi kelahiran. Jika tubuh merasa rileks, maka akan mempengaruhi pikiran untuk rileks dan tenang.

2.    Pastikan pasangan siaga

Selanjutnya, agar Anda semakin tenang ketika mendekati proses persalinan, pastikan suami Anda selalu menemani dan siap setiap saat. Dengan didampingi suami atau keluarga dekat, Anda akan merasa lebih tenang dan aman ketika sesuatu terjadi pada Anda. Hadirnya suami pada proses persalinan juga memberikan dukungan positif kepada Anda saat melahirkan.

3.    Perbanyak berdoa

Doa merupakan sesuatu yang sangat penting dalam setiap hal yang terjadi. Kekuatan doa bisa membuat Anda menjadi lebih tenang menghadapi masalah. Begitu pula ketika Anda merasa ketakutan dengan sebuah persalinan, perbanyak berdoa sehingga membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang, sehingga terhindar dari stress dan tekanan.

4.    Mendengarkan musik

Untuk menenangkan pikiran dan menyiapkan mental menghadapi persalinan, Anda juga bisa mendengarkan alunan musik yang damai. Musik bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini dapat membantu Anda menenangkan pikiran dan mengilangkan pikiran-pikiran negatif serta rasa takut menghadapi persalinan buah hati Anda.

5.    Memilih rumah sakit yang Anda inginkan

Anda dapat memilih rumah sakit yang Anda inginkan untuk proses persalinan Anda. Dengan menentukan rumah sakit sendiri, artinya Anda telah mempertimbangkan beberapa hal mulai dari kenyamanan tempat hingga tenaga medis yang akan menangani Anda. Hal ini bisa membuat Anda siap secara mental, karena dikelilingi oleh tenaga medis yang Anda percaya untuk membantu melancarkan proses melahirkan. Dengan persiapan inilah, secara tidak langsung akan membuat perasaan Anda lebih tenang dan siap secara mental untuk menghadapi persalinan.

6.    Mendengarkan cerita yang positif tentang persalinan

Hindari mendengarkan cerita-cerita negatif tentang persalinan yang bisa membuat Anda semakin takut. Anda bisa mendengarkan cerita-cerita yang membahagiakan tentang proses melahirkan, sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi kondisi psikologis atau mental Anda. Ini penting bagi Anda memilih orang-orang yang Anda percaya mendampingi Anda menjelang persalinan. Pilihlah orang-orang yang benar-benar dapat memberikan dukungan positif bagi Anda.

7.    Menggunakan aromaterapi

Tahukah Anda aromaterapi mampu mempengaruhi pikiran Anda dan membuatnya menjadi lebih tenang. Ketika Anda merasa takut, khawatir, dan pikiran kacau saat menghadapi persalinan, tidak ada salahnya menggunakan aromaterapi di ruangan Anda. Aroma aromaterapi yang Anda gunakan, bisa memberikan efek ketenangan pikiran. Hal ini akan membantu Anda menghilangkan perasaan takut tentang melahirkan.

8.    Mengonsumsi camilan sehat

Terakhir, untuk membantu Anda menyiapkan diri secara mental menjelang persalinan yaitu dengan mengonsumsi camilan sehat. Makan dapat menghindarkan Anda dari stress karena rasa takut dan khawatir. Anda bisa menyantap camilan sambil mengobrol dengan orang-orang yang menemani Anda. Pastikan, hal-hal yang dibicarakan adalah hal-hal yang positif sehingga bisa meningkatkan mood Anda lebih bahagia. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi kondisi psikis Anda menjadi lebih baik dan tenang menghadapi persalinan.

Jangan biarkan stress melanda pikiran Anda dan membuat proses persalinan terganggu. Demikianlah, hal-hal yang perlu Anda lakukan sebagai persiapan mental menghadapi persalinan.


DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel