Iklan Billboard

7 Cara Centang Biru Instagram (Verified Account)


Saat ini memang tidak aneh lagi kalau semua orang memiliki akun Instagram. Pasalnya Instagram menjadi salah satu sosial media yang paling populer sekarang ini dengan berbagai fitur-fitur yang menarik. Belum lagi, Instagram cukup aktif dalam menginovasikan fitur terbaru agar penggunanya tidak bosan, entah itu berupa Instastory, IGTV, dan lainnya.

Dengan mendapat centang biru atau verified account maka akun kamu sudah terverifikasi dan tidak mungkin dibajak oleh orang lain. 

Memiliki lencana centang biru di akun instagram tentu akan memberikan kebanggan tersendiri. Karena, tidak semua akun bisa memperolehnya, hanya orang-orang tertentu yang bisa memiliki centang biru. Selama ini kebanyakkan akun instagram milik artis atau public figure, akun resmi pemerintahan, dan bisnis ternama yang sudah bercentang biru. Meskipun demikian, siapapun juga punya kesempatan untuk memiliki verified account, bagaimana caranya? Berikut cara mendapatkan centang biru Instagram.

Sekilas tentang Lencana Verifikasi


Centang biru atau verified account pada akun instagram menandakan bahwa Instagram telah meninjau akun kita dan dinilai layak. Keuntungan memiliki verified account adalah mempermudah orang lain menemukan username dipencarian teratas, meningkatkan kepercayaan, dan orang bisa membedakan akun asli dan palsu.

Cara Mendapatkan Lencana Verifikasi Akun Instagram

Nah, bagi yang ingin akun instagramnya terverifikasi dengan tanda centang biru, ikuti langkah-langkah berikut ini!

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Private Akun Instagram

1. Pastikan akun instagram memenuhi 4 syarat verified account

Sebelum mengajukan permintaan centang biru, pastikan akun instagram sudah memenuhi syarat-syaratnya, yaitu:

+ Unik - Pastikan memiliki akun yang berbeda dari yang lain dan menggambarkan karakteristik dirimu. Akun yang unik dan menarik menjadi salah satu cara agar dinilai layak oleh Instagram untuk mendapatkan centang biru.

+·Autentik - Buatlah akun yang benar-benar asli milik pribadi maupun bisnis. Jangan sekali-kali membuat akun palsu (fake account) untuk melakukan tindakan negatif di Instagram.

+ Lengkap - Saat membuat akun baru, lengkapi dengan foto profil, bio, dan unggahan. Tuliskan bio secara singkat, jelas, dan menggambarkan dirimu. Pastikan akun bersifat publik, bukan private.

+ Username mudah diingat - Pastikan username yang digunakan mudah diingat dan ditemukan saat seseorang mengetikkan username di Instagram. Kamu bisa menggunakan nama asli, nama pena, atau singkatan nama yang jelas dan mudah diingat. Jika ingin menggunakan karakter, simbol, atau angka, gunakan sewajarnya.

2. Tingkatkan Jumlah Followers dan Likes

Langkah awal untuk meraih centang biru di Instagram adalah dengan meningkatkan jumlah follower maupun likes di Instagram kamu. Semakin banyak jumlah follower dan likes nya maka akan semakin berpeluang kamu akan mendapatkan verified account dari pihak Instagram. 

3. Konsisten memposting

Setelah memenuhi keempat syarat di atas, langkah selanjutnya untuk mendukung mendapatkan lencana verifikasi yaitu konsisten dalam memposting. Buatlah jadwal posting konten di akuunmu, minimal 1 hari 1 postingan atau disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan jangan memposting banyak unggahan dalam waktu bersamaan, karena bisa dianggap spam. Kualitas postingan/konten juga perlu dipertimbangkan. Jadi pastikan konten (foto dan video) yang diunggah berkualitas terbaik dan positif.

4. Menjadi Selebgram

Menjadi selebgram tentunya sangat diidamkan bagi semua orang. Terlebih dengan menjadi selebgram pundi-pundi uang kamu akan bertambah. Terutama kamu akan mendapatkan centang biru secara langsung dari pihak Instagram. Jika kamu telah menjadi seorang selebgram, otomatis nantinya followers akan melonjak drastis. Sama halnya dengan influencers ataupun seorang atlet yang juga berprestasi.

5. Mengubah menjadi akun bisnis

Instagram memberikan fitur untuk mengubah akun menjadi akun bisnis maupun pribadi. Jika kamu berminat mendapatkan centang biru di samping username, pastikan akun berada pada mode akun bisnis. Selain itu, pastikan bahwa akun instagram tersebut terhubung langsung dengan Facebook.

6. Lakukan pengajuan Verified Account

Langkah selanjutnya yang perlu  dilakukan adalah mengajukan verified account kepada pihak Instagram. Bagaimana caranya?

+ Silakan login ke akun instagram yang ingin  diverifikasi. Klik menu Account - Request Verification.

+ Akan muncul halaman baru yang memintamu untuk melengkapi data diri, seperti informasi KTP.

+ Setelah melengkapi data yang dibutuhkan, kemudian klik Send.

7. Tunggu proses verifikasi

Jika sudah mengajukan verified account, kamu tinggal menunggu kurang lebih 1 minggu agar Instagram meninjau kelayakan mendapatkan centang biru. Jika disetujui, maka secara otomatis akun instagram akan mendapatkan lencana terverifikasi. Bagaimana kalau gagal? Apabila pengajuan pertama  gagal, kamu bisa mengajukan kembali di lain waktu dengan terus memperbaiki kualitas konten. 

Pastikan bahwa konten yang kamu unggah memiliki dampak positif kepada followers. Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan Instagram saat melakukan verified account, tak heran jika lencana centang biru banyak dipunyai oleh para public figure yang punya impact untuk banyak orang. Sebelum melakukan verified account sebaiknya kamu harus memperhatikan beberapa persyaratan khusus dari Instagram. Supaya kamu bisa langsung mendapatkan verified account atau centang biru. 

Baca Juga : Setting Dark Mode Instagram

Sekarang sudah tahukan cara centang biru Instagram atau verified account dengan mudah? Bangun akun Instagram dengan konten berkualitas sehingga berdampak positif bagi banyak pengikut. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel