Google Tidak Akan Jadi Mesin Pencari Utama Android Lagi

Google Tidak Akan Jadi Mesin Pencari Utama Android Lagi
Daftar Isi Artikel

Mulai bulan Maret 2020, Google Tidak Akan Jadi Mesin Pencari Utama Android Lagi, Google tidak lagi menjadi mesin pencari (search engine) Utama di Smartphone android. Google harus memberikan mesin pencari alternatif yang diinstal ketika Anda pertama mengaktifkan smartphone.

Perubahan ini berlaku di Uni Eropa setelah pengadilan memutuskan melakukan tindakan anti-kompetitif Google di mesin search pada perangkat Android Juli 2018. Karena masalah ini Uni Eropa menghukum Google dan mendenda sekitar US $ 5 miliar. Menurut keputusan pengadilan, Google harus memberikan empat mesin pencari alternatif pada Smartphone Android. Google juga telah merilis daftar mesin pencari pilihan pengguna dari Google di 31 negara Uni Eropa.

Kebanyakan pilihan dijatuhkan ke dalam mesin pencari DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall dan Qwant dan Yandex, seperti diberitakan dari blog Android.com

Google Tidak Akan Jadi Mesin Pencari Utama Android Lagi


DuckDuckGo adalah mesin pencari dengan tagline "Privasi, Sederhana". Search engine ini menghindari personalisasi hasil pencarian dan tidak ada profil pengguna , untuk melindungi privasi penggunanya . DuckDuckGo poopuler kalangan pengguna yang mendukung privasi. Menurut NetMarketShare, pangsa pasar mesin pencari dari 0,31% masih jauh di belakang Google, yang mencapai 82,5%.

Pendiri dan CEO Twitter Jack Dorsey Di dalam post twitter pribadinya mengatakan DuckDuckGo menjadi mesin pencari default pada smartphonenya.

Mesin Pencari Terbaik Selain Google

Tentu saja, kenyamanan saat browsing paling penting di mana mesin pencari itu tidak melacak Anda, tidak melacak alamat IP dan tidak menyimpan cookies dan history. Oleh karena itu, kami memberikan daftar mesin pencari paling aman selain Google Search.

1. Startpage.com
Google Tidak Akan Jadi Mesin Pencari Utama - Startpage.com

Startpage sebenarnya proyek kedua dari pengembang yang produk pertama Ixquick. Dia menyajikan hasil pencarian Google dan mesin pencari Ixquick tidak memperbolehkan Google untuk melacak hasil pencarian Anda. Anda tidak akan ditrack dan data Anda tidak akan disimpan. Jadi, Anda akan bebas untuk surfing internet tanpa khawatir tentang apa pun.

Baca Juga : Manfaat Pentingnya Akun Google Di Android

2. Bing.com

Google Tidak Akan Jadi Mesin Pencari Utama - Bing.com

Meskipun tidak setenar Google, Microsoft Bing adalah situs mesin pencari memiliki hampir semua fitur yang ditawarkan oleh Google. Mulai dari peta, berita, video, gambar, hingga MSN, Office, dan Outlook (layanan email). Dia juga memiliki safe-penelusuran, iklan, ads, dan lain-lain. Tetapi juga dapat dikonfigurasi dengan mudah dan tidak rumit. Karena mereka tidak akan mengunci pengaturan. Selain itu, Bing juga dapat diintegrasikan dengan Facebook, Apple, dan semua hardware yang menggunakan Windows.

3. Duckduckgo.com

Google Tidak Akan Jadi Mesin Pencari Utama - Duckduckgo.com

DuckDuckGo adalah situs pencarian yang tampilannya mirip dengan Google . Sekilas tampilan visual yang sama sangat mirip dengan Google karena pada dasarnya perusahaan multinasional sengaja menyalin tampilan DuckDuckGo.

Website ini uncensored dan tidak mentrack apa pun yang Anda cari. Jadi Seperti kita menggunakan Mode Incognito di Chrome, tapi dalam bentuk mesin pencari. Perusahaan menjamin semua data searchmu menghilang setelah Anda menutup browser kecuali jika Anda mengaktifkannya.

Mereka tidak akan mengumpulkan mereka demi kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu, banyak orang yang pindah ke satu mesin pencari ini untuk masalah privasi. Namun perlu diingat, Anda harus sedikit berusaha keras untuk Mencari sesuatu disana karena mereka tidak memiliki bot dengan akurasi yang tinggi seperti mencari Android yang lain.

Baca Juga : Trik Download Film Dari Google Dork

4. Search Disconnect Me

Google Tidak Akan Jadi Mesin Pencari Utama - search.disconnect.me

Disconnect Search mampu menjadi jawaban untuk solusi menggunakan sebagian mesin pencari yang aman. Disconnect memungkinkan Anda untuk menggunakan mesin pencari tanpa harus melacak apa kegiatan Anda di dunia maya. Dan Disconnect juga menawarkan versi berbayar untuk PC dan smartphone untuk melindungi dari segala bentuk pelacakan dan ancaman malware.

Baca Juga : Cara Mudah Mencari Biodata Orang dari Internet

5. Gibiru.com

Google Tidak Akan Jadi Mesin Pencari Utama - gibiru.com

Jika Mesin pencari selain Google fokus pada privasi pengguna, Gibiru fokus pada konten yang disensor. Jika Anda tidak tahu, Semua konten yang Anda temukan tidak akan filter gibiru akan langsung menampilkan apa yang anda cari. Hal ini dikarenakan Gibiru Mempunyai proxy yang sudah tersimpan didalam mesin pencarinya.

Kira-kira jika Google Tidak Akan Jadi Mesin Pencari Utama Android Lagi, Anda akan memilih mesin pencari yang mana? Pilih mesin pencari yang aman dari serangan virus atau malware ya !