Inilah Pengertian dan Tips Membeli SSD (Solid State Drive)

Inilah Pengertian dan Tips Membeli SSD (Solid State Drive)
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Pada saat ini Memang berkembangnya teknologi sangat pesat sekali. Dan laptop juga sudah menawarkan dengan kategori yang berbeda-beda. Jadi saat membeli laptop tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan laptop yang ingin dibeli, contohnya laptop gaming, laptop mid - high level dan lainnya.

Performa laptop saat ini lebih cepat karena sudah mempunyai  teknologi SSD (Solid State Drive). Teknologi ini diklaim mempunyai performa lebih cepat dibanding dengan hardisk biasa.

Seingga tidak heran jika banyak yang mulai memakai SSD untuk laptop dan PC. dan jika ingin memiliki SSD sebelum itu harus tau tips membeli SSD berikut ini.

Pengertian Tentang SSD (Solid State Drive)

HDD dengan SSD sangat berbeda, SSD bukan perangkat perekam data seperti hard disk. Dengan begitu, kinerja SSD diklaim lebih bagus tanpa memperlukan daya listrik yang besar. SSD juga tidak gampang rusak, dan tidak bising waktu dipakai. Selain itu, metode membaca/menulis pada SSD berbeda dengan HDD jadi prosesnya membuat dua kali lebih cepat.


Cuma, SSD mempunyai harga lebih mahal dibanding dengan HDD. Oleh Karenanya, banyak orang menjadikan sebagai system storage. HDD sering digunakan untuk menyimpan file berukuran besar. Jika selama ini kamu memakai HDD sebagai system storage, mungkin kamu dapat mempertimbangkan untuk memindahkannya ke SSD agar proses kerja komputer lebih cepat.

Cara memilih SSD PC atau Laptop

Jika kamu sudah mengetahuin tentan pengertian SSD sekarang kita mengulas tentang Cara Memilih SSD pada laptop atau komputer.

SSD internal pada komputer biasanya memakai SATA sebagai konektor dan jalur akses data. Jika HDD internal pada komputer, laptop, atau game konsol kamu mau diganti dengan SSD internal, Silahkan pilih SSD yang memakai konektor SATA.

Baca Juga : Cara Ampuh Bersihkan Malware di Laptop

Ada banyak tipe SATA. Jadi makin besar nomer pada kode SATA, contohnya SATA2 atau SATA3, artinya kecepatan transfernya semakin tinggi.

Sebelum kamu membeli, ingat untuk periksa kompatibilitas konektor pada komputer dengan SSD yang akan dipilih. Jika Kamu mau menggunakan untuk PS4, Bisa memilih konektor dengan ukuran 7 mm atau kurang.

SSD Terbaik Untuk Gaming

SSD dengan kapasitas lebih dari 512 GB sangat di rekomendasi untuk kamu yang akan memakai untuk mendownload berbagai jenis game contohnya game online atau STEAM. Dan juga, SSD dengan kapasitas ini juga dapat dipakai untuk menyimpan data dalam kapasitas besar.

Baca Juga : Komputer Bisa Lebih Cepat Dengan Teknologi ini

Jika Kamu ingin menyimpan data yang sangat banyak , Bisa memilih SSD yang kapasitasnya dapat di-upgrade. Tetapi, bila kamu mau merekam dan mengedit game, pertimbangkan dulu kapasitas SSD yang sudah ditentukan oleh produsen game tersebut.

Tips Membeli SSD (Solid State Drive)

1. Mempertimbangkan Kapasitas Memori


Hal pertama yang perlu Kamu perhatikan yaitu kapasitas memorinya. Karena jika Kamu mempunyai kebutuhan memori yang besar tapi Kamu malah beli SSD kapasitas memori ukuran kecil maka Kamu perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli harddisk eksternal.

Jadi, sebelum kamu membelinya pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dalam waktu jangka panjang sehingga tidak memerlukan menambah atau mengganti di kemudian hari.

2. Memilih Form Factor Sesuai dengan Kebutuhan

Tips membeli SSD yang kedua adalah dengan pertimbangkan form factor SSD yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan perangkat yang kamu gunakan. Karena form factor ini dapat meliputi SATA, M.2, mSATA, M.2 NVMe dan PCIE.

Baca Juga : Tips Agar PC Windows Kamu Tetap Ngebut

Sehingga, jangan sampai Kamu beli SSD yang tidak mendukung laptop atau PC. Karena, bisa saja membuat PC / laptop akan blue screen atau malah mati total akibat SSD yang tidak support.

3. Mengecek Kecepatan Read and Write

Berikutnya adalah jika membeli SSD Kamu perlu cek kecepatan read/write. Karena kecepatan ini juga mempengaruhi kecepatan laptop. Apalagi setiap SSD mempunyai form factor berbeda-beda.

Contohnya SSD SATA mempunyai kecepatan read dan write 500MB/s dan untuk SSD Factor M.2, M.2 NVMe memiliki kecepatan lima kali lebih cepat dibanding dengan SSD SATA. Jadi, tinggal kamu sesuaikan saja.

4. Memperhatikan Teknologi yang Dipakai


Perlu diketahui jika SSD memakai teknologi berbeda, sehingga dapat mempengaruhi performa juga kualitasnya. Kabarnya saat ini teknologi SSD yang bagus adalah SLC (Single Level Channel).

SLC mempunyai Kecepatan lebih tinggi jika dibandingkan dengan MLC (Multi Level Channel). Tidak hanya itu SLC juga lebih awet dibandingkan dengan MLC.

5. Mempersiapkan Anggaran Budget

Tips Membeli SSD yang terakhir adalah Kamu perlu mempersiapkan budget. Karena untuk membeli SSD harganya tidak sedikit lebih mahala dibanding dengan HDD. Apalagi jika Kamu ingin memiliki SSD dengan kapasitas besar.

Penutup

Demikian artikel tentang Tips Membeli SSD agar kamu tidak salah membelinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk berkunjung ke facebok kami @magelang1337