11 Game Android yang Support Gamepad Terbaru 2021

11 Game Android yang Support Gamepad Terbaru 2021
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Jauh sebelum teknologi berkembang, kita hanya mengenal Playstation atau Nintendo sebagai konsol game. Namun sejak hadirnya smartphone, kita bisa memainkan game di perangkat seluler bahkan menggunakan joystick atau gamepad seperti di Playstation.

Bermain game Android dengan gamepad saat ini tengah populer. Karena dirasa lebih praktis dan pemain bisa mengontrol pergerakan tanpa perlu menyentuh layar smartphone.

Namun, tak semua game Android yang support gamepad. Game-game battle royale seperti PUBG Mobile bahkan diharamkan menggunakan alat bantu, karena akan membuat permainan menjadi tidak seimbang.

Game Android yang Support Gamepad

Nah, untuk menambah keseruan ketika bermain game di smartphone, kami telah merangkum Kumpulan game Android support gamepad. Setiap game-nya memiliki genre yang berbeda, ada action, FPS, petualangan, balapan dan lain-lain.

1. Crossy Road


Crossy Road pantas dinobatkan sebagai game gamepad Android terbaik. Dengan rating 4,4 dan lebih dari 200 juta jumlah unduhan, tak ada alasan untuk melewatkan game ini. Apalagi kamu bisa menggunakan controller guna menambah euforia permainan.

Sebenarnya gameplay Crossy Road cukup simple. Pemain hanya perlu menggerakkan karakter agar bisa sampai ke seberang jalan dengan aman. Nah, tantangannya adalah jalan yang ingin diseberangi dipenuhi kendaraan, sehingga diperlukan kehati-hatian dan fokus.

Selain itu, keseruan game ini terletak pada karakternya. Hipster Whale menghadirkan binatang-binatang lucu seperti ayam, bebek, kepiting, hingga sapi.

2. GT Racing 2


GT Racing 2 juga merupakan game Android yang bisa dimainkan dengan gamepad. Sesuai namanya, game besutan Gameloft ini bergenre balapan mobil. Pemain bisa memilih ingin bermain sendiri atau menantang teman dengan fitur multiplayer.

Selain itu pemain juga bisa menikmat balapan di 13 lintasan balap dengan pilihan 30 merk mobil populer seperti Audi, Nissan, Ferrari, hingga Marcedes Benz. Masing-masing dilengkapi desain yang mengagumkan untuk sekelas mobil virtual.

3. Bridge Constructor Portal


Masuk dalam jajaran game untuk gamepad Android terbaik, Bridge Construction Portal menghadirkan permainan yang menguji keterampilan dalam hal kontruksi. Pemain diharuskan membangun jembatan yang kokoh dan aman agar bisa dilalui mobil dan kereta api.
 
Bridge Construction memiliki dua versi, ada yang gratis dan berbayar. Kalau kamu merasa puas dengan game ini, tak ada salahnya mengunduh yang berbayar. Dengan biaya Rp 12.000 saja, kamu bisa menikmati fitur yang lebih lengkap daripada yang gratis.

4. Evoland 2


Evoland 2 juga merupakan game Android yang bisa dimainkan dengan gamepad. Game yang bertemakan RPG ini mengusung grafik serupa seperti Harvest Moon dan Stardew Valey. Namun, game ini memiliki banyak pilihan permainan yang tidak ada di keduanya.

Playdigious sebagai developer game, menghadirkan sesuatu yang unik pada Evoland 2. Bagaimana tidak, kamu bisa menikmati game-game seperti Street Fighter, The Legend of Zelda, hingga Candy Crush dengan suasana dan keseruan yang berbeda.

5. Unkilled – Zombie Games FPS


Unkilled merupakan game bergenre FPS zombie yang menghadirkan pengalaman bermain dengan tampilan mengagumkan. Game yang dikembangkan oleh MADFINGER ini bahkan memenangkan penghargaan game FPS dengan alur cerita, grafik, dan gameplay terbaik.

Terdapat 150 misi yang harus kamu selesaikan. Setiap misi memiliki kesulitan yang berbeda, terlebih ada bos zombie di akhir misi yang sangat sulit dikalahkan. Selain itu, kamu bisa memilih lebih dari 40 senjata yang ingin digunakan saat pertempuran.

Karena game ini fokus pada tembak-tembakan, pastinya membutuhkan gerak tangan yang cepat. Sehingga permainan akan semakin seru kalau dimainkan dengan gamepad.

6. Asphalt Xtreme


Bagi yang mencari game balap Android support joystick, Asphalt Xtreme bisa jadi pilihan. Game bertemakan balap mobil ini menghadirkan grafik yang sangat bagus untuk sekelas game Android. Terdapat 7 pilihan mobil off-road dengan merk-merk terkenal seperti Dodge dan Predator.

Berbeda dengan GT Racing 2, di Asphalt Xtreme kamu dihadapkan dengan lintasan tanah berlumpur yang menantang. Selain itu, kamu juga bisa merenovasi dan meningkatkan performa mobil untuk menjadi yang tercepat di antara pemain lainnya.

7. Minecraft

Siapa yang tidak tahu Minecraft? Game besutan Mojang ini sukses menjadi game populer meski hanya mengandalkan grafik kotak-kotak atau pixel. Kepopuleran Minecraft tak lepas dari alur cerita serta gameplay-nya yang menarik untuk dimainkan semua orang.

Selain itu kamu juga bisa mengasah kreatifitas dengan membangun rumah dan membuat peralatan bertempur maupun pickaxe untuk menggali tambang.

Karena game ini termasuk game open world, kamu bisa menjelajahi dunia pixel yang tak terbatas. Untuk memudahkan pergerakan dan pertarungan melawan Creeper, kamu bisa memainkan Minecraft dengan menggunakan gamepad atau controller lainnya.

8. Riptide GP2

Vector Unit selaku developer Riptide GP menghadirkan game balap jet ski yang cukup menarik untuk dimainkan di kala senggang. Apalagi game ini termasuk game Android yang support gamepad, sehingga akselerasi bisa digerakkan dengan mudah.

Riptide GP memiliki dua series yang mengusung tema serupa. Ada Riptide GP: Renegade dan Riptide GP2. Namun menurut review di Google Play, Renegade lebih seru karena ada mode single race dan bisa memilih map yang diinginkan.

Untuk bisa merasakan keseruan Riptide GP series ini, kamu bisa membelinya di Google Play dengan harga Rp 15.000 saja. Biaya yang sangat murah untuk game yang bisa kamu mainkan seumur hidup.

9. Modern Combat

Modern Combat adalah game Android bertemakan action FPS dan termasuk game Gameloft yang support gamepad. Di game ini setiap pemain mengenakan kostum khusus sepert gamei Apex Legends. Kamu bisa bermain bersama banyak orang dengan mode multiplayer 4v4.

Seperti game FPS lainnya, Modern Combat menuntut pergerakan tangan yang cepat untuk membunuh setiap musuh. Dengan dukungan gamepad atau joystick, tentunya kemenangan akan semakin mudah didapat.

Ada banyak pilihan karakter yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Masing-masing memiliki skill dan kostum yang berbeda.

10. Levelhead

Levelhead menghadirkan pengalaman bermain game yang tak bisa ditemukan di game gratisan. Yap, game ini termasuk game berbayar. Meskipun begitu, kamu akan dimanjakan dengan gameplay yang unik serta alur cerita yang menarik.

Seperti game lain di daftar ini, Levelhead juga termasuk game Android yang bisa dimainkan dengan gamepad. Game ini bisa kamu beli di Google Play dengan harga Rp 99.000.

Game yang dikembangkan oleh Butterscotch Shenanigans ini mengusung tema simulasi. Pemain diceritakan sebagai karyawan baru di Levelhead Division, dan bertugas melatih sebuah robot agar bisa menyelesaikan semua misi dengan lancar.

11. Oddmar

Mengagumkan adalah kata yang tepat untuk menggambarkan game ini. Oddmar dibekali dengan grafik, alur cerita, musik, hingga cutscene yang begitu indah. Selain itu game yang bertemakan petualangan ini memiliki gameplay yang unik dan berbeda dari game gamepad Android lainnya.

Game yang dikembangkan oleh Mobge ini menghadirkan 24 level, item-item menarik, hingga senjata dan shields yang bisa meningkatkan kekuatan karakter. Meskipun kurang populer, namun Oddmar mendapatkan rating yang sangat baik di Google Play.

Kesimpulan

Gamepad sendiri terbagi menjadi 2 jenis, ada yang menggunakan kabel OTG dan ada juga yang bisa disambung dengan bluetooth. Oleh karena itu sebelum membeli gamepad, pastikan dulu hp kamu support gamepad jenis yang mana.

Penggunaannya yang praktis membuat produk ini sangat diminati. Selain menambah keseruan, gamepad juga bisa jadi andalan bagi orang yang telapak tangannya sering berkeringat. Itulah deretan game Android yang support gamepad. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!