10 Merk Android TV Box Terbaik 2021 untuk Game dan Streaming Film

10 Merk Android TV Box Terbaik 2021 untuk Game dan Streaming Film
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi adalah manusia bisa menjalani hidup dengan banyak kemudahan. Smartphone canggih, laptop canggih, bahkan belakangan hadir sebuah perangkat bernama Android TV Box. 

TV Box adalah sebuah perangkat yang memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan hp Android ke TV. Sederhananya, perangkat ini dapat mengubah TV biasa menjadi Smart TV, baik untuk main game ataupun nonton Netflix di layar yang lebih besar.

Saat ini banyak merk Android TV Box beredar di pasaran dengan harga yang bervariasi. Ada yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung fitur dan kualitasnya.

Daftar Merk Android TV Box Terbaik


Smart TV memang menawarkan banyak kelebihan dibanding Android TV. Namun tak semua orang mampu membeli karena harganya yang sangat mahal. Untuk itu, bagi Kamu yang ingin menikmati fitur Smart TV di Android, berikut rekomendasi Android TV Box murah terbaik.

1. MXQ Pro 4K

Nonton film favorit atau bermain game mobile di layar TV tentu terasa menyenangkan. Tak perlu membeli Smart TV, cukup gunakan Android TV yang satu ini. MXQ Pro 4K dibekali RAM 1GB dan ROM 8GB, cukup besar untuk produk seharga Rp 575 ribu.

Baca Juga : Game Android yang Support Gamepad

Dengan harga tersebut, MXQ Pro 4K termasuk salah satu merk Android TV Box termurah yang dibekali tampilan gambar 4K. Selain bisa menikmati sajian grafis yang berkualitas, Kamu juga bisa menonton banyak channel TV, baik lokal maupun internasional.

2. Tanix TX6 6K Android 9

Berbeda dari MXQ Pro, Tanix TX6 menghadirkan teknologi dan fitur yang lebih baik. Salah satunya Allwinner H6 yang merupakan teknologi Android TV Box terbaik berbekal tampilan layar 6K. Selain itu, perangkat ini punya ukuran RAM lebih besar, yakni 4GB/32GB.

Sesuai namanya, Tanix TX6 berjalan dengan sistem operasi Android 9 Pie. Setiap pembelian TV Box ini Kamu akan mendapatkan paket lengkap berupa tayangan TV HBO hingga BEIN Sport. Bukan hanya itu saja, Kamu juga bisa memainkan game seperti PUBG maupun Mobile Legends.

3. STB Android ZTE ZXV10 B860H

Kalau Kamu sedang mencari Android TV Box untuk TV tabung, maka STB Android ZTE adalah pilihan yan tepat. Ya, Kamu tak salah dengar, kotak hitam ajaib ini bisa mengubah TV tabung jadi Smart TV. Bahkan dengan resolusi hingga 4096 x 2160 atau 4K.

Baca Juga : Alasan Kenapa Kamu Harus Membeli Smartphone Baru

Spesifikasi yang ditawarkan STB Android ZTE antara lain prosesor Amlogic S905X Quad-core berkecepatan hingga 1.5 GHz. Untuk space penyimpanan, TV Box ini dibekali RAM 1GB/4GB, dan juga ada 1 slot untuk MicroSD dan 2 slot USB.

4. Huawei EC6108v9 New

Dengan merk Android TV Box Huawei EC6108v9, Kamu bisa menonton Youtube di TV hingga streaming film online. Selain itu, Kamu juga bisa browsing langsung di TV karena Huawei EC6109v9 support keyboard, mouse, bahkan harddisk eksternal.

Untuk spesifikasinya, TV Box satu ini dibekali OS Android 4.4.2 KitKat dan prosesor Quad-core 1.5GHz. Tak hanya itu saja, dengan dukungan RAM 2GB/8GB, Huawei EC6108v9 cukup kuat digunakan untuk bermain game online maupun offline.

5. Xiaomi Mi Box S

Bukan hanya piawai memproduksi perangkat smartphone murah saja, Xiaomi juga menghadirkan  Android TV Box berkualitas dengan harga terjangkau. Xiaomi Mi Box S dibekali dengan layanan standar Android TV seperti channel premium dan tampilan grafis yang jernih.

Bagi pengguna hp Xiaomi, Mi Box S adalah pilihan yang tepat untuk menikmati aplikasi smartphone di layar TV. Kamu bisa melakukan chatting, video call, dan bermain game favorit dengan sensasi yang lebih menyenangkan.

6. Tokuniku X99 RK3399

Tokuniku X99 RK3399 termasuk salah satu Android TV Box terbaik yang dibekali performa mumpuni. Berbekal teknologi HDR10 dan HLG, Kamu bisa menikmati sajian gambar berkualitas 4K. Selain itu, merk Android TV ini mengandalkan chipset RK3399 yang didukung GPU Mali-T860MP4.

Tokuniku X99 RK3399 mengusung sistem operasi Android 7.1 dengan RAM 4GB/32GB untuk menghadirkan kenyamanan pengguna meng-install game dan aplikasi favorit tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Bicara soal harga, di toko online Tokuniku X99 RK3399 dijual dengan harga berbeda. Tapi rata-rata harganya sekitar Rp 1,6 juta.

7. X96 Mini

Rekomendasi Android TV Box berikutnya adalah X96 Mini yang dibekali OS Android 7.1.2 Nougat dan prosesor Amlogic S905W. Ini memberikan performa yang lebih cepat dan stabil untuk merespon segala bentuk perintah dari pengguna.

Berbeda dari merk Android TV Box lainnya, X96 Mini memiliki desain yang kecil, sehingga cocok untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Perihal harga, X96 Mini dibanderol dengan harga Rp 360 ribu di Shopee.

8. IndiHome ZTE B760H

Jauh berbeda dari merk sebelumnya, harga Android TV Box IndiHome ini hanya 200 ribuan. Meskipun begitu, kualitasnya cukup bagus untuk mendukung ragam aktivitas termasuk bermain game dan streaming film di Iflix maupun Netflix di layar TV.

IndiHome ZTE B760H memang produk jadul yang rilis di tahun 2015, tapi sampai saat ini masih banyak peminatnya karena kualitas dan harga yang terjangkau. TV Box ini juga bisa digunakan untuk TV tabung yang sudah dibekali teknologi HDMI.

9. T95Z Plus

T95Z Plus memiliki desain seperti sarang lebah, cukup unik untuk sekelas Android Tv Box murah. Bukan hanya unggul dari segi desain, performa TV Box ini juga sangat bagus berbekal chipset Amlogic S912 dan OS Android 7.1 Nougat.

T95Z Plus sudah dilengkapi dengan KODI 16.1 yang nantinya bisa di-upgrade ke versi 17. Selain itu, T95Z Plus juga mampu menyambungkan keyboard serta mouse guna memberikan pengalaman bermain game mobile seperti di PC.

Untuk harga, TV Box satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp.600 ribuan untuk versi RAM 2GB/16GB dan 1 jutaan untuk RAM 3GB/32GB.

10. Fleco M16

Menutup daftar Android TV Box terbaik pada artikel ini, kami merekomendasikan Fleco M16. Dengan uang 300 ribuan, Kamu sudah bisa merasakan pengalaman bermain game di layar TV tanpa perlu membeli Smart TV yang harganya sangat mahal.

Spesifikasi yang diusung Fleco M16 adalah RAM 2GB/16GB dengan OS Android 7.1 Nougat dan chipset Rockchip RK3229. Sementara untuk tampilan grafis, TV Box ini mampu menghasilkan tayangan 4K Ultra HD yang sangat jernih dan nyaman dipandang.

Hadirnya TV Box membuat eksistensi Smart TV tak lagi dibutuhkan khususnya untuk masyarakat kelas menengah. Pasalnya, ada banyak TV Box yang dijual dengan harga di bawah 1 juta, bahkan beberapa merk ada yang harganya cuma Rp.200 ribu.

Demikian beberapa rekomendasi TV Box untuk main game yang dibekali spesifikasi terbaik serta fitur unggulan. Dari daftar di atas, mana yang menurut Kamu paling bagus?