6 Trik Mengamankan Android dari Hacker 2020

6 Trik Mengamankan Android dari Hacker 2020
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Cara Amankan Android dari Hacker. Sebagai sistem operasi (OS) kebanyakan perangkat berbasis Android menjadi salah satu sasaran aksi berbagai metode hacking dan penyebaran malware berbahaya. Biasanya, hacker mencoba menyusup ke dalam perangkat Android untuk mencuri data pribadi yang penting dan pengguna, mulai dari informasi perbankan, email, media sosial.

Oleh karena itu, penting untuk kita mencegah smartphone agar aman dan bebas dari serangan hacker yang ingin menggunakan data pribadi kita untuk kejahatan dan lain-lain.

Dari semua smartphone dan OS android tidak bisa aman begitu saja. Sampai saat ini ada banyak kasus hacking android yang terjadi di masyarakat  Tentu saja kamu harus mengetahui dan belajar memproteksi android kamu dari sekarang, daripada menjadi korban nantinya.

Ciri-ciri Android kena Hack

Malware pada perangkat android jangan anggap sepele karena bisa menjadi cara mudah seseorang masuk dan melucuti data pribadi Kamu. Jika Kamu menduga Hp android kena hack, coba simak tanda-tanda berikut ini :
  • Baterai gampang berkurang
  • Konsumsi data internet menjadi tinggi
  • Ada telepon atau SMS mencurigakan
  • Sering muncul Pop-up 
  • Akivitas tak biasa pada akun sosmed

Cara Melindungi Android dari Hacker

1. Selalu melakukan backup data pada Android

Kadang-kadang banyak pengguna android yang malas untuk melakukan backup, padahal hal ini cukup penting untuk dilakukan. Data cadangan adalah salah satu cara untuk mengantisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Contoh bila terjadi kehilangan data pada smartphone Kamu karena hacker. Tentu saja, jika Kamu telah membuat cadangan, semua akan lebih aman.

2. Gunakan Antivirus yang Berkualitas

Dengan menggunakan antivirus yang baik, tentunya akan dapat mencegah virus menginfeksi di seluruh perangkat smartphone. Kamu bisa menggunakan antivirus khusus untuk mencegah serangan hacker di smartphone Android.

3. Memeriksa Izin Aplikasi

Selalu periksa izin akses ke Ponsel android di masing-masing aplikasi. Dan Harus di ingat, jangan pernah membagikan akses yang tidak perlu waktu menginstall aplikasi baru.

Karena Semakin banyak izin yang dimiliki aplikasi tersebut, maka semakin banyak pula hal yang bisa dilakukan pada perangkat. Cara ini untuk mengindari aplikasi mengumpulkan lebih banyak data pribadi yang kamu miliki.

Baca Juga : Kumpulan Malware Mematikan Yang Menyerang Android

Lalu berikan perhatian khusus kepada izin yang terkait dengan aplikasi dari admin perangkat (device admin apps) dan aksesibilitas - Kamu bisa berikan izin hanya jika benar-benar aplikasi tersebut dapat dipercaya saja.

4. Memeriksa Pembaruan atau Update Aplikasi

Pembaruan memang penting karena bisa memperbaiki kerentanan di aplikasi, artinya bisa melindungi dari serangan. Aplikasi dari Play Store biasanya diperbarui secara otomatis, Tetapi tidak ada salahnya untuk selalu cek pembaruan itu secara langsung dan juga men-download versi terbaru.

Jika men-download bukan dari toko aplikasi resmi, kamu harus bertanggung jawab untuk melacak pembaruan aplikasi secara manual.

5. Scan aplikasi dengan Antivirus

Play Store punya antivirus sendiri yaitu "Google Play Protect", yang dapat memeriksa aplikasi yang akan diupload dan ditampilkan ke toko resmi. Artinya, jika men-download aplikasi dari toko resmi, kemungkinan aplikasi itu aman.

Walaupun kemungkinan bisa muncul dari waktu ke waktu. Tetapi, setidaknya di Play Store, bisa menditeksi aplikasi berbahaya dan kemudian akan dihapus. Berbeda jika kamu menginstal aplikasi dari toko lain atau men-download ke smartphone secara manual seperti file APK, tidak akan ada jaminan aplikasi tersebut aman.

Baca Juga : 12 Virus Berbahaya di Smartphone Android

Jika kamu khawatir, pilih solusi secara otomatis untuk memindai aplikasi pakai antivirus terpercaya. Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

6. Memeriksa Kebocoran Data

Smartphone Android kemungkinan besar akan menyimpan banyak informasi pribadi kamu, dari foto sampai aplikasi media social dan juga seluruh percakapan di ponsel kamu.

Kebocoran data menjadi lebih umum. Untuk itu, penting selalu mengetahui tentang berbagai kemungkinan tentang adanya kebocoran data.

Informasi tentang kebocoran saat ini sudah banyak tersedia di internet. Dalam banyak kasus, perusahaan Security akan memberi tahu kepada pelanggan mereka dan akan mendapatkan informasi di website berita Security seperti threatpost.com.

Demikianlah Artikel singkat tentang Cara dan Tips Mengamankan Android dari Hacker. Jika ada pertanyaan silahkan kunjungi facebook kami @Magelang1337. Semoga bermanfaat