Cara Menggunakan Whatsapp Web Tanpa Scanner 2021

Cara Menggunakan Whatsapp Web Tanpa Scanner 2021
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Whatsapp termasuk salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia. Selain tersedia di perangkat mobile, pengguna juga bisa mengakses WA melalui laptop dengan melakukan scan QR. Lalu, apa jadinya kalau lupa membawa hp? Bisakah login Whatsapp Web tanpa scan QR?

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebelumnya ketahui dulu apa fungsi kode QR yang muncul saat membuka situs Whatsapp Web.

Singkatnya, kode tersebut bertujuan agar pengguna bisa mengontrol proses masuk di banyak perangkat. Dalam artian lain, juga memberikan keamanan untuk menghindari penyalahgunaan akun.

Namun, kalau kamu hanya login di laptop atau PC pribadi, tentunya cara menggunakan Whatsapp Web tanpa scanner sangat bermanfaat agar tetap terhubung meskipun hp dalam kondisi mati atau ketinggalan di rumah.

Cara Menggunakan Whatsapp Web Tanpa Scanner

Perlu diketahui, saat pertama kali masuk ke Whatsapp Web, semua pengguna harus melalui tahap scanning. Karena masuk Whatsapp Web tanpa scan barcode hampir mustahil, kecuali menggunakan emulator Android seperti Bluestack.

Berbeda dengan Telegram Web yang hanya memerlukan nomor hp dan kode verifikasi via SMS. Jadi, yang akan dijelaskan pada cara ini adalah menghindari proses scan QR untuk kedua kalinya. Untuk langkahnya, silahkan ikuti panduan singkat berikut ini.

  • Pertama masuk ke https://web.whatsapp.com/ via browser Chrome atau Firefox
  • Kemudian buka aplikasi Whatsapp, ketuk titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Whatsapp Web
  • Selanjutnya arahkan kotak kamera ponsel menyesuaikan kode QR di PC
  • Namun, perlu diperhatikan di bagian “Keep me signed in” jangan lupa dicentang
  • Terakhir, kamu sudah berhasil masuk ke Whatsapp via PC

Setelah melakukan login yang pertama, selanjutnya kamu tak perlu login lagi meskipun kondisi hp sedang mati atau tidak terkoneksi internet. Dengan catatan, jangan pernah log out atau menghapus history browser.

Jadi, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, cara menggunakan Whatsapp Web tanpa scan QR ini berlaku apabila kondisi akun sudah terkait di PC atau laptop. Kalau belum pernah login sama sekali, tentu harus melewati tahapan scan QR.

Baca Juga : Cara Sadap Chat WhatsApp Via Email

Setelah melakukan login yang pertama, selanjutnya kamu tak perlu login lagi meskipun kondisi hp sedang mati atau tidak terkoneksi internet. Dengan catatan, jangan pernah log out atau menghapus history browser.

Jadi, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, cara menggunakan Whatsapp Web tanpa scan QR ini berlaku apabila kondisi akun sudah terkait di PC atau laptop. Kalau belum pernah login sama sekali, tentu harus melewati tahapan scan QR.

Masuk Whatsapp Web Tanpa Scan QR dengan Extension


Kalau cara sebelumnya sulit diterapkan bagi pengguna yang tak punya smartphone, cara yang satu ini hanya membutuhkan kode verifikasi via SMS tanpa harus scan QR. Yaps, kamu bisa menggunakan Whatsapp bermodalkan hp biasa, misalnya Nokia jadul.

Untuk cara login Whatsapp Web tanpa scan barcode, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama buka Chrome Web Store untuk menginstal extension
  • Ketik di kolom pencarian Android Online Emulator
  • Selanjutnya jika extension tersebut sudah tampil di toolbar, arahkan mouse ke logonya dan klik Run Android Online Emulator
  • Setelah itu klik tombol Start dan Enter, lalu tunggu hingga prosesnya selesai
  • Kemudian kamu akan melihat extension menampilkan layar tablet Android
  • Lalu buka Google Play dan download aplikasi Whatsapp
  • Lakukan proses login dengan memasukkan nomor ponsel dan negara asal
  • Cek SMS dan input kode OTP-nya di kolom yang tersedia

Nah, sekarang Whatsapp Web sudah bisa dibuka dengan tampilan layaknya WA di ponsel tanpa perlu scanner. Cara ini juga bisa digunakan bagi kamu yang ingin daftar Whatsapp di pc tanpa hp.

Kelemahan extension Android Online Emulator adalah banyaknya iklan yang mengganggu. Selain itu, kalau tidak aktif selama 1 menit, extension akan tertutup secara otomatis dan harus mengulang prosesnya dari awal.

Masuk Whatsapp Web Tanpa Scan dengan Emulator

Berikutnya ada cara lain yang bisa dicoba jika kamu tak memiliki smartphone. Sama halnya dengan cara sebelumnya, di sini kamu hanya butuh verifikasi nomor hp tanpa perlu melakukan scan barcode Whatsapp.

Kalau sebelumnya menggunakan extension Chrome, kali ini kami merekomendasikan cara menggunakan Whatsapp Web tanpa scan dengan emulator Android.

Baca Juga : Inilah Ciri-ciri Whatsapp Kamu Lagi di Sadap

Bagi yang belum tahu, emulator adalah sebuah software yang memungkinkan pengguna menyimulasikan perangkat Android ke laptop atau PC mengikuti kinerja sistem operasi Android yang terhubung.

Jika ingin masuk Whatsapp Web tanpa scan barcode dengan emulator, tentunya kamu harus download emulator terbaik yang sesuai spesifikasi PC. Setelah terpasang, silahkan ikuti langkah berikut.

  • Buka emulator-nya
  • Buka Google Play, tapi harus login dulu dengan akun Google
  • Kemudian cari dan unduh aplikasi Whatsapp
  • Jika sudah, buka aplikasinya dan daftar menggunakan nomor hp aktif yang terkait di akun Whatsapp
  • Setelah itu masukkan kode verifikasi yang dikirimkan Whatsapp via SMS
  • Terakhir, selamat kamu berhasil masuk Whatsapp Web tanpa scanner

Sebagian besar masyarakat memang lebih memilih emulator dibandingkan dua cara sebelumnya. Selain karena lebih mudah, saat ini sudah banyak emulator ringan yang cocok untuk PC spek kentang.

Beberapa emulator terbaik yang paling populer adalah Bluestack, MEmu, dan KOPlayer. Silahkan gunakan satu di antara tiga pilihan tersebut.

Memang, kalau bicara soal Whatsapp Web, scan barcode menjadi syarat wajib yang tak boleh dilewatkan demi menjaga keamanan akun agar tidak disalahgunakan orang lain. Namun, ini menjadi sebuah petaka jika hp dalam kondisi mati atau rusak.

Baca Juga : Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi

Kesimpulan

Indonesia menempati urutan ketiga sebagai negara pengguna Whatsapp terbanyak di dunia. Hal ini tak lepas dari kemudahan serta fitur yang ditawarkan. Meskipun tengah dirundung isu keamanan data, namun nyatanya Whatsapp masih tetap diminati.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara menggunakan Whatsapp Web tanpa scanner atau QR code terbaru yang bisa dicoba. Jika mengikuti cara di atas, kamu tak perlu khawatir andai lupa membawa hp saat ingin membuka pesan WA.


Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>