6 Cara Menjadi Hacker dan Menghasilkan Uang untuk Pemula

6 Cara Menjadi Hacker dan Menghasilkan Uang untuk Pemula
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Sebagian orang merasa hacker adalah profesi yang keren. Masuk ke sistem komputer tanpa diketahui penggunanya merupakan sebuah kebanggaan tak ternilai. Terlebih, banyak contoh orang yang sukses menjadi hacker dan menghasilkan uang.

Kita ambil contoh dari Indonesia, ada nama Jim Geovedi yang merupakan hacker “kawakan” dengan segudang prestasi. Salah satunya ia berhasil meretas dan mengubah arah satelit.

Namun, untuk menjadi hacker dan mendapatkan uang, kamu harus mempelajari banyak hal, terutama bahasa pemograman. Selain itu, kesabaran juga diperlukan karena waktu yang dibutuhkan tidak sebentar, bahkan bisa bertahun-tahun.

Apa itu Hacker?

Hacker adalah sebutan untuk orang yang memiliki keahlian meretas atau masuk ke jaringan secara diam-diam. Dalam melakukan aksinya, hacker harus mampu menganalisa target dengan baik agar identitasnya tidak diketahui.

Bicara soal hacker, opini yang beredar di masyarakat pasti mengarah ke kegiatan negatif atau kriminal. Padahal, ada juga hacker yang dipekerjakan untuk mencari kelemahan sistem agar data-data didalamnya tetap aman.

Di samping itu, badan intelijen atau kepolisian biasanya memiliki divisi yang diperintahkan khusus untuk memecahkan suatu kasus melalui CCTV atau melacak keberadaan pelaku kejahatan.

Dalam dunia cyber, ada istilah Black Hat dan White Hat. Keduanya adalah jenis hacker yang memiliki tujuan berbeda. Kalau diartikan, Black Hat adalah topi hitam yang merujuk pada hacker dengan tujuan jahat. Biasanya, golongan ini memanfaatkan keahliannya untuk membobol credit card, mencuri data, hingga meretas website.

Sementara White Hat, adalah jenis hacker topi putih yang menggunakan keahliannya untuk hal-hal baik. Seperti mengamankan jaringan, memperbaiki kelemahan sistem, hingga melindungi website dari virus-virus berbahaya.

Nah, sebelum mempelajari cara menjadi hacker profesional, pertama-tama tentukan dulu golongannya. White Hat maupun Black Hat memang sama-sama menghasilkan uang, namun caranya sangat jauh berbeda.

Cara Menjadi Hacker Profesional dan Menghasilkan Uang

Setelah mengetahui pengertian hacker, pada kesempatan ini kami akan mencoba mengulas tentang cara menjadi hacker dan menghasilkan uang. Namun, ini hanya panduan dasar yang wajib dipahami oleh pemula sebelum terjun ke dunia Hacker.

1. Memahami Coding atau Kode Programing

Coding adalah pelajaran wajib yang wajib dipahami jika kamu ingin menjadi hacker. Dalam artian, kamu harus benar-benar ahli dalam mengenal, menghafal, dan memahami bahasa kode pemograman.

Untuk memulainya mungkin kamu bisa mengasah kemampuan PHP, C++, dan JavaScript. Selain itu, setidaknya kamu juga harus paham tentang HTML dan CSS guna menguasai struktur dasar dalam suatu website atau program.

Kalau ingin belajar hacker secara otodidak, kamu bisa mengunjungi situs Hackerrank. Di sana ada banyak materi programing yang dapat dipelajari secara gratis.

2. Menguasai Software dan Hardware

Selanjutnya, cara menghasilkan uang dengan menjadi hacker bisa didapat jika kamu memahami seluk-beluk software dan hardware. Keduanya berhubungan dengan bahasa pemrograman dan sangat diperlukan jika terjadi gangguan sistem.

Adapun software yang terkenal di kalangan hacker adalah John The Ripper, Wireshark, hingga Sn1per. Selain itu, pahami juga jenis-jenis tools hacker seperti Kali Linux, Burp Suite, NMAP, dan Maltego.

Baca Juga : Cara Menjadi Hacker Secara Otodidak

Mungkin untuk mengasah kemampuan sebelum terjuan ke cakupan yang lebih luas, kamu bisa memanfaatkan CMD di Windows atau Terminal Console di Linux untuk mengetahui password WiFi tetangga.

Di samping itu, memahami hardware juga sangat penting jika kamu ingin menjadi hacker profesional. Pasalnya, bagian bagian ini menjadi target utama pelaku kejahatan untuk mencuri data atau menyebarkan virus.

3. Memahami Jaringan Komputer

Jaringan adalah hal penting yang juga tak boleh diabaikan jika kamu ingin menjadi hacker. Mempelajari jaringan komputer bertujuan agar kamu dapat masuk ke dalam HTTPS, mengubah IP address, maupun mengatur jaringan sesuai kebutuhan.

Adapun yang diperlukan untuk memahami jaringan komputer di antaranya IP/TCP, HTTPS, dan FTPs. Tapi, ini hanya materi dasar saja, silahkan pelajari lebih lanjut di forum atau situs yang memberikan ulasan tentang cara menjadi hacker dari nol.

4. Mempelajari NAT

NAT adalah singkatan dari Network Address Translation yang merupakan sebuah sistem dengan tujuan untuk mewakili IP kamu dengan IP milik orang lain. NAT berfungsi agar kita dapat terhubung ke jaringan internet tanpa kesulitan.

5. Mengetahui DHCP

DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol adalah sebuah protokol yang berfungsi untuk membagikan alamat IP ke klien secara otomatis tanpa harus melakukan pengaturan.

Jadi, jika jaringan yang digunakan tidak memiliki DHCP Server, maka semua komputer yang terhubung harus di-setting secara manual. Itulah kenapa DHCP sangat wajib dipelajari jika ingin menjadi hacker.

6. Memahami Port dan IP Address

Terakhir, yang tak kalah penting dalam panduan cara menjadi hacker dan menghasilkan uang adalah memahami port dan IP address. Keduanya merupakan sebuah identitas yang sangat penting dalam perangkat komputer.

Saat ini setiap komputer memiliki alamat IP-nya sendiri dan menjadi acuan bagi peretas dan cyber security untuk mengetahui alamat seseorang.

Baca Juga : Kemampuan yang Harus Dikuasai Untuk Menjadi White Hacker

Penjelasan di atas mungkin hanya materi dasar yang bisa dipelajari jika kamu tertarik di dunia hacking. Tapi intinya, hacker berawal dari bahasa pemograman. Pahami keduanya sampai benar-benar ahli, lalu lanjut ke hal yang lebih teknis.

Mungkin kamu penasaran, bagaimana cara menjadi hacker dan menghasilkan uang. Pada dasarnya, ada beberapa profesi hacker yang menjanjikan penghasilan berlimpah. Beberapa di antaranya:

  • Security Engineer
  • Security Architect
  • Konsultan Cyber Security
  • Developer Software Security
  • Incident Responder
  • Computer Forensic Spesialist
  • Security Analyst
  • Chief Information Security Officer

Kesimpulan

Menjadi seorang hacker tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak tahapan yang mesti dilalui. Tapi yang jelas, pahami bahasa pemograman dengan baik dan jangan sungkan bertanya di forum-forum hacker luar maupun dalam negeri.

Itulah beberapa panduan singkat tentang cara menjadi hacker dan menghasilkan uang dengan menjual kemampuan dan bukan menyalahgunakannya. Meskipun butuh waktu yang cukup lama, kalau ditekuni pasti akan ada hasilnya.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>