Cara Cek Backlink Website Orang Lain dan Tools yang Digunakan

Cara Cek Backlink Website Orang Lain dan Tools yang Digunakan
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.comCara Cek Backlink Kompetitor. Konten merupakan faktor terpenting dalam sebuah website. Namun, kita tak boleh melupakan kehadiran backlink. Pasalnya, pada banyak kasus, peringkat artikel di mesin pencarian juga ditentukan dari jumlah dan kualitas backlink.

Bahkan, pakar SEO mengatakan bahwa backlink menjadi pondasi bagi website untuk bersaing  dengan website lain. Hal ini terbukti di halaman pertama Google, rata-rata diisi oleh situs besar yang punya reputasi dan backlink bagus.

Meskipun untuk menanam backlink harus mengeluarkan biaya, tapi sebenarnya kamu bisa mendapatkannya secara gratis. Cara paling mudah bisa dengan cek backlink website lain melalui tools Backlink Checker.

Pengertian Backlink dan Manfaat Untuk Website

Istilah backlink sendiri mengacu pada link yang mengarah ke website kita. Tapi, tidak semua backlink dikatakan bagus. Ada juga yang bisa berdampak buruk jika situsnya tidak relevan atau dipandang negatif oleh Google.

Sementara definisi backlink adalah link yang ditanam ke banyak tempat dan diarahkan ke website kita. Umumnya, link tersebut dapat disesuaikan dengan permintaan, mau masuk ke artikel, halaman, atau URL situs.

Tapi, untuk menghasilkan backlink berkualitas, link-nya harus ditanam secara natural dan dofollow. Kalau hanya sebatas menyebar link ke komentar Youtube atau media sosial, itu termasuk backlink nofollow yang tidak ada efeknya. Jadi, dalam memilih backlink, kamu harus berhati-hati dan memperhatikan reputasi serta peringkat website tersebut di SERP Google.

Nah, sebelum masuk ke pembahasan cara cek backlink website orang lain, simak beberapa manfaat backlink untuk website atau blog berikut ini.

1. Meningkatkan Posisi Website di Search Engine

Meskipun ini bukan manfaat backlink yang mutlak, namun ketika menanam backlink di website ber-authority tinggi, persaingan di mesin pencarian akan lebih mudah. Selain itu, jika optimasi rutin dilakukan, dalam beberapa hari posisi artikel pasti naik ke page one.

2. Proses Indexing Lebih Cepat

Search engine umumnya akan memudahkan indeks situs atau web yang punya link masuk dan keluar berkualitas. Dengan adanya backlink, khususnya website baru, waktu yang dibutuhkan untuk nangkring di halaman Google akan lebih singkat.

Meskipun kontennya bagus, tapi kalau tidak disertai backlink, biasanya proses indexing akan lebih sulit, bahkan bisa sampai berbulan-bulan.

3. Mudah Mendapatkan Kunjungan

Terakhir, manfaat backlink yang tak kalah penting adalah mendapatkan pengunjung tambahan dari website yang memberikan link sesuai pembahasan. Itulah alasan kenapa backlink harus ditanam secara natural dan relevan.

Cara Cek Backlink Website Orang Lain

Sudah paham kan manfaatnya? Sekarang kita bahas cara melihat backlink kompetitor melalui tools online. Kalau ingin gratisan, kamu bisa menggunakan WebsiteSEOChecker. Situs ini sepenuhnya gratis, tapi sangat berguna.

Berikut langkah-langkah cek backlink website lain dengan WebsiteSEOChecker.

  • Pertama kunjungi URL https://websiteseochecker.com/domain-authority-checker/
  • Lalu masukkan tiga website yang mau dicek backlink-nya
  • Centang reCAPTCHA dan klik tombol Check
  • Selanjutnya akan muncul Website Authority yang menunjukkan DA, PA, hingga rank Alexa
  • Klik ikon mata rantai atau BL
  • Kemudian akan terbuka Tab baru yang menampilkan backlink-backlink dari website tersebut.

Setelah itu, kalau backlink-nya dofollow, berkualitas, dan jenisnya komentar, kamu bisa menanam link di website tersebut. Caranya begini:

  • Klik salah satu baris di kolom Source
  • Kemudian akan terbuka website di Tab baru
  • Scroll ke bawah sampai terlihat form komentar
  • Isikan nama, email, URL situs, dan komentar
  • Lalu klik Submit

Adapun beberapa faktor yang menandakan backlink komentar berkualitas adalah Skor CF dan TF di atas 20, Type-nya Dofollow, dan QB atau Quality Backlink minimal 20%.

Selain itu, kamu juga harus memeriksa Spam Score-nya, pastikan tidak lebih dari 10%. Kalau lebih dari batas tersebut, kemungkinan SS website kamu juga ikut naik. Di atas adalah cara yang sering saya gunakan untuk memeriksa backlink dari website kompetitor melalui Website SEO Checker. Kemungkinan di tools lain langkah-langkahnya tidak jauh berbeda.

Daftar Tools Cek Backlink Website

Nah, setelah mengetahui cara cek backlink website orang lain dengan WebsiteSEOChecker, ada tools alternatif yang bisa kamu coba. Biasanya, ini saya gunakan sebagai cara kedua bila opsi backlink-nya terbatas.

1. Ubersuggest

Ubersuggest adalah platform yang didirikan oleh Neil Patel dengan tujuan memfasilitasi pemilik website agar mampu bersaing di mesin pencarian. Selain research keyword, ini juga bisa digunakan untuk melihat backlink website kompetitor.

2. SmallSEOTools

Selain untuk memeriksa plagiarism artikel, SmallSEOTools juga memiliki tool untuk cek backlink. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai alternatif kalau tools lain sudah mencapai batas harian. Namun, backlink yang ditampilkan tidak selengkap Moz Premium.

3. Cognitiveseo Explore

Cognitiveseo Explore adalah tool backlink checker yang cukup powerful untuk melihat backlink website orang lain. Menariknya, situs ini sangat mudah digunakan dan gratis. Namun, per hari kamu diberi batas penggunaan maksimal lima kali.

4. Openlinkprofiler.org

Tak jauh berbeda dari sebelumnya, Openlinkprofiler.org juga termasuk tool cek backlink untuk memeriksa link masuk ke situs sendiri maupun milik orang lain. Cara menggunakannya pun cukup mudah, tinggal masukkan nama domain dan klik “Get backlink data”.

5. Ranksignals

Bukan hanya soal kuantitas, hal terpenting dari backlink adalah kualitas. Percuma kalau banyak, namun tidak berdampak pada website. Nah, untuk melihat backlink website orang lain agar bisa bersaing, kamu juga bisa mencoba tool Ranksignals.

Kesimpulan

Selain daftar di atas, sebenarnya masih banyak tools cek backlink yang tak kalah bagus. Hanya saja, rata-rata harus berlangganan bulanan dengan biaya cukup mahal. Seperti kata pepatah, kalau ada yang gratis, kenapa harus bayar?

Demikian beberapa cara cek backlink website orang lain yang bisa kamu terapkan sebagai strategi untuk meningkatkan authority atau menyaingi kompetitor di SERP Google. Semoga bermanfaat!


Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>