Cara ScreenShot (SS) di Laptop Merk HP dan Acer

Cara ScreenShot (SS) di Laptop Merk HP dan Acer
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Dalam berbagai kesempatan, kadang kita butuh melakukan screenshot di laptop kan? Baik untuk berbagai dokumentasi kegiatan atau hanya sekedar ingin menyimpannya untuk dilihat kembali. Terlebih bagi seorang guru atau tenaga pendidik. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara screenshot di laptop, terlebih lagi cara ss di laptop merk HP Acer. Oleh karena itu, untuk memudahkan Kamu, berikut kami sajikan beberapa cara Screenshot di laptop merk HP dan Acer yang bisa Kamu praktekkan nantinya. 

Sebelum membahas cara-caranya, sebenarnya apa sih screenshot itu? Mungkin selama ini kita tahunya bahwa screenshot hanya bisa dilakukan pada ponsel saja. Padahal tidak. Dan pengertian screenshot antara di ponsel dengan laptop sama saja. Yakni menangkap gambar atau cuplikan layar menjadi bentuk foto. Di mana, keberadaan screenshot ini tergolong sangat penting dan membantu berbagai kegiatan. 

Bagi Kamu yang belum pernah melakukan screenshot di laptop pasti membayangkan, bahwa prosesnya tidak akan semudah proses menangkap layar pada ponsel kan? Padahal caranya sederhana loh. Tidak kalah mudahnya dengan menangkap layar pada ponsel. Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut.

Cara Screenshot di Laptop Acer tanpa Aplikasi

Laptop merk Acer menawarkan berbagai fitur yang cukup menarik. Sama halnya seperti fitur-fitur yang ditawarkan oleh laptop lainnya. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan adalah fitur untuk menangkap layar. Ataupun Screen Capture. Fitur ini memungkinkan Kamu mengambil gambar yang tengah ditampilkan pada layar laptop. Adapun cara screenshot di laptop merk Acer tanpa aplikasi ialah.

1. Menggunakan Windows + Shift + s

Cara pertama yang bisa Kamu gunakan adalah dengan memanfaatkan keyboard. Cara screenshot di laptop satu ini sangatlah mudah. Ikuti cara-cara berikut.
  • Tampilkan layar pada bagian yang akan Kamu tangkap gambarnya.
  • Lalu tekan ketiga tombol tadi, yakni windows, shift, dan s  sekaligus.
  • Setelah Kamu menekan ketiga tombol tadi, maka layar pasti akan terlihat lebih gelap. Jika sudah demikian, hal ini menandakan bahwa tangkapan layarnya sedang aktif. Dan sekarang, Kamu bisa meng klik dan drag kursor atau mouse ke bagian yang akan Kamu screenshot, lalu lepaskan tombolnya kalau sudah selesai.
  • Hasilnya akan tersimpan pada clipboard. Maka, jika ingin membukanya, Kamu meski memakai aplikasi edit gambar terlebih dahulu. Misal, dengan memanfaatkan aplikasi edit gambar bawaan, yakni paint. Langsung buka saja aplikasi tersebut, dan langsung paste gambarnya. Atau dengan ctrl, v secara bersama-sama. Atau, Kamu juga bisa mengklik kanan, lalu pilih paste.
  • Selesai deh. Kamu tinggal menyimpan gambar tadi melalui aplikasi paint.

2. Dengan Tombol Print Screen

Cara screenshot di laptop satu ini merupakan cara yang paling umum. Karena sudah support dengan segala jenis windows. Selain itu, cara satu ini juga tergolong sangat sederhana.
  • Tampilkan layar pada bagian yang akan Kamu tangkap gambarnya.
  • Lalu, tekan PrtSC/PrtSC SyaRq yang ada pada keyboard Kamu. Ketika tombolnya sudah bekerja, maka biasanya seperti tidak ada reaksi atau tanda-tanda apapun. Atau ada juga yang bagian layarnya berkedip. Jika sudah, maka secara otomatis, hasilnya tersimpan ke clipboardnya.
  • Dan lakukan hal yang sama. Yaitu dengan cara mem paste gambar tadi ke paint terlebih dahulu, lalu simpan ke laptop Kamu.

Cara Screenshot di Laptop Merk HP

Cara screenshot di laptop yang kedua adalah pada laptop HP. Bagi Kamu yang menggunakan laptop HP, biasa menangkap layar dengan beberapa cara berikut.  Secara umum, terdapat dua cara screenshot di laptop HP yang bisa Kamu lakukan.

1. Dengan keyboard FN + Prt SC

Cara satu ini disebut atau dikenal dengan istilah print screen ya. Untuk cara lengkapnya seperti dibawah ini:
  • Tekan tombol FN pada keyboard bersamaan dengan prt sc.
  • Windows akan melakukan proses penangkapan layar, kemudian menyimpannya ke clipboard.
  • Selanjutnya, buka aplikasi edit foto pada laptop. Kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan berupa paint, atau aplikasi lainnya.
  • Lalu, paste hasilnya ke paint. Caranya sama seperti Kamu mem-paste text pada umumnya. Yakni dengan menekan ctrl+v.
  • Terakhir, Kamu bisa menyimpan gambarnya. Dengan mengklik save pada bagian atas, dan pilih save as.

2. Menggunakan tombol PRT SC 

Cara screenshot di laptop yang kedua adalah menggunakan tombol PRT SC. Caranya juga sangat mudah. Kamu langsung mencobanya dengan panduan seperti dibawah:
  • Pada bagian atas keyboard, Kamu bisa mencari tombol Prt Sc. Tekan saja tombol tersebut.
  • Kemudian, tampilan layar secara full akan langsung disimpan ke clipboard Kamu.
  • Selanjutnya, tinggal paste gambar agar bisa tersimpan. Caranya adalah dengan buka aplikasi paint atau edit foto lainnya.
  • Paste hasil tangkapan layar tadi dengan mengkombinasikan tombol ctrl + v.
  • Terakhir, simpan dengan menekan tombol save, lalu save as.
  • Selesai, Sekarang, Kamu sudah bisa melihat hasil tangkapan layar tersebut.
Nah, jika ternyata Kamu tidak ingin melakukan tangkapan layar full, maka Kamu bisa kok menangkap layar hanya pada bagian atau tampilan aplikasi yang terbuka. Caranya adalah dengan menekan tombol alt, prt sc bersamaan. Kemudian tinggal paste saja ke aplikasi paint, edit foto, atau bahkan ke ms Word. Lalu simpan deh. Jika pun Kamu menangkap layar secara full, Kamu bisa kok memotongnya menggunakan paint. Cara diatas yang sudah kami tulis bisa diterapkan juga untuk laptop merk Lenovo, ASUS, Dell, HP, Toshiba dan yang lainnya.

Demikian seputar cara ss di laptop Acer atau HP di windows 7 yang bisa Kamu lakukan. Gampang banget kan? Jika ada pertanyaan bisa komentar dibawah ini. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>