30+ Tools Backlink Penting yang Harus Dimiliki Blogger (Gratis/Berbayar)

30+ Tools Backlink Penting yang Harus Dimiliki Blogger (Gratis/Berbayar)
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - JIka kamu mencari sesuatu search engine Google, kamu akan disuguhkan kumpulan artikel yang sangat membantu. Lalu kenapa Google bisa tahu? Kenapa suatu website bisa muncul di pencarian teratas? Google dapat mengerti satu artikel yang relevan dengan apa yang kamu cari karena banyak hal, salah satunya yakni backlink. Untuk website, backlink sendiri dapat meningkatkan performa pada pencarian Google. Backlink juga sangat diperlukan untuk membantu traffic organik, jadi situs kamu bisa naik pada peringkat teratas Google.

Nah, untuk itu jika kamu seorang blogger yang sedang mencari tools backlink terlengkap kami akan share beberapa tools backlink penting. Dengan tools backlink kamu bisa dengan mudah untuk mendapatkan kualitas link terbaik menuju ke situs kamu. Dan juga dari tools ini bisa dipakai untuk menyusun strategi link building website.

Pengertian Tentang Backlink

Backlink adalah link yang dipasang disuatu website yang mengarah ke halaman blog atau situs yang kamu miliki.  Jika Kamu mengambil link website lain, maka kamu merupakan pemberi backlink. Sebaliknya, jika ada website yang memiliki link mengarah ke blog kamu, Jadi kamu adalah penerima backlink. Google pasti terus melakukan crawling halaman website dengan kata kunci yang spesifik. Nah, jika memiliki backlink, akan akan makin mudah Google ini menemukan blog kamu. Kenapa karena Google bisa saja menemukan link ke website kamu dari website lain.

Cara Google melihat backlink dari website itu relevan dengan topik terkait yakni dengan melihat jenis backlink. Karena backlink terdiri dari 2 jenis Dofollow dan Nofollow.

Tools Backlink Untuk Blog Terbaik Gratis

Beberapa website menyediakan tools backlink gratis untuk kebutuhan SEO blog kamu. Untuk kamu yang masih belajar SEO. Di rekomendasikan untuk memakai tools Backlink pada blog dengan memakai Tool gratis yang tersedia dibawah ini.

1. Wirefox SEO ToolKit

Wirefox SEO Toolkit terdiri dari sejumlah alat SEO berharga yang dapat digunakan untuk mengaudit dan menilai situs web pada kinerja SEO mereka. Mereka juga memberikan informasi dan tips berharga yang dapat Kamu gunakan untuk meningkatkan profil SEO situs web Kamu. Ketika Kamu mengkliknya, toolkit terbuka saat menggunakan URL saat ini sebagai halaman untuk diaudit.

Semua alat SEO yang ditemukan di Wirefox SEO Toolkit gratis dan dapat digunakan untuk mengaudit situs web apa pun. Toolkit ini mencakup banyak sumber daya &alat yang dapat berguna bagi para profesional SEO, Pengembang Web, dan Pemasar Online. Berbagai alat dalam toolkit kami, sangat mudah digunakan. Salah satu alat, ketika diklik akan membuka tab baru dan URL halaman saat ini akan diteruskan ke alat dan data URL yang diberikan akan ditampilkan untuk dilihat & digenggam dengan mudah. Link!

Proses Instalasi Toolkit WIREFOX SEO

Kamu dapat dengan mudah menginstal Toolkit kami, menggunakan langkah-langkah berikut:
  1. Klik tombol "Tambahkan ke Chrome"
  2. Kamu akan diarahkan ke layar berikutnya, di mana Kamu dapat mengklik tombol "Tambahkan Ekstensi"
  3. Sebuah pesan akan muncul dengan teks "The Wirefox SEO Toolkit telah berhasil ditambahkan ke Chrome"
  4. Sekarang Kamu dapat melanjutkan dan menggunakan Toolkit!

2. MozBar

MozBar memberi Kamu metrik instan saat melihat halaman atau SERP apapun. Buat pencarian khusus berdasarkan mesin, negara, wilayah, atau kota. Dengan cepat menilai Otoritas Halaman dan Otoritas Domain dari situs atau halaman apa pun. Dengan add-on browser ini, Kamu dapat melakukan pencarian khusus oleh mesin pencari, melihat metrik di halaman, mengekspor data SERP ke CSV, dan banyak lagi. Link!

3. SEOQuake

SEOquake merupakan plugin gratis yang memberi Kamu metrik SEO utama, bersama dengan alat berguna lainnya contohnya Audit SEO dan banyak lainnya. SEOquake memungkinkan Kamu untuk:
  • Tinjau semua metrik utama dalam sekejap
  • Dapatkan analisis menyeluruh tentang SERPs dan ekspor hasilnya dalam format CSV
  • Memperkirakan kesulitan kata kunci secara instan
  • Mengatur parameter untuk kueri pencarian 
  • Audit SEO dari halaman web dan pemeriksaan kompatibel seluler 
  • Periksa statistik sosial Kamu untuk Facebook dan Google+
  • Gunakan berbagai parameter default atau membuat satu set kustom
  • Laporan lengkap dari tautan internal dan eksternal 
  • Menentukan kepadatan kata kunci dan mengonfigurasi daftar stop-word
  • Bandingkan URL/domain
Pengaya browser chrome atau mozilla yang berguna yang melampirkan bilah dengan beberapa metrik untuk situs web yang kamu lihat atau terdaftar dalam pencarian Google/Bing. Link!

4. Keywords Everywhere

Keywords Everywhere adalah ekstensi chrome freemium yang membantu Kamu dengan Keyword Research. Ini menunjukkan volume pencarian bulanan, data BPK &persaingan di 10+ situs web. Ini mempunyai beberapa tools bawaan untuk menemukan kata kunci dari kata kunci kamu, dan untuk menunjukkan kata kunci dari peringkat halaman atau domain mana pun di SERPs. Untuk pengguna gratis kamu bisa mendapatkan Kata Kunci menunjukkan metrik Kesulitan SEO, bagan Tren, Kata kunci terkait, "orang juga mencari", Kata kunci tren &kata kunci ekor panjang di widget di sisi kanan Google. Mereka melihat perkiraan lalu lintas organik dan 5000 kata kunci teratas untuk semua halaman &situs web di Google. Mereka juga melihat metrik tautan Moz untuk domain yang ada dalam hasil pencarian organik. Link!

5. Article Scrapers (SEO Content Machine)

Tools pembuat konten multi-bahasa pertama yang memudahkan kamu untuk membuat Konten SEO Dalam Beberapa Menit.Tidak hanya itu alat ini bisa membuat 1000 artikel dengan Sisipkan gambar, video, tautan, subjudul, daftar, pertanyaan & jawaban secara otomatis. Bahkan bisa menemukan 100-an kalimat topik yang relevan untuk artikel kamu berikutnya. Pilih daftar kalimat dengan mudah untuk memulai artikel. Filter kalimat berdasarkan daftar kata kunci yang direkomendasikan yang dibuat secara otomatis. Sayangnya jika kamu ingin mendapatkan semua fitur kamu harus pilih yang Premium. Link!

6. Article Spinners

Tools Backlink Gratis yang harus kamu punya yaitu Article sepinner. Article spinning merupakan aktivitas seseorang yang bertujuan untuk membuat konten atau artikel baru dari konten/atikel yang sudah ada sebelumnya memakai tools yang biasa disebut spinner. Hasil akhirnya nanti diberi nama: spin article

A. Best Artikel Spinner (Gratis) : Best Spinner dibuat untuk memberikan alat pemintal terbaik dengan nilai terbesar untuk semua pengguna dan tiga bahasa.Tools ini memahami apa yang dibutuhkan untuk menyediakan perangkat lunak yang canggih, mudah digunakan untuk memberikan pengguna kemampuan untuk membuat konten artikel dengan cepat secara gratis. Link!

B. Spin Rewriter (Free Trial) : Tools Spin Rewriter dapat menghemat waktu dan uang Kamu. Dibutuhkan satu artikel mengubahnya menjadi 100% unik, artikel berkualitas seperti tulisan manusia. Semua artikel unik ini akan membuat peringkat blog kamu lebih tinggi, dan bisa mendapatkan kata kunci yang lebih banyak. Link!

C. Word AI (Free Trial) : WordAi memakai mesin canggih untuk memberikan tulisan ulang berkualitas tinggi yang tidak bisa dibedakan dari konten yang dibuat oleh manusia. Fitur seperti Restrukturisasi kalimat lengkap, Perkaya Teks, Jelaskan ide yang sama secara berbeda, Tingkatkan Kualitas tulisan, Tingkatkan Kejelasan Tulisan dan memishkan kalimat. Link!

D. Chimp Rewriter (Versi gratis & Berbayar) : Chimp Rewriter Membantu kamu Membuat Konten Baru memakai Alat AI Tercanggih Chimp Rewriter adalah penulis ulang artikel yang menggunakan kekuatan Artificial Intelligence dan Natural Language Processing (NLP). Teknologi ini memudahkan kamu untuk mencari, menganalisis, dan menulis ulang konten secepat kilat. Link!

7. Plagiarism checkers

Tool Backlink Penting yang lain adalah Plagiarism checkers. Menurut penulis disini alat ini memang harus kamu miliki dan pakai ketika sudah selesai membuat konten. Tool Plagiarism checkers bisa membantu kamu mendeteksi sebuah disebuah bagian yang diduga plagiat dari sebuah karya orang lain. 

A. Small SEO Tools Plagiarism Checker (Gratis) : Alat ini adalah tools favorit blogger karena gratis, simple dan cepat untuk menemukan kata plagiat. Cukup copy pastekan tulisan kamu maksimal 1000 kata klik submit. Kamu akan langsung mengetahui mana saja kata yang terdeteksi sebagai plagiat. Link!

B. Grammarly Plagiarism Checker (Sign up Required) : Bisa mendeteksi plagiarisme dari miliaran halaman web juga dari database akademik ProQuest. Pemeriksaan plagiarisme gratis bisa memberi tahu kamu apakah teks artikel mengandung konten duplikat atau tidak. Pemeriksaan plagiarisme Premium juga menyoroti bagian-bagian yang memerlukan kutipan dan memberi kamu sumber daya yang kamu butuhkan untuk mengkredit sumber dengan benar. Link!

C. Duplichecker (Gratis):  Sama Seperti lainnya Tools yang memeriksa tulisan artikel duplikat hasil karya orang lain. Tetapi tidak hanya itu website ini memiliki tools SEO gratis lain yang bisa kamu manfaatkan. Link!

8. Keyword Research Tools

Selanjutnya kamu juga harus belajar dengan menggunakan tools "Keyword Research Tools" artinya kamu harus Riset Keyword. Terdapat beberapa tools yang dapat membantu kamu saat melakukan riset keyword. Diantaranya ada yang gratis maupun berbayar.
  • UberSuggest - Gratis Link!
  • Keywords Everywhere - Gratis extension Link!
  • Answer The Public - Gratis Link!
  • Google Keyword Planner - Gratis Link!
  • Ahrefs Keyword Generator - Gratis Link!
  • Ahrefs Keyword Difficulty Checker - Gratis Link!
  • Ahrefs Backlink Checker - Gratis Link!
  • Ahrefs Website “Authority” Checker - Gratis Link!
  • Ahrefs - Berbayar Link!
  • SEMRush - Register & Berbayar Link!

9. Tools Pembuat Backlink

Backlink adalah faktor penting jika kamu ingin membangun blog, dengan trik ini kamu bisa memahami bahwa membuat backlink artinya kamu sudah mempromosikan blog. Pasti kamu sudah mengerti tentang Pentingnya Promosi. Jika kamu menggunakan tools ini akan mempermudah untuk kamu membuat backlink. Jika kamu ingin membuat backlink secara manual kamu bisa membaca triknya di Cara Mencari Ribuan Backlink Profile dengan Dork

10. Tools Cek Backlink Kompetitor

Keyword pada mesin pencari tak bisa abadi, karena sebagus apapun metrik blog dan strategi SEO yang kamu lakukan suatu saat akan mengalami penurunan dari mesin pencarinya karena adanya kompetitor lain yang memiliki optimasi lebih baik. Untuk itu kamu butuh Tool Cek Backlink Kompetitor. Seperti dibawah ini.
Demikianlah artikel tentang Tools Backlink Penting untuk blogger. Semua tools diatas yang akan digunakan dapat membantu kamu untuk membuat backlink berkualitas. selain membuat backlink kamu juga bisa untuk melakukan blogwalking ke blog lain dan berkomentar disana. Semoga bermanfaat. Terima kasih!

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>