Iklan Billboard

Agar Tidak Menyesal ! Ini Tips Membeli Smartphone Bekas

Smartphone di era digital sekarang sudah menjadi kebutuhan khusus dan bahkan primer. Tak bisa dipungkiri, mulai dari anak kecil hingga dewasa hampir semua memiliki Smartphone. Kecanggihan teknologi yang berkembang sangat cepat membuat pabrik smartphone itu sendiri menciptakan smartphone dengan model baru terus-menerus.



Kita sebagai pengguna harus bijak dalam menyikapi. Mengikuti perkembangan smartphone yang terus menerus seperti itu dapat sangat merugikan. Terutama bagi mereka yang memiliki dana terbatas dan harus membagi pengeluaran bulanan-nya. Pada akhirnya membeli smartphone bekas/ seken menjadi pilihan utama. Tapi tak usah takut dalam membeli smartphone bekas, karna disini kami punya tips pintar untuk Anda dalam memilih dan membeli smartphone bekas, simak!

1. PERHATIKAN SPESIFIKASI-NYA

Smartphone yang kita gunakan dapat diibaratkan wadah penampungan, jika wadah tersebut semakin tua dan kecil, maka kita tak bisa menampung air yang banyak.  Begitu juga smartphone, kita harus memperhatikan spesifikasinya, sehingga kita masih dapat menggunakannya dalam jangka waktu minimal 1 tahun ke depan.

2. PAHAMI BARANGNYA TERLEBIH DAHULU

Saat akan membeli smatrphone bekas, ada baiknya anda benar – benar mengerti akan barang tersebut terlebih dahulu. Baca dahulu keterangan yang diberikan penjual, lalu jangan sungkan untuk menanyakan keterangan lain yang kurang jelas. Dengan begitu anda akan tau kondisi sebenarnya dari smartphone tersebut.

Baca Juga : Cara Ampuh Jadikan Baterai Android Awet dan Tahan Lama

3. UTAMAKAN UNTUK MELAKUKAN COD

COD atau biasa dikenal dengan Cash-On-Delivery adalah sistem yang umum diketauhi di marketplace barang elektronik. Sistem ini memungkinkan pembeli dan penjual bertemu di suatu tempat, dan melakukan deal barang di sana. Keuntungan melakukan hal ini adalah kita dapat mengetauhi langsung kondisi fisik dari barang tersebut, sehingga kita bisa lebih yakin untuk membeli smartphone tersebut.

4. CEK SEMUA FITUR SMARTPHONE

Sebagai smart buyer, hal ini wajib anda lakukan. Kendati memakan waktu lebih lama, tapi hal ini dapat menghindari anda dari penipu yang ingin menjual ‘barang rusak’ (terkecuali sudah diberitahu beberapa kondisi kekurangan smartphone yang dijual). Adapun fitur yang dapat anda cek berupa kamera, suara (speaker), dan jaringan, baik data seluler maupun wifi.

5. GUNAKAN PIHAK KETIGA

Apabila cara seperti COD tidak mungkin dilakukan. anda dapat menggunakan pihak ketiga, seperti toko online. Di toko online sendiri transaksi akan dijamin 100%, dan terlebih anda akan sangat diuntungkan. Pasalnya, jika barang yang anda terima tidak sesuai pesanan – atau bahkan cacat – anda dapat mengajukan komplain, dan uang anda akan dijamin keamanannya.

Baca Juga : Tips Memperkuat Sinyal WiFi di Android

6. BELI BARANG BNOB

Barang BNOB atau dikenal dengan Brand New On the Box adalah barang yang biasanya dibeli hanya untuk dilakukan review dan tanpa berniat untuk menggunakan pribadi. Biasanya barang seperti ini banyak dijual oleh reviewer di Youtube atau bahkan para blogger. Barang BNOB punya keuntungan, selain lebih murah, barang BNOB juga masih punya garansi panjang.

7. LAKUKAN FACTORY RESET

Factory Reset atau Setelan Pabrik adalah fitur dalam smartphone yang memungkinkan pengguna untuk menghapus semua data yang ada di smartphone tersebut. Tujuan melakukan Factory Reset adalah memastikan tidak ada akun lama si penjual yang menyangkut di ponsel tersebut. Factory Reset juga dapat digunakan untuk menghindari penipuan berkedok ‘Lupa Sandi’, karena untuk beberapa smartphone (seperti Xiaomi), Factory Reset tidak dapat dilakukan jika masih ada akun yang menempel.

KESIMPULAN

Demikian Tips Membeli Smarthpone Bekas. Jadilah smart buyer dengan menambah pengetahuan, sehingga anda tidak menyesal dan mudah ditipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel