Widget HTML Atas

Alamat IP Harus di Sembunyikan ? Ini Alasan dan Penjelasannya


Alamat IP Harus di Sembunyikan - Pada Saat ini internet telah menjadi kebutuhan banyak orang. Sekarang semua orang bisa mencari apa saja di Internet, apakah itu tugas dari sekolah, resep memasak, bidang ketenagakerjaan, Trik game dan banyak lagi. Namun masih sedikit orang yang tidak memperdulikan dengan keamanan smartphone dan menjaga privasi saat online dan juga menyembunyikan alamat IP. Hal ini membuat meningkatnya ancaman keamanan cyber.

Misalnya munculnya malware, dan ransomware seperti WannaCry dan BadRabbit yang sempat menghebohkan dunia. Harusnya Anda sebagai pengguna internet mulai sadar untuk meningkatkan keamanan perangkat saat browsing sehingga tidak ada data sensitif dapat dicuri dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain menggunakan anti-virus, Anda juga dapat menggunakan VPN untuk menyembunyikan kegiatan browsing IP Anda lebih aman dan nyaman. Berikut adalah Alasan dan Penjelasan Alamat IP Harus di Sembunyikan.

Alamat IP Harus di Sembunyikan

1. Mencegah Adanya Pelacakan


Saat ini free wi-fi ditemui di banyak tempat umum, seperti di kafe-kafe, bandara, restoran, hotel dan sebagainya. Ada banyak orang yang bisa melacak pencarian Anda saat anda terhubung dengan jaringan.

Sebagai contoh, Penyedia jaringan wi-fi yang dapat menjual data Anda kepada pengiklan untuk tujuan penjualan, ada juga hacker yang diam-diam bisa mengakses informasi penting Anda. Menyembunyikan IP Anda saat menggunakan jaringan publik dapat membuat Anda tidak terlihat, sehingga aman dari hal-hal berbahaya yang mungkin sedang memata-matai anda saat terhubung dengan Wi-fi gratisan.

Baca Juga : Cara Hacker Membobol Android Lewat WiFi Publik

2. Sembunyikan Lokasi


Hanya alamat IP serta informasi tentang ISP (Internet Service Provider) yang sudah memiliki akses luas tentang riwayat browsing internet Anda, seseorang dengan mudah melacak lokasi Anda secara detail. Ini bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Cara Melacak Alamat Rumah Penipu Online

3. Menghindari Tampilan Iklan


Riwayat pencarian menggunakan internet selalu meninggalkan cache yang digunakan untuk membuat pengiklan menargetkan produk atau jasa berdasarkan kebiasaan browsing Anda. Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa tiba-tiba ada iklan sebuah hotel baru muncul ketika Anda menonton YouTube? Nah, dengan menyembunyikan IP Anda maka aktivitas online tidak akan terlihat sehingga tidak ada kegiatan yang bisa menjadi dasar pengiklan untuk menampilkan iklan mereka di mana pun Anda browsing.

4. Membuka Website yang di Blokir


Selain dapat merasakan rasa aman ketika sedang terhubung ke Internet, menyembunyikan alamat IP juga dapat membuat Anda bisa membuka website yang diblokir karena alasan tertentu, misalnya mengandung unsur kekerasan atau konten dewasa. Anda hanya perlu layanan VPN untuk menyembunyikan IP Anda.

Baca Juga : Cara Setting VPN di Windows 10

5. Mencegah Jejak Digital


Dengan menyembunyikan alamat IP Anda, berarti Anda mencegah jejak digital dari aktivitas online saat anda terhubung ke internet. Dengan cara ini Anda akan tetap anonim saat browsing berbagai situs tanpa meninggalkan jejak. Anda juga dapat mengakses situs apa saja tanpa takut dan was-was dari pihak yang tidak punya kepentingan.

Baca Juga : Trik Mencuri Data Lewat Media Sosial

Itulah artikel tentang Haruskah Alamat IP Harus di Sembunyikan Dengan keamanan saat browsing, perangkat dan data pribadi Anda akan jauh lebih aman dari oknum yang tidak bertanggung jawab yang selalu berusaha untuk menemukan celah keamanan.

Mari kita menjadi pengguna internet yang cerdas lebih mengerti bagaimana melindungi diri dari hal-hal buruk yang bisa menyerang ketika terhubung ke internet.

Sumber : Kabargames.id