5+ Cara Ampuh Mengatasi Dan Cegah Virus Masuk Komputer 2020

5+ Cara Ampuh Mengatasi Dan Cegah Virus Masuk Komputer 2020
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Cara Mencegah masuknya virus, malware, dan adware pada Komputer Windows 7, 8, 9, 10. Setiap pengguna laptop sering takut dengan nama virus. Di sisi lain, jika orang-orang sering bilang kerusakan komputer disebabkan oleh virus. Ketakutan itu sampai-sampai tidak berani memasukan Flashdisk orang lain karena takut ada virus akan masuk ke Laptop.

Sebuah virus komputer adalah program komputer yang bisa menyalin atau menggandakan dirinya sendiri juga menyebar dengan cara menyisipkan salinan ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer bisa dianalogikan seperti virus biologis yang menyebar dengan memasukkan dirinya ke dalam sel mahluk hidup.

Virus komputer bisa merusak (misalnya seperti merusak data dokumen) pemilik merasa terganggu.
Virus pada umumnya bisa merusak software komputer dan tidak dapat secara langsung merusak hardware komputer, tetapi bisa menyebabkan kerusakan dengan cara memaksa program yang akan dimuat pada proses ke perangkat tertentu.

Baca Juga : Apakah Antivirus Bisa Mencegah Virus & Malware?

Efek negatif dari virus komputer adalah dengan menggadakan dirinya sendiri, membuat sumber daya (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% dari sistem operasi komputer berdasarkan virus Windows. Serangan lainnya GNU / Linux, Mac, FreeBSD, OS / 2, IBM, dan Sun sistem operasi. Virus bisa merusak hardware.

Cara Mencegah Virus Masuk Komputer pada OS Windows

Kita sebagai pemakai Laptop dengan OS Windows, pasti tidak mau ada Virus merusak File yang tersimpan pada komputer, terutama Virus Shortcut yang sering kali muncul di Flashdisk kamu dan pada akhirnya bisa merusak semua dokumen yang kamu miliki.

Kehadiran virus harus di cegah pada perangkat kamu seperti Laptop, terutama virus yang berbahaya contohnya seperti Worm, Trojan, Backdoor, Spyware, Rogue, Rootkit, Polymorphic virus, dan Metamorphic virus.

Jenis virus yang dipaparkan diatas mudah sekali untuk masuk ke komputer atau laptop, Untuk itu, Kamu harus mencegahnya. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Waspada dengan Media Penyimpanan

Virus paling sering masuk pada media penyimpanan contohnya Flashdisk ataupun Memori Card. Jadi berhati-hatilah dengan kedua media penyimpanan removable tersebut.


Jika misalnya Laptop kamu di tancapkan Flashdisk teman kamu, pastikan kamu scan penuh dengan Aplikasi antivirus terbaik. Jangan cuma mengandalkan antivirus lokal seperti Smadav, Scan virus Komputer juga bisa secara online caranya baca artikel : 10 Website Scan Virus Online Gratis Terbaik

Beberapa Jenis Virus yang sering ditemui pada Flashdisk biasanya Autorun atau virus shortcut. Virus jenis ini bisa  merusak dokumen, mambuat semua dokumen apapun seperti Shortcut dan tidak bisa dibuka. Virus ini sulit sekali dihapus jika kamu hanya mengandalkan antivirus lokal

2. Jangan Download Software dari Sumber Tidak Dikenal

Kamu harus waspada jangan sembarangan Mendownload Sofware. Dari beberapa sumber komputer atau laptop yang sering diapakaiuntuk mengakses internet akan memiliki resiko tinggi masuknya Virus. Berbeda dengan laptop yang jarang dipakai untuk mengakses Internet. Virus yang masuknya melalui Internet adlaah Worm, Trojan, dan malware.

Baca Juga : 6 Cara Cepat Hapus Virus Di (PC) Laptop

Untuk itu cara menghindari resiko terkena virus, baiknya kamu download file ataupun software dari situs yang terpercaya saja atau bisa langsung mengunduh software melalaui situs resmi.

3. Scanning Laptop Secara Berkala

Kamu dapat scan komputer secara rutin minimal 1 bulan sekali. Karena cara ini bisa menjadi hal terbaik mencegah terinfeksinya virus pada dokumen penting yang kamu simpan. Kita tidak pernah tahu kapan virus masuk, melalui Flahdisk teman atau bisa juga melalui internet.

4. Selalu Update Aplikasi Antivirus

Untuk mengetahui informasi terbaru dari Virus yang telah muncul di Internet, usahakan kamu selalu meng-update antivirus yang kamu miliki, bisa 1 hari sekali atau seminggu sekali. Cara ini bertujuan agar Antivirus kamu mendapatkan tambahan daftar virus dan fitur terbaru dari program antivirus.

5. Selalu Pastikan Firewall Laptop Dalam Keadaan Aktif

Firewall dapat menjadi dinding atau perisai penghalang saat virus, hacker, ataupun malware yang ingin menyerang laptop kita. Secara otomatis, firewall akan memblokir semua hal yang mencurigakan masuk ke laptop melalui media jaringan Internet.

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Terkena Ransomware

Dan Firewall juga selalu melindungi saat kita sedang mencari informasi yang kita butuhkan lewat Browsing.

6. Compress File Penting Dalam Bentuk ZIP atau RAR

Jika kamu punya file yang penting, alangkah baiknya kamu melakukan Backup pada file tersebut. Hal ini bertujuan agar Virus tidak bisa menginfeksi Dokumen yang kamu miliki.

Kumpulan Daftar Virus Yang Perlu di Waspadai


  1. Worm : Menggadakan dirinya sendiri pada hard disk. Virus Ini akan membuat sumber daya komputer menjadi penuh.
  2. Trojan : Mengambil data pada Laptop yang telah terinfeksi dan mengirimkan data tersebut kepada pembuat trojan.
  3. Backdoor : Virus ini sama dengan trojan. Tetapi, Backdoor biasanya menyerupai file yang baik-baik saja. Seperti game.
  4. Spyware : Virus yang memantau komputer yang sudah terinfeksi.
  5. Rogue : Adalah program yang meniru aplikasi antivirus dan menampilkan aktivitas seperti antivirus normal, dan memberikan peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya supaya pemilik membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu lalu mendapatakan keuntungan bagi pembuat virus rogue.
  6. Rootkit : Virus mirip dengan kerja sistem komputer yang biasa saja.
  7. Polymorphic Virus :  Virus yang suka berubah-ubah supaya tidak bisa terdeteksi.
  8. Metamorphic Virus :  Virus yang merubah  pengkodeannya sendiri supaya lebih sulit terdeteksi.

Penutup

Itulah ulasan singkat tentang Cara Mencegah dan Mengatasi Virus di Windows 7, 8, Dan 10, semoga bisa membantu kamu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan berkunjung ke facebook kami @magelang1337