Cara Live Streaming Youtube Tanpa 1000 Subscriber

Cara Live Streaming Youtube Tanpa 1000 Subscriber
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Cara live streaming youtube di pcHampir semua Youtuber pemula pasti penasaran cara live streaming Youtube tanpa 1000 subscriber. Yaps, beberapa tahun terakhir platform berbagi video ini memang memperketat semua kebijakannya termasuk siapa saja yang bisa mengakses fitur live streaming.

Kreator yang masih memiliki subscriber di bawah 1000 tentunya harus memutar otak. Pasalnya, jika melakukan live streaming, ada kemungkinan subscriber akan bertambah. Entah itu dengan live konten gaming atau live pertandingan bola.

Nah, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap cara mudah live streaming Youtube di smartphone Android dan PC tanpa software maupun dengan encoder OBS. Tapi sebelumnya, akan dijelaskan apa saja syarat live streaming terbaru di tahun 2021.

Syarat Live Streaming Youtube Terbaru 2021

Jika ingin melakukan live streaming di Youtube, kreator harus memenuhi beberapa persyaratan. Selain harus memiliki minimal 1000 subscriber, melakukan verifikasi channel juga diperlukan. Dan yang terpenting, pastikan channel tidak bermasalah selama 90 hari terakhir. 

Di samping itu, perangkat yang dibutuhkan untuk live streaming di Android minimal harus versi 5.0 Lollipop ke atas. Kalau di bawah itu, streaming-nya tidak akan berjalan dan akan muncul notifikasi perangkat tidak mendukung.

Baca Juga : Trik Hemat Kuota Saat Nonton Youtube

Meskipun ada syarat yang berlaku untuk para kreator, tapi dengan cara live streaming Youtube tanpa 1000 subscriber di bawah ini, kamu tetap bisa memulai live streaming dengan mudah.

Cara Live Streaming Youtube di PC

Perlu diperhatikan, jika baru pertama kali live streaming di Youtube, biasanya kamu akan diminta untuk verifikasi nomor hp. Selain itu, setelah terverifikasi kamu juga harus menunggu hingga 24 jam sebelum bisa melakukan live streaming.

Untuk caranya, silahkan simak beberapa langkah berikut.

  1. Langkah pertama buka Youtube Studio melalui browser Chrome di PC
  2. Selanjutnya klik menu Konten di bagian kiri layar dan klik Live
  3. Di halaman Live pilih Webcam atau klik https://www.youtube.com/livestreaming/dashboard/
  4. Selanjutnya buat judul live streaming sesuai keinginan
  5. Pilih Publik jika live streaming ingin ditonton orang, tapi kalau ingin testing pilih Pribadi saja
  6. Setelah itu tambahkan deskripsi, jenis video, dan isi setelan lainnya
  7. Terakhir klik tombol Berikutnya
  8. Pada langkah ini webcam pada komputer atau laptop sudah terbuka, atur thumbnail sesuai keinginan
  9. Jika semuanya sudah diatur, klik Live Streaming.

Nah, sekarang live streaming kamu sudah dimulai. Terlihat ada tampilan chat di sebelah kanan, jumlah penonton di atas kiri layar. Namun, cara live streaming Youtube ini hanya berlaku untuk streaming menggunakan webcam saja.

Cara Live Streaming Youtube di Android

Bagi pengguna Android yang subscriber-nya masih sedikit, kamu bisa mencoba cara live streaming Youtube di bawah 1000 subscriber dengan mengubah tampilan browser Chrome menjadi versi desktop.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Android

Pada dasarnya cara ini tak jauh berbeda dengan live streaming di PC, tapi karena banyak yang belum tahu, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama buka Youtube di browser Chrome, jangan dari aplikasi atau browser lain
  2. Selanjutnya ketuk titik tiga (atau panah ke atas) di bagian pojok kanan layar, gulir ke bawah lalu centang Situs Desktop
  3. Ketuk logo rekam yang ada tanda plus di samping gambar profil, pilih Live Streaming
  4. Jika ada notifikasi “Browser saat ini tidak mendukung streaming”, silahkan buka Google Play dan download Chrome versi terbaru
  5. Tapi kalau tidak ada notifikasi, langsung saja buat judul dan sesuaikan pengaturan streaming
  6. Kemudian ketuk tombol Berikutnya
  7. Setelah itu akan muncul tulisan “Untuk thumbnail, ayo senyum”, buat thumbnail yang menarik agar banyak yang nonton
  8. Langkah terakhir ketuk Go Live

Sekarang kamu sudah live dengan tampilan layar yang sama seperti live streaming Youtube di PC. Apabila ingin mengakhiri streaming, ketuk saja Akhiri Streaming lalu Selesai. Dan kalau ingin mengedit hasil streaming, tinggal ketuk tombol EDIT DI STUDIO.

Cara Live Streaming dengan Encoder OBS

1. Game Capture

Ini adalah source yang paling sering digunakan di OBS. Hampir semua Youtuber maupun streamer di Twitch menggunakan source ini untuk live streaming.

2. Browse Source

Tambahkan source ini jika kamu ingin membuat video reaction atau semua hal yang berkaitan dengan isi website. Di samping itu, kamu juga bisa menyesuaikan CSS dari website yang ingin ditampilkan pada live streaming.

3. Display Capture

Fungsi source OBS ini adalah untuk menampilkan layar PC atau screen recording. Sederhananya, Display Capture bisa digunakan untuk membuat tutorial seperti Photoshop dan lain sebagainya.

4. Audio

Source yang satu ini berfungsi untuk menambahkan audio ke live streaming. Jika kamu ingin mengobrol dengan penonton melalui microphone, tentunya source ini wajib ditambahkan.

5. Image

Kamu bisa menggunkan source ini jika ingin menambahkan gambar atau foto saat sedang live. Biasanya source Image digunakan oleh Youtuber reaction untuk menambahkan meme ataupun gambar lucu lainnya.

Baca Juga : Cara Mengambil Thumbnail Youtube Secara Online

Ada juga source Media Source jika kamu ingin menambahkan banyak file dari media lain. Scene, yang digunakan untuk streaming dengan 2 tampilan berbeda. Text, untuk menambahkan tulisan atau teks. Window Capture, menampilkan program tertentu pada layar.

Cara live streaming Youtube di OBS memang sedikit rumit, berbeda dari di Android atau langsung dari dashboard Youtube via webcam. Tapi, streaming dengan OBS lebih banyak keuntungan, salah satunya bisa menampilkan tampilan layar dan webcam sekaligus.

Meskipun Youtube memberikan persyaratan khusus bagi kreator yang ingin membuka fitur live streaming, tapi kamu tetap bisa melakukannya dengan channel Youtube baru ataupun yang belum mencapai batas minimum subscriber.

Demikian ulasan tentang cara live streaming Youtube tanpa 1000 subscriber di Android maupun PC yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>