Cara Menghapus Foto/Video Pribadi secara Permanen di Android

Cara Menghapus Foto/Video Pribadi secara Permanen di Android
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Pernahkah kamu menyimpan foto atau video "pribadi" di HP android dan takut tersebar? Smartphone sepert barang pribadi yang tidak bisa sembarangan orang  mengambil dan melihat isinya tanpa izin dari pemiliknya.

Tidak jarang di dalam ponsel tersimpan foto atau data rahasia yang tidak semua orang mengetahui hal ini sangat wajar. Mengingat Smartphone bisa dibilang seperti buku diary banyak menyimpan yang bersifat rahasia.  Kadang kejadian tak terduga seperti pencurian, kehilangan atau ingin menjual mengharuskan kamu menghapus foto dan data pribadi supaya tidak diketahui orang lain.

Jika foto tersebut merupakan foto pribadi. Akan sangat bahaya jika orang lain bisa membukanya. Karena teknologi saat ini foto yang sudah dihapus, masih dapat di-restore menggunakan aplikasi khusus. Jika kamu tidak mau hal itu terjadi kamu harus mengikuti cara menghapus foto pribadi dari android secara permanen.

Panduan Menghapus File Secara Permanen di HP Android

Jika kamu ingin tetap menjaga privasi agar tidak tersebar kami akan berbagi cara untuk menghapus file secara permanen di HP Android simak dibawah ini :

1. Meng-Enskripsi File

Cara menghapus foto di HP secara permanen bisa melalui fitur enkripsi. Fitur enkripsi sudah ada di hp kamu ini akan membantu menghapus secara permanen data tersebut Jika ada orang lain yang ingin memulihkan data pribadi Kamu, maka orang itu hanya bisa mendapatkan file-file rusak bahkan tak ada data yang dapat dipulihkan sama sekali. Selain itu, fitur ini bisa memungkinkan kamu untuk menambahkan kunci atau password setiap kali menyalakan hp sebelum dipakai.

2. Install Aplikasi Secure Eraser

Secure Eraser adalah salah satu aplikasi untuk menghapus foto/video dan data secara permanen dari Hp Kamu. Aplikasi ini bisa didapatkan gratis di Google Play Store juga Apple Store.

Cara menggunakannya sangat mudah, Buka aplikasi lalu kamu akan memilih dua pilihan yaitu menghapus file dari penyimpanan internal atau penyimpanan eksternal.

Baca Juga : Cara Mudah dan Cepat Mengirim File Besar di Android

Kemudian, klik ''Random'' yang ada di bagian kanan. Selanjutnya klik ''Start'' yang ada dibawah, untuk memulai menghapus semua file foto dan data-data lainnya. Sistem kerja aplikasi ini adalah menyingkirkan file dengan cara menimpa setiap ruang kosong dengan semua data secara acak supaya file tidak ditemukan dan terhapus.

Jika membersihkan file sebanyak 15 GB akan dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Jadi variasi kecepatan penghapusan foto/video atau file tergantung dari besar kecilnya memori Hp kamu.

3. Hapus data dengan File Shredder

Jika enkripsi HP tak membuat kamu cukup yakin file yang sudah dihapus tidak bisa dipulihkan kamu bisa mempertimbangkan untuk memasang file shredder. Aplikasi ini akan menghapus file secara aman di perangkat yang mungkin masih ada data yang sudah dihapus. Aplikasi Penghancur file seperti iShredder, Shreddit dan Data Eraser mempunyai cara algoritme penghancuran yang bisa dipastikan permanen. 

4. Hapus File Android dari Komputer

Jika kamu tidak mau ribet untuk memasang aplikasi pengghapus file secara permanen, kamu bisa menghubungkan ponsel Android ke Komputer dan menghapus data melalui Windows. Cara ini sangat simple untuk menemukan dengan cepat foto/video dan menghapus item tertentu permanen.

Baca Juga : Cara Ampuh Membuat Youtube Premium Gratis Selamanya

Caranya cukup hubungkan ponsel menggunakan kabel USB dan pilih ''Open device'' untuk melihat file dari AutoPlay. Atau, buka File Explorer, pilih ''This PC'' dan klik ikon drive ponsel. Lalu pilih dan hapus file mana yang ingin kamu hapus secara permanen.

Akhir Kata

Ada baiknya jika ingin mengganti HP lama kamu yang baru selalu menghapus semua file yang tersimpan pada perangkat untuk mencegah hal yang tidak di inginkan. Kamu bisa mencoba Panduan Cara menghapus File Pribadi secara permanen. Selamat mencoba!