4 Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Update 2020

4 Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Update 2020
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.comCara Mudah Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Update. Kenapa Hp tidak bisa pembaruan sistem? Pertanyaan seperti ini kadang banyak di ucapkan oleh pengguna android yang mengeluhkan aplikasinya tidak bisa diperbarui atau update. Aplikasi yang tidak dapat diperbarui akan membuat kita menjadi kesusahan karena kita tidak bisa mendapatkan fitur terbaru dari aplikasi yang digunakan.

Contohnya seperti aplikasi WA, pengguna lain sudah memakai versi 2.5 sedangkan kamu masih menggunakan 1.7. Nah, hal ini yang membuat kita kebingungan karena dari segi tampilan saja pasti sudah  berbeda, jadi terlihat jadul. Dari segi fitur kamu juga akan ketinggalan.

Penyebabnya Aplikasi Android tidak bisa Diupdate bisa bermacam-macam. Tetapi jika dilihat secara umum, masalah itu bisa terjadi karena koneksi internet yang lemot atau tidak tersedia cukup ruang dan banyaknya file yang tidak pernah dihapus sehingga terjadi error pada saat melakukan update aplikasi.

Selain hal diatas, masih banyak penyebab yang membuat aplikasi tidak bisa diupdate.

Penyebab Masalah HP Android Tidak Bisa Update Aplikasi

Jika masalah utamanya datang dari system pada perangkat. Biasanya yang tidak bisa di update pada Android contohnya aplikasi seperti Google Chrome, Youtube, Google Mail, Maps, Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger, aplikasi Gojek, Grab dan lain-lain. Tetapi masalah tidak bisa update aplikasi di Android ini lebih sering menimpa aplikasi bundle Google
dibanding aplikasi yang lain.

Mengatasi Tidak Bisa Memperbarui Aplikasi di Play Store

Pengguna Android memiliki perbedaan masalah, antara pengguna satu dengan yang lain. Sehingga kami tidak dapat menyampaikan detail apa penyebab dari masalah tersebut. Untuk tips secara umum mengatasi hal tersebut, simak beberapa solusi Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Diupdate dibawah ini.

1. Hapus Cache dan data di Google Play Store

Jika Kamu gagal waktu update dari Play Store maka sebaiknya kamu melakukan pembersihan terlebih dahulu pada file cache dan data Play Store. Dengan membersihkan data Google play store, biasanya akan membuat google play normal kembali. Dan kamu akan dapat mendownload ataupun meng-update Aplikasi dengan mudah.

Cara Membersihkan File Cache dan data aplikasi, Simak panduan dibawah ini.:




  • Buka menu Settingan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua Aplikasi » Cari aplikasi "Google Play Store" » Lalu klik "Hapus Cache" dan "Hapus Data"

2. Gunakan Aplikasi Pembersih (Clean Master)

Untuk menghapus file secara bersih dan otomatis pada semua cache yang ada di HP android, Bisa menggunakan Aplikasi Clean Master. Download aplikasi tersebut lewat Play Store.

3. Restart Ulang Smartphone Android

Matikan Hp android Kamu kurang lebih selama 10 detik, Lalu nyalakan lagi dan coba untuk memperbarui aplikasi kembali. Biasanya akan berhasil. Sebenanarnya Masih ada banyak cara lain yang mungkin lebih akurat daripada solusi yang sudah ditulis diatas. Jika solusi ini tidak bisa membantu, cobalah untuk melakukan factory reset.


#factoryreset adalah jalan terakhir yang dapat Kamu lakukan, tetapi Kamu perlu mencadangkan semua data kamu di Android.

4. Paksa Berhenti Aplikasi

Memaksa berhenti aplikasi Play Store dapat jadi solusi dari berbagai macam masalah, termasuk dengan update aplikasi. Memaksa berhenti aplikasi dapat mengatur ulang aplikasi dari awal lagi.

Kamu bisa mencoba opsi ini melalui Settings, lalu masuk ke opsi Apps, dan pilih aplikasi yang akan dipaksa berhenti.Nantinya otomatis aplikasi akan berhenti bekerja di android. Untuk mengaktifkan kembali, kamu hanya perlu membuka aplikasinya saja.


Metode ini bisa Kamu lakukan pada semua perangkat Android contohnya ROG, xiaomi, vivo, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, Samsung Galaxy, oppo, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone dan PadFone. Jika terdapat perbedaan, maka Kamu tinggal menyesuaikannya.

Itulah cara singkat tentang Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa di Update di HP Android, Mudah mudahan bermanfaat untuk kamu. Terima kasih dan selamat mencoba!