10 Cara Tingkatkan Sensitivitas Layar Sentuh Smartphone

10 Cara Tingkatkan Sensitivitas Layar Sentuh Smartphone
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Cara Mengatasi Layar Kurang Sensitif Android. Sejak smartphone di produksi dengan design full layar tanpa keyboard, peran dari touchscreen (layar sentuh) jadi begitu penting dalam pengoperasian smartphone. Karena banyak hal yang dapat dilakukan dengan menekan touchscreen, sehingga masalah Sensitivitas layar sentuh jadi salah satu hal yang sering dikeluhkan.

Jika dilihat dari tampilan, layar sentuhnya masih normal-normal saja, tak ada goresan ataupun terlihat memiliki bekas hitam di layar. Tetapi kadang layar jadi kurang sensitif karena seringnya kontak langsung pemakainya dengan layar sentuh yang membuat layar itu kehilangan sensitifitasnya.

Sulit untuk mengetahui penyebab mengapa layar jadi tidak sensitif. Berikut ini merupakan beberpa hal yang sering berakibat layar jadi tidak sensitive :

  • Arus listrik berlebihan, biasanya Android dipakai sambil nge-cas.
  • Terlalu banyak animasi, Hal ini bisa menjadi salah satu masalah apalagi saat kamu bermain game berat.
  • Layar mengalami benturan.

Dari beberapa hal diatas, Berikut tips untuk mengatasi layar tidak sensitive di smartphone kamu.

Tips Meningkatkan Sensitivitas Layar Sentuh Android


1. Kurangi Skala Animasi Pada Layar

Cara pertama adalah cara yang tidak langsung, tapi akan berdampak cukup signifikan. Untuk pengguna Andorid. Kamu bisa mengurangi skala animasi jadi lebih cepat. Prinsipnya semakin besar nilai skala animasi, maka semakin lama respon yang diberikan. Sehingga perkecil nilai skala animasinya. Tak ketinggalan juga, optimalkan kinerja RAM fungsinnya agar mempercepat prosesnya. Untuk mengoptimalkannya kamu bisa lakukan seperti dibawah ini

  • Masuk menu Setting
  • Pilih About Device
  • Pilih Info Perangkat Lunak
  • Klik Nomor versi sebanyak 5 kali sampai muncul notifikasi "Developer mode has been enabled"

Setelah kamu masuk dalam mode tersebut, kamu akan menemui menu Developer Options yang terletak biasanya tepat di atas About Device. masuk dan aturlah seperti di bawah ini.

  • Window animation scale menjadi 0.5x
  • Transition animation scale menjadi 0.5x
  • Aktifkan (ON) Force GPU Rendering
  • Aktifkan (ON) Enable 4x MSAA
  • Aktifkan (ON) Disable hardware overlays
  • Aktifkan (ON) Do not keep activities
  • Limit background process nya menjadi At most 3 processes
  • Aktifkan (ON) Show all ANRs

2. Install Pixer Fixer

Touchscreen android yang kurang sensitive juga dapat terjadi karena terdapat tanda dead pixel. Untuk atasi hal ini, Kamu da[pat menginstall aplikasi Pixer Fixer. Sinyal dinamis yang dihasilkan oleh aplikasi ini bisa memperbaiki dead pixel dan membantu layar HP kembali sensitif dan responsif kepada gerakan jari tangan ketika mengoperasikannya.

3. Bersihkan Layar Smartphone

Saat kamu terlalu sering memakai smartphone untuk aktivitas, tak menutup kemungkinan ada keringat dan kotoran yang tertempel pada layar. Bersihkan dengan memakai tisu dan tambahkan dengan handbody. Mudah bukan? kamu harus mencobanya.

4. Jangan Memakai Anti Gores atau Tempered Glasses

Cobalah untuk lepas tempered glasses, bisa saja tempered glasses kamu sudah rusak. Perlu diketahui saat ini tempered glasses dijual dengan sangat murah, Mungkin saja kualitasnya sedikit diragukan. Dari kualitas yang buruk dari sebuah tempered glasses dapat menyebabkan layar jadi tidak sensitif.


Cobalah lepas, jika memang tempered glasses penyebabnya, Kamu harus beli produk yang mempunyai kualitas terbaik dari segi sensitivitasnya. Biasanya harganya juga sedikit mahal.

5. Melakukan Kalibrasi Layar

Cobalah untuk menggunakan kalibrasi di layar Hp kamu. Cara ini bertujuan untuk menyesuaikan layar sentuh dengan sentuhan yang sudah disediakan oleh developer perangkat Android. Caranya sangat mudah. Kamu tinggal masuk ke menu Pengaturan (Settings), Lalu pilih pengaturan ponsel dan pilih kalibrasi, terakhir kamu tinggal mengikuti proses kalibrasinya.

6. Rutin Membersihkan File Sampah

Banyak sekali aplikasi di Google Play Store yang fungsinya untuk membersihkan sampah. Untuk kamu yang sering mengunduh dan uninstall aplikasi secara berlebihan, Pasti akan berdampak buruk bagi Hp kamu. Disamping membuat memori jadi penuh, akan banyak file sampah yang bisa membuat HP menjadi lambat.


Cobalah gunakan Clean Master atau CCleaner. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menghapus file sampah yang ada pada smartphonemu.

7. Jangan Menggunakan Charger Bajakan

Charger KW memang mempunyai ukuran colokan USB yang sama, Tapi bukan berarti kamu dapat gunakan sembarangan, Jika charger asli dari perangkat smartphone kamu sudah rusak saran kami jangan mengganti dengan yang bajakan.

Mengapa begitu? karena Arus listrik yang dialirkan jauh berbeda bisa membuat lonjakan arus yang berlebih pada layar HP kamu. Arus listrik berlebih inilah yang bisa menyebabkan layar sentuh smartphone jadi tidak sensitif jika kamu terus memakai charger tidak sesuai dalam jangka panjang.

8. Upgrade OS (System) Android

Denga melakukan upgrade OS ke versi terbaru, Akan membuat HP berjalan lebih cepat dan juga menjadi lancar. Hali ini dapat mengatasi potensi melambatnya kinerja android. Untuk kamu para pengguna Android, sangat disarankan supaya mengupgrade ke OS versi terbaru jika tersedia.

9. Menggunakan Smartphone pada Tempat yang Tepat

Carilah tempat yang tersedia banyak sinyal dan temperatur suhu dingin. Karena kamu bisa bandingkan saat kamu memainkan game online ditempat yang memiliki sinyal buruk dengan Wifi. Pasti terdapaat perbedaan pada sensitivitas layar.


Saat HP kamu sulit mencari sinyal dampak yang dirasakan adalah smartphone jadi panas. Dan saat keadaan panas berlebih, dapat dipastikan fungsi sensitivitas layar Smartphone kamu akan menurun.

10. Restart (Kembali Pengaturan Pabrik)

Jika cara diatas tidak juga berhasil, mungkin cara ini bisa kamu lakukan yaitu dengan merestart  handphone kembali ke awal. Konsekuensinya aplikasi yang sudah kamu download akan hilang. Dengan cara ini semua pengaturan Smartphone kamu akan kembali ke awal seperti kamu membeli HP baru.

Demikianlah Beberapa Cara Meningkatkan Sensitivitas Layar Sentuh Android yang bisa kami sampaikan. Jika kamu sudah mencoba dengan tips diatas dan belum ada hasil yang signifikan. Kamu bisa membawa HP kamu ke servis centre.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>