7+ Cara Mudah Mengatasi Android Sering Restart Sendiri

7+ Cara Mudah Mengatasi Android Sering Restart Sendiri
Daftar Isi Artikel
Mengatasi Android Sering Restart Sendiri

Sering mengalami Hp restart atau mati sendiri? Memang banyak pengguna teknologi saat ini mengalami hal ini seperti komputer dan Android. Biasannya saat lagi mengakses internet tiba - tiba Smartphone langsung mati atau restart. Pada kasus ini kebanyakan gadget mengalami suhu terlalu panas (overheat). Hal ini terjadi karena faktor suhu yang ada di lingkungan dan juga faktor kinerja dari hardware Android itu sendiri yang jarang untuk di istirahatkan.

Lalu Bagaimana Solusi dari Permasalahan HP Android sering restart sendiri? 

Setiap orang pasti memiliki masalah yang berbeda. Faktor software bisa menjadi penyebab smartphone android sering me-restart dengan tiba-tiba. Berikut adalah penyebab dan solusi, Kamu bisa melihat ulasan lengkap di bawah ini.

Penyebab Android Sering Restart / Tiba-tiba Mati Sendiri

1. Terlalu banyak tumpukan file sampah

Setiap kali kamu membuka dan menjalankan sebuah aplikasi pasti akan menghasilkan file sampah atau file cache. Dan jika file itu disimpan menumpuk dan tidak pernah dibersihkan, bisa menyebabkan kesalahan ponsel android terasa berat dan pada akhirnya sering reboot sendiri.

2. Kerusakan pada aplikasi

Jika ada aplikasi yang error ada pesan kesalahan (Force close) maka ada kemungkinan bahwa, file aplikasi tidak lengkap (Corrupt) atau aplikasi tidak compatible yang akan membuar Android sering error.

3. Sistem Android sudah di Root

Root terlihat sangat baik karena bisa mendapatkan hak akses yang lebih dapat mengakses sistem yang sebelumnya tidak bisa diakses Seperti bisa menginstal game berat yang sebelumnya tidak dapat diinstal, tetapi sebenarnya Root tidak bagus untuk HP itu sendiri.

Kadang-kadang HP telah di Root dalam beberapa kasus dapat membuat kesalahan sistem file, mungkin crash pada file tertentu dan mengakibatkan Samrtphone bisa mati sendiri.

4. Terjadi Overload Pada Chipset atau Memori RAM

Membuka terlalu banyak aplikasi atau menginstall banyak aplikasi maka hardware tidak kuat untuk melakukan semuanya.

Setiap Android memiliki kemampuan yang berbeda - beda, Maka dari itu kamu tidak perlu memaksakan sesuatu yang tidak mampu jika terus dilakukan smartphone Kamu bisa mati sendiri. Overload pada hardware utama seperti CPU, RAM memori dan GPU akan membuat error, dan akhirnya smartphone akan reebot / mati sendiri.

5. Usia Smartphone Sudah Tidak layak pakai

Android yang sudah berumur lebih dari 3 atau 4 tahun bisa dibilang sudah waktunya untuk pensiun, dan pasti kualitas performa dari hardware Android itu sendiri akan menurun. Artinya sebagai jika memang umur Smartphone sudah tua, Jangan memaksakan untuk bekerja keras dalam penggunaan.

6. Crash Pada Software

Jika aplikasi bertabrakan biasanya ada 2 antivirus atau game android. File yang bertabrakan inilah penyebabnya bisa karena update yang belum selesai sehingga membuat file tercampur aduk dan akan mengalami error. Tidak menutup kemungkinan akan terjadi restart sendiri.

7. Terdapat Virus Pada Smartphone

Virus adalah ancaman bagi semua sistem operasi, baik pada komputer atau HP. Jika ada 1 virus berbahaya saja bisa menyebabkan semua sistem akan rusak total.

Contohnya HP restart sendiri, virus juga dapat memasuki sistem reboot. Kami menyarankan Kamu menggunakan antivirus yang bagus untuk menghapus dan mencegah virus memasuki sistem android.

Cara Mengatasi Android Sering Restart

Dari penyebab yang sudah dipaparkan di atas tentu saja kamu dapat berpikir tentang masalah pada smartphone android. Untuk cara mengatasinya, Kamu dapat melihat tips berikut.

1. Membersihkan Semua File Sampah Android



Kamu tidak perlu bingung untuk menghapus file sampah atau cache mudah sekali. Dengan menginstall aplikasi Cleaner yang bisa didapatkan di playstore maka semua file cache bisa kamu hapus. Cukup dengan sekali klik semua file junk, cache, dan history bisa bersih dengan cepat.

Untuk menghapusnya secara manual Caranya Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Lalu cari “Nama Aplikasi” » Kemudian Klik “Hapus Cache”.

2. Menghapus Semua Aplikasi yang Tidak Compatible

Mungkin kamu merasa sulit untuk mengetahui dan membedakan aplikasi yang tidak kompatibel. Cukup sederhana, jika ada aplikasi tertentu yang sering mengalami Error atau force close dan mendapat pesan kesalahan berarti aplikasi tersebut tidak kompatibel.


Kenapa bisa terjadi? bisa saja OS android kamu sudah usang harus di update atau sudah tidak kompatibel dengan OS yang kamu miliki. Cara menghapusnya masuk ke menu Settings » Aplikasi »  Kemudian cari dan klik aplikasi yang ingin kamu hapus. pilih "Uninstall" untuk menghapus / uninstall aplikasi.

3. Unroot kembali Android Kamu

Jika kamu sudah pernah melakukan proses Root pada android dan sering mengalami restart smartphone dengan tiba-tba bisa disimpulkan "rooting" adalah penyebabnya.

Lakukan Unroot android agar HP Kamu bisa berjalan normal lagi. Gunakan aplikasi untuk menghapus Root atau Unroot .

4. Memasang Antivirus Pada Smartphone

Gunakanlah Antivirus yang bagus untuk menghapus dan mencegah virus supaya tidak merusak sistem android kamu. Antivirus terbaik saat ini dan biasa digunakan oleh pengguna android adalah AVG, CM Security, AVAST Mobile Security, Bitdefender Antivirus Free, dan lainnya. Kamu bisa mendapatkannya melalui Google Play Store.

5. Melakukan Factory Reset


Ini adalah cara terakhir jika cara diatas tidak berhasil, maka bisa dengan satu cara ini yang akan  mengembalikan Android ke pengaturan Awal. Tetapi jangan lupa Backup semua data kamu agar  bisa dikembalikan lagi. Caranya masuk pada menu Pengaturan » Backup & Riset » Factory Data Reset, lalu klik “Reset Phone”.

Penutup

Panduan diatas bisa kamu lakukan pada perangkat Android seperti , OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, VIVO, Samsung, Huawei, NOKIA, dan Smartphone lainnya. Jika Cara atasi Android Sering Restart Sendiri tidak bekerja sama sekali, maka Kamu harus membawa ke tempat service atau service center HP sesuai merk. Bisa jadi Smartphone kamu mengalami kerusakan pada perangkat keras (hardware). Semoga bisa membantu dan bermanfaat.