5 Cara Setting Teamviewer Agar Selalu Aktif di Android

5 Cara Setting Teamviewer Agar Selalu Aktif di Android
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Siapa yang tidak mengenal Teamviewer? Software yang satu ini telah membantu banyak orang dalam menghubungkan dua perangkat. Sehingga antar perangkat bisa saling remote meski berada dalam jarak yang jauh.Tak hanya tersedia dalam bentuk software. Teamviewer juga ada yang dalam bentuk aplikasi. Sehingga remote tak lagi sebatas antar PC dan PC. Namun juga bisa antar PC dan Hp atau sebaliknya.

Banyak orang yang senang membiarkan berbagai aplikasi di HP-nya ter-setting  aktif. Hal ini utuk efisiensi waktu. Saat aplikasi selalu dalam keadaan aktif. Maka pengguna tak perlu menunggu proses pembukaan aplikasi dari awal. Apakah Teamviewer juga bisa di-setting agar selalu aktif di Android?

Mengatasi Masalah Dan Setting Teamviewer (Android)

Pengguna baru Teamviewer pasti akan menghadapi beberapa masalah berikut. Pertama, password Teamviewer selalu berubah-berubah. Terutama untuk versi PC. Kedua, Teamviewer tidak ter-setting  aktif baik di HP maupun di PC. Tapi tak perlu khawatir. Semua permasalahan terkait Teamviewer itu ada solusinya. Simak penjelasan lengkapnya berikut.

1. Cara Setting Teamviewer Agar Selalu Aktif di PC

Secara default, Teamviewer di Laptop atau di PC-mu tidak selalu langsung aktif. Sehingga kamu juga harus selalu login setiap kali akan menggunakannya. Ini sungguh memakan waktu bukan? Karena itu, kamu perlu mengatur Teamviewer-mu agar selalu aktif di PC. Bagaimana caranya? 
  • Bukalah terlebih dahulu Teamviewer-mu di PC.
  • Pilih extras  pada bagian bar menu dan klik bagian sub menu options.
  • Di bagian kolom kiri, klik pilihan General. 
  • Centang kotak kecil dengan tulisan Start TeamViewer With Windows. Pilihan ini akan membuat Teamviewer-mu di PC akan selalu aktif dengan sendirinya. 
  • Tekan tombol OK agar pengaturan tersimpan. 

2. Cara Mengaktifkan Teamviewer Secara Otomatis di Android

Aplikasi Teamviewer ada dua jenis. Satu Teamviewer For Remote Control dan kedua Teamviewer Quicksupport. Keduanya punya fungsi yang berbeda. Kalau kamu mau mengontrol HP dari PC. Maka kamu harus menggunakan Teamviewer For Remote Control. Sebaliknya, jika kamu ingin mengontrol PC dari HP. Teamviewer Quicksupport lah yang harus kamu gunakan.


Pengaturan Teamviewer versi HP lebih mudah dibandingkan Teamviewer versi PC. Termasuk cara mengatur Teamviewer agar selalu aktif di android. Untuk Teamviewer For Remote Control, kamu hanya perlu daftar dan log in saja. Selama kamu tidak log out. Teamviewer-mu akan selalu aktif di android.  Bagaimana dengan aplikasi Teamviewer Quicksupport

Aplikasi tersebut tak perlu kamu aktiftan secara otomtais di android. Alasannya, aplikasi ini fungsinya hanya menampilkan ID saja. Tidak ada pengaturan atau menu profil dan sebagainya. Sehingga kamu juga tak perlu melakukan pendaftaran.

3. Cara Setting Teamviewer Agar Password Tidak Berubah

Kalau kamu sering menggunakan Teamviewer versi desktop. Kamu pasti hatam betul dengan masalah ini. Password yang muncul di tampilan antar muka Teamviewer selalu berubah-ubah. Beberapa di antara kamu mungkin tak menyukai hal tersebut. Rasanya merepotkan. Kalau tidak berubah kan bisa dihafalkan. Sehingga pekerjaan pun jadi lebih mudah dan cepat. Nah, agar password Teamviewer tidak berubah. Lakukan beberapa langkah berikut. 
  • Setelah membuka aplikasi Teamviewer. Silahkan pilih menu Extras. Lanjutkan dengan klik sub menu options.
  • Selanjutnya akan muncul layar pengaturan. Cari menu security di kolom sebelah kiri. 
  • Perhatikan kolom sebelah kanan. Tuliskan password  yang akan kamu gunakan pada tempat yang tersedia. Jangan lupa untuk mengisi bagian confirm password juga ya!
  • Ke bawah sedikit, pada bagian password strength. Pilih pengaturan Disabled (no random password).
  • Terakhir tekan OK. Selamat, password  Teamviewer tidak akan berubah-ubah lagi. 
Apabila kamu ingin melakukan perubahan password  lagi di kemudian hari. Kamu cukup mengulangi langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

4. Cara Menggunakan Teamviewer Tanpa Internet

Koneksi internet sangat dibutuhkan saat bekerja dengan Teamviewer. Agar remote antar perangkat dapat berjalan dengan lancar. Permasalahannya, bagaimana jika seandainya salah satu perangkat tak bisa mengakses internet? Ternyata, Teamviewer bisa kamu gunakan tanpa internet loh. Teamviewer menyediakan fitur incoming LAN connection. Melalui fitur ini, kamu tetap bisa mengoneksikan 2 perangkat sekaligus meski tanpa adanya internet.


Tak percaya? Kamu bisa membuktikannya sendiri dengan mengikuti tips dan trik berikut. Ini adalah contoh kasus untuk koneksi antara PC dan HP ya. 
  • Pertama-tama, nonaktifkan data di HP-mu. Namun aktifkan data hotspotnya ya. 
  • Untuk PC, tetap sambungkan jaringannya ke hotspot HP-mu. Abaikan meski ada tanda kuning atau keterangan no internet access.
  • Bukalah Teamviewer di PC. Pada bar menu, pilih extras. Selanjutnya klik sub menu options.
  • Tekan pilihan General  yang terletak di kolom kiri. Lalu pada bagian Incoming LAN connection, pengaturannya harus memilih accept
  • Kemudian tekan OK. Maka akan muncul alamat IP dan password berupa angka di tampilan antara muka Teamviewer.
  • Sekarang berpindahlah ke HP-mu. Buak aplikasi Teamviewer. 
  • Masukkan alamat IP dari PC ke bagian partner ID. 
  • Tap tombol bertuliskan remote control.
  • Masukkan password saat ada permintaan dan tap OK. 
  • Meski tanpa adanya internet, PC dan HP-mu tetap bisa terhubung.
Cara ini sudah banyak digunakan dan terbukti berhasil. Jadi silahkan kamu praktikkan ya!

5. Cara Menyembunyikan Teamviewer di HP Target

Saat mengoneksikan 2 perangkat menggunakan Teamviewer. Aplikasi Teamviewer haruslah terbuka di 2 perangkat tersebut. Kalau tidak, maka koneksi tak bisa kamu lakukan. Bagaimana jika ternyata kamu perlu me-remote sebuah perangkat secara sembunyi-sembunyi? Misal kamu ingin me-remote PC atau HP anak atau bawahanmu. Hal yang bisa kamu lakukan adalah mengatur agar Teamviewer beroperasi di tray menu. Sehingga, meski Teamviewer di perangkat lain dalam kondisi tertutup. Kamu tetap bisa mengaksesnya. Bagaimana caranya?
  • Buka aplikasi Teamviewer di PC. 
  • Pada bagian bar menu, pilih menu extras  > Options > Advanced > Show Advanced Options
  • Pada General advanced settings, centang pilihan Close to tray menu. Hal ini bertujuan agar akses tetap bisa kamu lakukan meski  aplikasi Teamviewer di perangkat mitra ditutup.  
  • Sementara untuk bagian Advanced Setting for Connection to This Computer. Ceklist pilihan Automatically Minimize Local Teamviewer Panel. Pilihan ini bisa me-minimize aplikasi di perangkat mitra secara otomatis. 
  • Terakhir tekan OK
  • Menggunakan Teamviewer secara tersembunyi ini tentu harus kamu lakukan secara bertanggungjawab ya. Jangan sampai kamu hanya memikirkan keuntunganmu saja. Misal, kamu sengaja menggunakan cara ini untuk mencuri data atau sebagainya.

Kesimpulan

Teamviewer diciptakan untuk mempermudah pekerjaan banyak orang. Makanya desainnya sangat sederhana. Namun bukan berarti tanpa masalah dan kekurangan. Ada beberapa permasalahan yang bisa muncul saat kamu menggunakan Teamviewer. 

Antara lain, password yang sering berubah-ubah dan aplikasi yang tidak ter-setting aktif secara otomatis. Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Kamu bisa mengikuti tips Cara Setting Teamviewer Agar Selalu Aktif di Android yang tertulis di artikel ini ya!

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>