Cara dan Tips Mengisi Daya HP Agar Cepat Terisi Penuh

Cara dan Tips Mengisi Daya HP Agar Cepat Terisi Penuh
Daftar Isi Artikel

Jika kamu mempunyai smartphone, tentu saja kamu juga harus tahu gimana merawat Smartphone tersebut. Setiap Smartphone pasti memiliki baterai yang berbeda. Jika digunakan terus menerus, tentu saja, baterai akan habis. Charge atau ngecas Hp yang baik pasti harus memperhatikan tata caranya supaya baterai ponsel kamu tetap dalam kondisi sehat agar baterai tidak mengalami drop dan pastinya baterai juga adalah salah satu komponen penting pada smartphone.

Dengan berkembangnya teknologi para produsen telah mengembangkan fitur Fast charging pada ponsel sekarang ini. Fast charging memang sedang populer, Produsen bersaing untuk menanamkan fitur ini pada ponsel mereka. Fast charging sangat diperlukan pada smartphone karena meningkatkan tegangan selama pengisian baterai, sehingga pengisian atau charger menjadi jauh lebih cepat, Namun tidak semua ponsel mendapatkan fitur ini.

Baca Juga : Aplikasi yang Tidak Perlu di install di Android

Jika kamu belum mendapatkan fitur ini, kamu bisa mengikuti tips Cara Mengisi Daya HP agar cepat Terisi Penuh dan kamu juga harus tahu tentang charge HP dengan benar agar baterai bisa lebih awet.

DAFTAR ISI

5 Cara Mengisi HP agar cepat penuh


1. Jangan Charge Sambil digunakan

Banyak dari kita yang suka menggunakan sementara ponsel saat sedang isi baterai. Jika diteruskan kebiasaan ini, bisa membuat baterai ponsel cepat rusak. Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga membuat baterai menjadi lama terisi. Sehingga baterai tidak mengisi dengan cepat, disarankan untuk tidak gunakan saat pengisian baterai berlangsung.

2. Tidak disarankan Charge Pada USB Port

Ada juga beberapa orang yang suka ngecas ponsel mereka melalui port USB komputer. Perlu diketahui, jika kamu ngecas melalui port USB pasti akan lebih lama penuhnya. Agar baterai HP kamu cepat terisi penuh, disarankan mengisi baterai menggunakan charger yang langsung terhubung ke terminal listrik.

3. Menggunakan Kabel Ori Bawaan

Agar baterai HP dapat terisi penuh, Kamu harus menggunakan kabel charger asli atau ORI-nya, Karena kabel pengisi daya yang asli akan menyalurkan listrik lebih cepat. Tips untuk kamu kabel  charge juga tidak boleh dilipat atau digulung. Ini akan membuat bagian dalam kabel yang rusak. Jika ada bagian dalam kabel yang rusak dapat menyebabkan pengisian baterai terhambat.

Baca Juga : Tips Hemat Data Saat Kuota Internet Menipis

4. Charge dan Aktifkan Airplane Mode

Fitur Airplane mode pada smartphone akan men-stop jaringan data. Artinya akan membuat HP kamu istirahat sejenak Karena penyebab meningkatnya konsumsi energi adalah koneksi internet Oleh karena itu, jika kamu ingin cepat dalam pengisian daya lebih baik tidak menggunakan telepon saat sedang dicas.

5. Matikan Smartphone

Mungkin cara ini adalah cara yang paling ampuh. kalau kamu mempuyai banyak waktu tidak terburu-buru, cobalah untuk charge  ponselnya dalam keaadan mati. Bisa kami pastikan baterai akan lebih cepat terisi penuh. Ketika Ponsel mati, aplikasi pada telepon kamu juga tidak berjalan. Baterai lebih cepat terisi, karena tidak digunakan sama sekali.

Tips Charge Dengan Benar Agar Baterai Awet


1. Jangan Charge Sampai Baterai LOW 0%

Cara mengisi HP yang baik adalah ketika HP tidak benar-benar habis. Yaitu ketika baterai masih sekitar 30% sampai 40%, jika baterai sudah menunjukan angka tersebu kamu sudah waktunya untuk mengisi baterai HP.

Jadi.. Kamu tidak perlu menunggu sampai baterai habis alias dari 0%. Jika kamu Sering melakukan hal ini akan menyebabkan daya tahan dan umur baterai berkurang. Pengisian paling minimum adalah sekitar 20%. Jika kamu Seringkali charge baterai pada angka 15% artinya kurang dari baik untuk menjaga baterai tetap awet.

Baca Juga : Tidak Menghapus Cache Akan Membuat Smartphone Lemot

2. Kurangi menggunakan Power Bank

Menggunakan Power Bank pada Ponsel kamu  untuk charge tidak ada salahnya. Namun alangkah baiknya tidak menggunakannya terlalu sering, dan digunakan pada saat terdesak, seperti dalam perjalanan yang tidak ada colokan listrik.

Jika ponsel kamu secara terus menerus menggunakan power bank akan menyebabkan masa pakai baterai ponsel jadi berkurang. Bahkan bisa membuat ponsel kamu mengalami baterai drop dikarenakan menggunakan power bank yang abal-abal

Demikianlah artikel Cara dan Tips Mengisi Daya HP yang benar. Lakukan cara dan tips diatas untuk membuat baterai cepat terisi penuh sekaligus membuat awet baterai kamu.