Iklan Billboard

Tips Hemat Data Saat Kuota Internet Menipis


Siapa yang tidak membutuhkan smartphone? Saat ini sebagian besar orang akan perlu smartphone. Selain menjadi alat komunikasi, smartphone juga sekarang lebih sering digunakan untuk berselancar di internet, bermain game (offline dan online) Juga untuk mengirimkan pesan SMS.

Dengan melakukan kegiatan ini, tentu saja membutuhkan koneksi internet. Untuk dapat menggunakan internet, pengguna smartphone harus bergantung pada paket internet. Berbagai macam paket internet yang ditawarkan oleh operator seluler di Indonesia dengan kuota internet dan harga yang beragam.

Jika anda sedang bepergian pasti akan kesusahan jika tiba-tiba kuota anda habis. Pasti butuh waktu untuk membeli kuota internet.Terkadang masih ada beberapa pengguna smartphone yang mengeluh paket internet mereka boros Jika anda sedang mencari cara agar bisa mengemat kuota dan tidak mau kehabisan data saat bepergian ini adalah Tips Hemat Data Saat Kuota Internet Menipis. Simak ya !


🔘 Matikan auto-download atau auto-update


Anda termasuk pengguna yang memiliki banyak aplikasi di smartphone? Jika demikian, pastikan Anda mematikan auto-Download atau auto-update di toko aplikasi digitalmu, seperti Google Play Store dan App Store.

Karena jika tidak dimatikan, smartphone secara otomatis akan memperbarui aplikasi yang Anda miliki. Semakin banyak aplikasi yang diminta memperbarui lebih kuota internet pasti tersedot

Jika aplikasi Anda ingin terus diperbarui dan terupdate, Anda dapat memilih opsi update dengan hanya menggunakan koneksi Wi-Fi saja. Aplikasi ini akan diperbarui secara otomatis ketika ponsel Anda terhubung ke Wi-Fi.

🔘 Nyalakan notifikasi peringatan data


Menghemat paket internet dimulai di dalam diri anda. Anda harus membatasi penggunaan internet dengan menyesuaikannya. Sehingga tidak terlalu boros, Anda bisa mengaktifkan notifikasi peringatan dari pengaturan data smartphone anda.

Jika Anda Mengatur penggunaan data yang Anda inginkan. Anda dalam satu bulan bisa hanya menggunakan misal 3GB kuota. Atau bisa mengatur dalam jumlah yang diinginkan. Nanti akan ada peringatan pemberitahuan jika pengguna telah mencapai jumlah yang diinginkan.

🔘 Pakai browser yang efisien

Apakah Anda tahu Jika browser Anda juga menjadi kontribusi yang sangat besar untuk penggunaan internet? jadi untuk mencegah hal itu terjadi, Anda harus berhati-hati dalam memilih browser. Pilihlah browser yang tepat.

Ada beberapa browser yang ternyata hemat penggunaan kuota internet, salah satunya adalah Opera Mini. Banyak yang merekomendasikan browser ini dan telah terbukti untuk menyimpan kuota internet Anda. Nah, selain Opera Mini, Anda juga dapat menggunakan Google Chrome.

Untuk google chrome ada beberapa penyesuaian agar menghemat data. Caranya adalah dengan membuka menu pengaturan dan mengaktifkan saver data.

🔘 Mematikan Paket data

Pilihan yang terakhir yang dapat Anda terapkan adalah untuk mematikan paket data. Hampir semua smartphone saat ini pasti ada pilihan untuk mematikan paket data atau koneksi internet. Tujuannya jelas untuk menyimpan data inet anda. Pakai koneksi internet hanya ketika Anda membutuhkannya. Jika tidak diperlukan, maka harus dimatikan. Seperti misalnya, ketika Anda tidur atau berada di jalan. Dengan mematikan paket data, maka setidaknya anda bisa menghemat.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang terus berjalan di latar belakang dan menyedot kuota internet Anda. Cara menghematnya anda dapat menggunakan Wi-Fi di lingkungan sekitar Anda, seperti di kantor, rumah dan lainnya.

Tetapi, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan Wi-Fi publik. Pastikan untuk tidak melewatkan transaksi perbankan secara publik.

BACA JUGA : Inilah Cara Hacker Membobol Android Lewat WiFi Publik

Hal ini dilakukan untuk mencegah hacking. Pastikan Anda juga mematikan Wi-Fi jika tidak digunakan untuk smartphone menghindari terus mencari sinyal Wi-Fi yang menghasilkan baterai boros.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel