Cara Menyambungkan Live Streaming Hp ke PC

Cara Menyambungkan Live Streaming Hp ke PC
Daftar Isi Artikel

Kamu mungkin pernah melihat gamer yang menyambungkan live streaming dari ponsel ke PC. Hal ini kerap dilakukan banyak orang demi mendapatkan kepuasaan saat melakukan siaran langsung dengan layar yang lebih besar. Tak hanya layarnya yang lebar, smartphone yang digunakan live streaming kerap kali mengalami kendala atau tidak didukung beberapa fitur. Oleh sebab itu, gamer kerap menyambungkan live streaming di HP ke PC karena smartphone yang digunakan terbilang jadul.

Jika kamu juga memiliki permasalahan yang sama, tak perlu khawatir. Perkembangan teknologi saat ini memberikan banyak kemudahan bagi kita. Untuk menyambungkan siaran langsung dari HP ke PC, kamu bisa memakai aplikasi tambahan yakni Vysor.

Vysor merupakan salah satu aplikasi pendukung berbasis dekstop. Sebelum menyambungkan live streaming, kamu perlu menginstal Vysor di komputermu. Menariknya, kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan di smartphonemu, jadi bagi kamu yang memiliki ponsel berkapasitas minim tetap dapat menggunakannya.

Cara Menyambungkan Live Streaming dengan Vysor

Sebelum kamu mengunduh dan menginstal Vysor dalam PC mu, terlebih dahulu lakukan setting di smartphone. Setting USB Debungging di smartphone dengan cara mengaktifkan Developer Mode. Masuk ke bagian About - klik Build Number hingga muncul peringatan Developer Mode. Setelah masuk Developer Mode, cari USB Debugging.

Setting di smartphone sudah selesai, saatnya mengunduh software Vysor di PC dan menginstallnya. Akan muncul tampilan utama Vysor dan kamu perlu menyambungkan PC dan ponselmu menggunakan kabel data. Klik view – maka softawre akan melakukan debug ke hp-mu. Berian izin PC mengakses Hp mu dengan menekan tombol Yes, maka layar ponsel akan tampil di komputermu.
Selesai. Kamu bisa melakukan setting tampilan sesuai keinginan dan menikmati live streaming di layar komputer.

Baca juga : Cara Merekam Layar Android

Cara Menghubungkan Layar Hp ke Layar Komputer

Sebetulnya, menghubungkan layar Hp ke komputer bukan hanya untuk kepentingan live streaming saja. Kamu juga bisa menyambungkannya untuk kebutuhan yang lain, seperti menonton, presentasi, atau sekedar melihat foto di galeri ke layar yang lebih lebar. Bagaimana caranya:

Gunakan Screen Mirror

Screen mirror merupakan salah satu aplikasi yang dapat menampilkan layar hp ke layar komputer/laptop. Untuk menggunakannya, tentu kamu perlu menginstal aplikasi tersebut di smartphone terlebih dahulu. Aplikasi screen mirror adalah aplikasi gratis yang bisa diunduh di PlayStore.

Setelah terinstal, nyalakan tethering – kemudian hubungkan komputer dengan Wifi Thethering smartphonemu. Pastikan tidak ada pengguna lain yang menggunakan tethering dengan Wifimu, kamu bisa membatasinya hanya untuk 1 pengguna. Pada komputer / laptop, buka browser dan akses situs screen mirror. Situs ini akan menampilkan kode QR, scan kode QR tersebut dengan membuka screen mirror yang ada di ponselmu. Selamat layar hp dan komputermu sudah terhubungkan.

Baca Juga : Cara Menjadi Streamer Game PUBG 

Menggunakan BBQScreen

Kamu juga bisa menggunakan tambahan aplikasi BBQScreen untuk menghubungkan layar smartphone ke layar komputer. Tidak seperti screen mirror yang bisa diakses melalui browser, BBQScreen perlu kamu unduh di dua perangkat, yaitu smartphone dan komputer.

BBQSceen merupakan aplikasi berbasis premium sehingga berbayar. Namun, kamu akan menikmati fiturnya tanpa terganggu iklan (bebas iklan). Setelah terunduh dan terinstal, lakukan instalasi juga di komputermu. Kamu bisa mengunduhnya melalui browser secara gratis, pilih software sesuai dengan kapasitas komputer yang kamu punya.

Proses instalasi di komputer memerlukan IP config. Untuk mengetahuinya gunakan command prompt – ketikkan ipconfig –a. Buka aplikasi BBQScreen yang ada di smartphone kamu, lalu tekan on. Lihatlah IP Addrees yang muncul di smartphone, tuliskan IP Address ini di BBQSceen yang terpasang di komputer. Selesai, kini layar Hp mu sudah tersambung ke komputer.

Demikianlah, cara menyambungkan live streaming Hp ke PC yang bisa kamu coba. Selamat mencoba.