10+ Hal Penting Dalam Mengelola Situs Blog

10+ Hal Penting Dalam Mengelola Situs Blog
Daftar Isi Artikel

Jika kamu ingin membuat blog sangat mudah tidak susah Mungkin hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 Menit kamu sudah mempunyai sebuah blog banyak platform yang disediakan. Misalnya, dengan platform Blogger.com, WordPress.com, Medium dll. Asal kamu bisa menulis  menumpahkan pengalaman ide dll pada sebuah platform seperti yang disebutkan itu yang disebut blogging atau blogger.

Tetapi jika kamu mempunyai niat menulis ingin jadi blogger profesional dan ingin punya penghasilan dari menulis, kamu harus membutuhkan skill tidak hanya menulis. Ada Proses jatuh bangun untuk kamu mendapatkan uang dari blog yang kamu buat. Pastinya hal penting selain skill adalah kemauan untuk belajar.

Kamu perlu belajar bagaimana memulai dan apa saja yang perlu disiapkan? Kami membuat artikel Hal Penting Dalam Mengelola Situs Blog sebagai referensi untuk kamu jika ingin menjadi seorang blogger bedasarkan dari pengalaman kami dan berbagai sumber. Jadi hal penting apa yang perlu disiapkan dalam mengelola situs blog, terutama kamu yang masih baru saja memulainya.

Panduan Penting Dalam Mengelola Situs Blog

Hal Penting Dalam Mengelola Situs Blog

Dalam membuat tulisan artikel di situs blog ada baiknya kamu harus memahami bagaimana informasi yang kamu buat "isi pesan" itu tersampaikan secara lengkap. Saat pembaca memahami semua isi artikel akan terjadi pertukaran informasi digital.

Baca Juga : 7 Kesalahan Dan Tips Untuk Blogger Pemula

Jika kamu seorang penulis yang baru saja terjun kedunia blogging, Hilangkan dulu dapat uang banyak dari nge-blog karena ada proses panjang untuk menuju kesana. Jika blog kamu sudah bagus dan banyak pengunjung baru kamu mulai bisa memonetisasi untuk mendapatkan uang. Dibawah ini kami memberikan beberapa gambaran hal penting untuk mengelola blog.


Membuat Navigasi

Navigasi adalah hal penting yang harus kamu buat di situs blog kamu. Menu navigasi terdiri dari Privacy, Profil kamu, Sitemap blog dan kontak. Menu navigasi memberikan kesan kepada pengunjung kalau blog kamu benar-benar dikelola dengan baik. Jika kamu sering mengunjungi website besar contoh situs berita indonesia : Kompas,Tribun,Viva dan yang lain pasti memiliki menu navigasi.

Memilih Template Blog SEO Friendly

Template blog adalah hal yang paling penting. Jika kamu membuat blog dengan template bawaan dari platfrom segera beralih untuk membeli template premium. Untuk template blog ini kamu bisa memilih template premium kesukaan kamu. Sebagai gambaran untuk kamu bagaimana mendapatkan template blog SEO Friendly adalah mempunyai ciri loading cepat mulai diakses dari dekstop ataupun Mobile.

Berapa harga template premium?? Bicara tentang anggaran template premium, Kamu tidak usah ambil pusing. Pilih saja template yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Biasanya template kisaran harga Rp. 100.000 sampai dengan Rp.500.000 (Selamanya) artinya kamu tidak perlu membayar lagi kecuali jika kamu ingin Upgrade ke versi selanjutnya.

Menu Di Homepage Seperlunya

Banyak sekali pemula yang baru membuat blog tidak memperhatikan hal ini. Pada homepage/Beranda memasang banyak gambar, Video yang tidak perlu. Bahkan ada juga yang memasang lagu pada blog. Homepage dengan banyak sekali fitur walaupun kamu sudah memakai template premium akan memperlambat loading blog.Yang ingin berkunjung itu pembaca bukan diri sendiri, Jadi buatlah Homepage cepat saat diakses karena google juga memberikan rating khusus untuk blog yang mempunyai loading cepat.

Membuat Favicon Logo

Memang penting membuat logo? Penting. sama pentingnya dengan menu navigasi karena akan membuat blog kamu lebih profesional. Jika kamu bukan desaigner carilah orang yang mampu membuat desain logo untuk blog kamu. Tipsnya mungkin untuk harga yang murah bahkan gratis kamu bisa meminta tolong keteman kamu yang jago desain atau jika kamu ada budget lebih kamu bisa mencari jasa desain melalui toko online contoh OLX.

Membuat Fanpage Facebook dan Instagram

Selanjutnya kamu bisa membuat halaman facebook dan juga instagram untuk membuat branding dan juga blog mudah dicari dan dikenali oleh pengunjung blog kamu. Selalu update melalui sosial media tersebut dengan begitu pengunjung bisa mengikuti aktivitas blog. Tapi jangan salah mengukur banyaknya like dan komentar disosial media dengan pengunjung blog pasti akan berbeda.

Daftarkan Blog di Google Search Console

GSC (Google Search Console) adalah sebuah tool untuk sumbit artikel kamu supaya mudah terindeks di mesin pencari google. Banyak sekali manfaat dari GSC seperti mengetahui jumlah tautan balik (Backlink), Jumlah artikel yang di indeks dll. Jangan lupa kamu bisa juga mendaftar tools seperti ini pada mesin pencari seperti Bing dan Yandex. Karena semakin banyak kamu submit artikel pada tools mesin pencari semakin banyak pula artikel yang akan ditampilkan. Pastinya menambah banyaknya pengunjung blog.

Daftarkan Blog ke Google Analytic

Tool ini juga disediakan oleh google fungsi dari Google Analytic adalah mengetahui lalu lintas blog lebih spesifik contohnya seperti melihat pageview, mengetahui kata kunci yang dipakai untuk menemukan blog, artikel paling banyak dikunjungi dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa memasang Histats untuk pengguna wordpress tetapi masih kurang lengkap tidak seperti Google Analytic.

Menulis Artikel Berkualitas

Untuk menulis artikel berkualitas poin yang paling penting adalah buat dengan gaya bahasa sendiri, bahas dengan mendalam dan original. Misalnya kamu membuat artikel tutorial jadi kamu harus membuat artikel yang benar-benar terbukti bahwa artikel tutorial yang kamu tulis bisa Work (Bekerja) saat pembaca mencoba tutorialnya. Dengan begitu akan menambah manfaat dan kepercayaan pembaca, biasanya pembaca akan loyal dan mencari lagi artikel-artikel yang sudah kamu buat.

Share Artikel Melalui Media Sosial

Selain kamu mempunyai fanpage Facebook dan IG yang selalu kamu update. Kamu juga bisa share artikel untuk menambahkan pageviews blog. Contohnya seperti Pinterest, Tumblr, KasKus, Whatsapp, Telegram dan lain-lain. Apakah tidak berdampak buruk untuk SEO? Google telah mengkonfirmasi bahwa popularitas blog di media sosial bukan merupakan patokan untuk peringkat di mata mesin pencari. Jadi jika artikel bermanfaat untuk pembaca tidak ada salahnya kamu share artikel yang sudah kamu tulis.

Pelajari dan Riset Kata Kunci Populer

Hal penting lainnya adalah selalu pelajari dan selalu riset kata kunci kata kunci ini terbagi menjadi dua yaitu musiman dan jangka panjang. Tujuannya pasti agar blog banyak dikunjungi oleh pembaca.

Baca Juga : Apakah Iklan di Facebook Dilarang oleh Adsense

Untuk kata kunci Musiman biasanya adalah topik yang sedang viral disaat itu saja. Contohnya : "Covid19" "CoronaVirus" yang sekarang menjadi kata kunci paling banyak digunakan atau sedang ada artis selebgram viral "kekeyi" kamu bisa membuat artikel tentang "5 Fakta Lucu tentang Kekeyi" Kata kunci ini adalah kata kunci musiman.

Untuk kata kunci jangka panjang yaitu kata kunci yang akan terus dicari oleh pembaca melalui search engine. Contohnya "Cara Memperbaiki Laptop Rusak dan Mati Total" kata kunci ini akan selalu dicari oleh pembaca.

Tetapi untuk mendapatkan pembaca melalui kata kunci tersebut tidak semudah yang kita bayangkan. Pastinya banyak sekali kompetitor lain yang juga bersaing dengan kita. Walaupun begitu mempelajari dan riset kata kunci tetap diperlukan.

Mempelajari SEO On-page dan SEO Off-page

Dua teknik SEO ini penting dalam mengelola blog tujuannya agar blog selalu masuk di halaman pertama google. Mari kita pelajari mulai satu persatu.

SEO on-page adalah mengoptimalkan konten untuk mesin pencari mulai dari Meta Description, Heading Tag, Title Tag, Isi Konten, Permalink, Outbond Link dan Image alt-tag. Pada bagian itu penting untuk pencarian google contohnya untuk membuat Deskripsi penulusuran jangan melebihi dari 160 kata dan tidak mengulang kata kunci lebih dari 2 kali.

Baca Juga : Cara Membuat Backlink di Viva

SEO Off-page adalah Seo off-page mengoptimalkan blog dari luar contohnya membuat backlink atau mempromosikan blog kamu agar blog menjadi populer. Kita akan membahas tentang backlink atau tautan balik. Kami sudah menulis tentang cara membuat backlink berkualitas diblog ini. Kamu bisa mencarinya dipencarian blog dengan kata kunci "backlink" . SEO Off-page ini bisa kamu dapatkan dengan jasa ataupun yang secara gratis caranya dengan tukar backlink kepada teman blog kamu.

Akhir kata

Demikian penjelasan tentang Hal-hal penting dalam mengelola situs blog. Penulisan yang kami sajikan pada tulisan ini dari pengalaman pribadi penulis dan beberapa sumber. Terpenting untuk kamu yang sedang belajar membuat blog jangan putus ditengah jalan jika mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Semoga bermanfaat.