10 Antivirus Terbaik dan Ringan untuk Laptop 2021 | Support Windows dan macOS

10 Antivirus Terbaik dan Ringan untuk Laptop 2021 | Support Windows dan macOS
Daftar Isi Artikel


Magelang1337.com - Antivirus terbaik untuk windows 10 dan MacOS. Keamanan laptop wajib menjadi perhatian utama, khususnya laptop yang jadi andalan untuk kerja maupun belajar. Pasalnya, ada banyak ancaman yang kapan saja bisa membahayakan laptop kamu. Salah satu cara yang disarankan adalah dengan memasang antivirus terbaik.

Namun, banyaknya pilihan seringkali membuat kita bingung antivirus mana yang paling bagus dan mampu memberikan keamanan maksimal. Apalagi tidak semua antivirus bisa dinikmati secara gratis. Meskipun ada, terkadang ukurannya terlalu besar.

Nah, oleh karena itu, bagi kamu yang sedang mencari software antivirus terbaik dan ringan, mungkin daftar di bawah ini bisa jadi referensi.

Daftar Antivirus Terbaik dan Ringan

Apa sih fungsi dari antivirus? Singkatnya, antivirus di laptop atau PC berfungsi layaknya antibodi pada tubuh. Ia akan menghalang segala macam bahaya yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada sistem operasi. Berikut software antivirus terbaik yang bisa kamu coba.

1. Comodo



Comodo merupakan produk keamanan yang dibuat oleh perusahaan security asal Inggris, Comodo Grup. Antivirus ini dibekali banyak fitur keamanan gratis berkualitas premium. Comodo kompatibel untuk perangkat Windows dan macOS

Salah satu fitur unggulan yang bisa kamu nikmati adalah Auto Sandbox Technology. Fitur ini akan menyaring semua program berbahaya yang ada di laptop. Selain itu, ada juga fitur Secure Shopping yang akan melindungi nomor PIN atau password saat sedang bertransaksi online.

Download Comodo Antivirus

2. AVG Antivirus

AVG Antivirus masuk jajaran antivirus ringan terbaik yang menghadirkan proteksi keamanan lengkap untuk  Windows maupun Mac. Dirilis tahun 2010 oleh AVG Technologies, sampai saat ini AVG masih jadi andalan banyak orang untuk menjaga perangkat dari serangan malware.

Bukan untuk keamanan saja saja, AVG juga bisa berfungsi sebagai VPN. Kamu bisa mengakses Wi-Fi publik tanpa takut diretas dengan dukungan enkripsi AES 256-bit. Selain itu kamu juga bisa mengakses situs-situs favorit yang diblokir.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Dan Cegah Virus Masuk Komputer

Dua tahun terakhir AVG Antivirus telah memenangkan lebih dari 25 penghargaan. Ini tentunya menjadi jaminan bahwa AVG adalah produk antivirus yang berkualitas.

Download AVG Antivirus

3. Smadav


Sebagai buah karya anak bangsa, Smadav dibekali banyak kelebihan yang tak kalah dari produk antivirus lainnya. Dengan ukuran instalasi hanya 10MB, Smadav termasuk
aplikasi antivirus terbaik yang cocok di semua perangkat komputer.

Dalam update terbaru, Antivirus Smadav dibekali fitur tambahan berupa Artificial Intelligence, yang mana teknologi ini akan mendeteksi ancaman baru yang tidak terdeteksi sebelumnya.

Meskipun fiturnya kurang lengkap, namun Smadav tetap bisa kamu andalkan untuk mengamankan data-data di laptop.

Jika kamu ingin mendapatkan Smadav versi premium secara gratis kamu bisa membacanya pada artikel ini Cara Mendapatkan Key Smadav Premium Free

4. ClamAV

Masuk jajaran antivirus terbaik Windows 10, ClamAV dibekali fitur unggulan yang mampu memberikan keamanan maksimal pada laptop kamu. Meskipun software-nya masih belum stabil, namun bila mencari antivirus yang ringan dan gratis, ClamAV adalah pilihan yang tepat.

Selain Windows, ClamAV juga tersedia di macOS dan Linux. Antivirus ini mampu mengatasi ancaman berbahaya dengan baik, seperti trojan hingga malware.

Baca Juga : Website Scan Virus Online Gratis Terbaik

ClamAV dibuat khusus untuk memindai otomatis dokumen dan format email dengan fitur multi-file yang mampu memindai banyak file sekaligus.

Download Clam Antivirus

5. Sophos Home


Sudah digunakan lebih dari 500 perusahaan terkenal, kualitas Sophos Home tentu tak diragukan lagi. Antivirus ini bisa kamu andalkan untuk melindungi laptop dari serangan malware, ransomware, hingga peretasan.

Sophos Home juga dibekali dengan teknologi AI yang mampu mendeteksi ancaman keamanan lebih baik. Selain itu, antivirus ini akan mendeteksi dan memblokir malware berbahaya sebelum terhubung ke jaringan.

Dengan ragam fitur dan keunggulan, Sophos Home termasuk antivirus gratis terbaik untuk Windows dan macOS. Kalau ingin menikmati fitur yang lebih lengkap, kamu juga bisa berlangganan dengan biaya Rp 721 ribu per tahun.

Download Sophos Antivirus

6. Avira Free Security


Avira juga masuk jajaran
antivirus laptop terbaik yang diprogram untuk melindungi data pribadi dari serangan malware secara real time. Selain itu, antivirus ini akan memblokir situs web yang bermasalah dan dapat difungsikan sebagai ad blocker.

Dibandingkan pesaingnya, Avira memiliki fitur keamanan yang lebih banyak. Jika kamu mencari antivirus yang menawarkan solusi keamanan maksimal untuk laptop ataupun PC, maka Avira bisa jadi pilihan terbaik.

Download Avira Antivirus

7. Panda Security



Ketika orang mencari antivirus gratis terbaik 2021, tak sedikit yang menjatuhkan pilihan ke Panda Security. Yaps, software antivirus asal Spanyol ini berbasis cloud, sehingga beban memori tidak terlalu besar. Antivirus ini juga akan melindungi laptop kamu secara otomatis.

Panda Security juga dibekali teknologi AI yang akan memantau setiap aplikasi yang berjalan pada sistem. Berbeda dari antivirus lain, dengan teknologi yang dimilikinya, Panda Security mampu mendeteksi ancaman berbahaya lebih cepat.

Download Panda Antivirus

8. Bitdefender


Bitdefender sudah digunakan lebih dari 500 juta pengguna dari seluruh dunia. Meskipun masih banyak kekurangan, namun Bitdefender layak dianggap sebagai 
antivirus ringan terbaik yang bisa digunakan gratis di Windows ataupun macOS.

Antivirus ini menyediakan banyak fitur keamanan yang akan melindungi laptop kamu dari serangan malware yang belum pernah terdeteksi sebelumnya.

Bitdefender menawarkan keamanan maksimal saat menjelajahi suatu web. Jika kemudian sistem mendeteksi web phising atau scam, maka secara otomatis Bitdefender akan memblokirnya.

Download Bitdefender Antivirus

9. Kaspersky


Selanjutnya ada Kaspersky yang juga merupakan 
antivirus terbaik. Bukan hanya itu saja, banyak ulasan yang mengatakan kalau Kaspersky sangat ringan dan cepat. Antivirus ini akan menjaga laptop kamu dari serangan ransomware, cryptolocker, hingga WannaCry.

Kaspersky akan memblokir ancaman apapun secara real time, mencegah hacker, dan membantu sistem operasi berjalan lebih cepat.

Namun sayangnya, dengan ragam fitur yang dimiliki, Kaspersky hanya menawarkan 1 bulan trial. Setelah itu kamu harus berlangganan dengan harga mulai dari Rp 300 ribu per tahun untuk 1 perangkat.

Download Kaspersky Antivirus

10. BullGuard

BullGuard melengkapi deretan antivirus ringan terbaik pada artikel ini. Didirikan pada tahun 2002 di Denmark, sampai saat ini BullGuard telah bertranformasi menjadi antivirus powerful yang telah memenangkan banyak penghargaan, salah satunya PCR Awards 2019 dan 2020.

Menariknya, BullGuard bisa dikonfigurasi di beberapa area dengan tambahan fitur Game Booster guna meningkatkan kinerja sistem. Jadi, software antivirus yang satu ini sangat cocok bagi gamer yang suka memainkan game berat.

Mengingat saat ini kejahatan cyber sangat mengkhawatirkan, sudah saatnya kamu menjaga keamanan laptop dengan software antivirus terbaik dan ringan. Mencegah adalah tindakan paling bijak daripada harus mengobati kerusakan yang disebabkan malware berbahaya.

Download BullGuard Antivirus

Demikianlah Artikel Tentang Antivirus Terbaik yang support Windows Juga MacOS. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kamu untuk memiliki aplikasi antivirus di komputer atau laptop yang kamu miliki.