Trik Mengunci File Dokumen PDF/WORD/EXCEL dengan Password 2021

Trik Mengunci File Dokumen PDF/WORD/EXCEL dengan Password 2021
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.comCara Mengunci File Dokumen Microsoft Office. Sudahkah kamu tahu? MS Office mempunyai menu yang dapat membantu kamu untuk mengenkripsi dokumen Word dan file PDF, jadi tak ada seorang pun yang bisa melihat file tersebut kecuali kamu berikan passwordnya.

Pada artikel berikut ini kami akah Sharing Panduan untuk membuat password pada dokumen Word dan file PDF di Microsoft Office. Untuk catatan, langkahnya di tutorial ini berlaku hanya untuk Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, Excel, dan Ms Access 2016. Mau tahu caranya yuk langsung Simak, saja!

File Microsoft Office Menggunakan Password, Amankah?

Menu dari Microsoft untuk membuat perlindungan yang diberikan password telah mendapatkan reputasi buruk di masa lalu. Mulai dari Office 95 sampai Office 2003, karena skema enkripsinya sangat lemah.

Jika kamu memounyai file dokumen yang dilindungi dengan kata sandi dengan pada Office 2003 atau versi sebelumnya, kata sandi itu bisa dengan mudah dibuka caranya dengan perangkat lunak yang dibuat oleh hacker atau bruteforce kata sandi yang tersedia secara luas.

Baca Juga : Antivirus Terbaik untuk Laptop Support Windows dan macOS

Selanjutnya untuk Office 2007, Microsoft menjadi lebih serius untuk keamanan dokumen dan data penggunanya. Dan akhrinya Office 2007  beralih ke Advanced Encryption Standard (AES) dengan  password 128-bit.

Secara luas, itu jadi lebih aman karena Office memakai enkripsi yang cukup kuat untuk melindungi file dokumen dengan password.

Panduan Mengunci Dokumen Ms Office dengan Password

Untuk cara mengunci file word agar tidak diedit atau dibuka, pertama kamu buka Word, Excel, PowerPoint, atau Access. Lalu, klik menu "File" di atas pojok kiri layar. Pada panel Info dan klik "Protect Document" dan pilih "Encrypt with Password".

Tombol itu bernama "Protect Document" di Microsoft Word, Hampir memiliki nama yang mirip di aplikasi lain. Selanjutnya, cari opsi "Protect Workbook" di Microsoft Excel, pilih “Protect Presentation” di Microsoft PowerPoint. Pada Microsoft Access, kamu cuma bisa melihat tombol "Encrypt with Password"di tab Info.

NOTE: Jika kamu hanya mau membatasi pengeditan dokumen, kamu bisa pilih "Restrict Editing”.

Tetapi, seperti yang kami tulis diatas, itu tak terlalu aman dan bisa dengan mudah untuk dilewati. Lebih baik jika memungkinkan kamu meng-enkripsi seluruh dokumen.

Kemudian, masukkan password yang mau dienkripsi dokumennya. Buatlah kata sandi yang bagus dan tidak mudah ditebak.

Baca Juga : Cara Crack Smadav Menjadi Premium

Password yang lemah bisa dengan mudah ditebak dengan meretas perangkat lunak jika ada seseorang yang memperoleh akses ke dokumen itu sendiri.

WARNING: Kamu akan kehilangan akses atau tidak bisa membuka dokumennya kembali, jika kamu password, jadi jangan sampai lupa! Kami menyarankan kamu untuk menyimpan password pada folder lain yang aman.

Waktu dokumen dienkripsi, akan muncul pesan pop-up "A password is required to open this document". Jika kamu membuka dokumennya kembagi, akan tampil kotak "Enter password to open file". Jika kamu tidak memasukkan password dengan benar, kamu tak akan dapat melihat isi dokumen sama sekali.

Untuk menghapus proteksi kata sandi dari dokumen, klik "Protect Document" dan pilih "Encrypt with Password". Lalu, masukkan password kosong dan klik "OK". Nantinya Microsoft akan menghapus password tersebut dari dokumen.

Cara Mengunci Dokumen PDF

Kamu juga dapat mengekspor dokumen Office ke file PDF lalu membuat agar file PDF tidak bisa dibuka dengan perlindungan memakai password. Dokumen PDF akan dienkripsi dengan password yang kamu buat. Ini hanya berfungsi di Microsoft Word tetapi tidak untuk Excel, karena ada alasan tertentu.

Caranya cukup mudah, buka dokumen di Microsoft Word. Lalu klik menu "File", dan pilih "Export". Klik  "Create PDF/XPS" untuk meng-ekspor dokumen sebagai PDF.

Klik "Options" pada bagian bawah jendela dialog lalu simpan yang muncul. Dan di bagian bawah jendela opsi, aktifkan piliha "Encrypt the document with a password" dan terakhir klik "OK"


Masukkan Password yang mau kamu pakai untuk men-enkripsi file PDF, dan klik "OK". Selanjutnya, masukkan nama untuk file PDF dan klik "Publish". Microsoft Office akan mengekspor dokumen ke file PDF yang telah dilindungi password.

WARNING : Kamu tak akan bisa melihat file PDF jika lupa passwordnya. Pastikan jangan lupa dan mengingatnya. Jika tidak kamu akan kehilangan akses file PDF tersebut.


Nah, Demikianlah tadi panduan lengkap cara mengunci file dokumen dan PDF di Microsoft Office 2021 dengan mudah. Jadi kamu sekarang sudah tidak bingung ya dan dokumen kamu akan aman. Selamat mencoba!

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>