Cara Meningkatkan GPU Android untuk Bermain Game HD tanpa Root

Cara Meningkatkan GPU Android untuk Bermain Game HD tanpa Root
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Untuk kamu para pengguna Smartphone android yang memiliki spesifikasi rendah atau bisa dibilang "HP Kentang" mungkin Cara Meningkatkan GPU Android untuk Bermain Game HD pada artikel ini akan membantu, ketika sedang bermain game online tidak nge-lag. Panduan yang kami berikan dapat dengan mudah untuk dipraktekkan di berbagai macam brand Android, seperti dari hp Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Realme, Redmi, Asus Zenfone, Sony dan yang lain. Dan Juga cocok untuk berbagai macam game, yakni game Free Fire, Mobile Legends, PUBG Mobile, COD (Call of Duty) Mobile, Dota 2 dan game Android lain.

Kamu tak perlu bingung karena cara mengingkatkan performa ponsel Android bisa bekerja di HP tanpa root. Kamu cuma harus mengaktifkan opsi pengembang. Perlu kamu ketahui jika ingin mencari smartphone dengan RAM besar saja tidak cukup maksudnya supaya game yang dimainkan lebih smooth, lancar, dan tidak lag. untuk pengalaman bermain game lebih lancar HP juga membutuhkan prosesor dengan grafis yang layak. Oke sekarang Langsung saja, berikut Penjelasan untuk Meningkatkan GPU Android untuk Bermain Game HD.

Panduan Meningkatkan GPU Android untuk Bermain Game HD

Sekarang kita masuk kedalam penjelasannya yang lebih rinci. Jika kamu mau bermain game menjadi lancar mungkin kamu harus mengikut tips dibawah ini:

1. Mematikan Aplikasi yang tak Terpakai

Dengan kamu mematikan aplikasi yang tak terpakai ini atau berjalan di background, kamu akan menghemat RAM karena jika aplikasi terus berjalan di latarbelakang pasti bisa menguras space RAM HP android. Dan jika kamu tetap memaksakan, HP menjadi lemot bahkan bisa hang. Secara garis besar, untuk menambah GPU tak bisa dengan hardware saja, tapi dapat dimaksimalkan memakai software.

2. Menghapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Hapus aplikasi yang tak terpakai adalah salah satu cara jitu, jika HP kamu memilik space kecil maka jangan menginstall aplikasi yang berat seperti instagram, FB dan TikTok. Jika sudah terlanjur terinstall, Saran dari kami hapus aplikasi tersebut.

3. Hindari memakai Widget atau Live Wallpaper

Jika hp kamu "HP Kentang" hindari memakai Widget atau live wallpaper yang ada di HP android, memang dengan memakai fitur ini menjadi keren jika ada widget tambahan, tapi justru malah melemahkan RAM dan GPU Hp kamu.

Meningkatkan GPU Android dengan Developer Mode

Jika beberapa cara diatas sudah dilakukan kamu bisa melakukan cara fitur opsi pengembang. Dengan mengikuti cara meningkatkan performa hp Android saat bermain game tidak akan lagi mengeluh dan tiba-tiba lag. Kamu akan mendapatkan performa terbaik.
  • Pertama Buka Setting > About Phone buka menu Setting atau Pengaturan pilih About phone atau Tentang ponsel.
  • Buka Informasi perangkat lunak > ketuk 4x di Nomor versi. Sampai keluar pemberitahuan kamu telah menjadi Developer ini artinya mode pengembang telah diaktifkan.
  • Jika ada konfirmasi pola, Kamu bisa masukkan pola atau password smartphone kamu.
  • Buka Developer option menu Setting atau Pengaturan, dan scroll sampai bawah buka menu Pilihan pengembang.
  • Pilih menu Setel Perender GPU
  • Pilih OpenGL (Skia), default perender GPU ada di OpenGL (Default). Nah kamu ubah menjadi OpenGL (Skia).
  • Selesai
Untuk kamu yang menggunakan HP Xiaomi, Biasanya berbeda dengan yang lain dan berikut ini adalah cara Set GPU Renderer Xiaomi
  • Masuk ke menu Settings. 
  • Buka menu tentang Telepon. 
  • Kemudian klik 7x pada versi MIUI. 
  • Dan kamu telah menjadi pengembang.
  • Lalu kembali ke menu Setelan, buka Setelan tambahan. Scroll sampai bawah dan temukan Opsi Pengembang >> menu Perenderan GPU. Buka menu Perenderan GPU rubahlah ke OpenGL (Skia). 
  • Selesai.
Jika Opsi render pada hp Xiaomi tidak muncul silahkan kamu update versi terlebih dahulu. Sekarang bagaimana ada perubahan? jika belum artinya HP kamu harus di Overlock. Sedikit pengertian overclock adalah memaksa prosesor untuk berjalan diatas kemampuannya. Untuk cara ini kami sudah membuat artikelnya kamu bisa membaca secara lengkap di Aplikasi Ampuh Untuk Overclock CPU Android.

Akhir Kata

Sebelum mengakhiri ini admin ingin berbagi untuk kamu yang masih mencari cara meningkatkan GPU di android. Sebenarnya jika kamu menginginkan bermain game dengan lancar tanpa adanya lag, memang HP kamu harus mumpuni dari spesifikasinya. Jika memaksakan dengan mengoprek atau root tetap tidak menjamin akan lancar seterusnya. Jadi apa yang harus dilakukan? Lebih baik mencari saja smartphone yang dapat mendukung peningkatan grafis saat bermain game secara default. Kamu tidak usah susah-susah menginstal aplikasi tambahan.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>