Inilah Aplikasi Android yang Paling Boros Data Internet

Inilah Aplikasi Android yang Paling Boros Data Internet
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Aplikasi Android Yang Boros Data Internet. Saat Data internet akan habis pasti kamu galau ketika ingin berselancar di internet. Semakin banyak konten menarik untuk dilihat atau dibaca membuat kita sering mengakses internet dan lupa akan sisa kuota karena asyik.

Berbagai cara sudah dilakukan, Tapi apa daya data internet tetap saja cepat habis. Hal ini terjadi bukan salah dari aplikasi atau data internet tetapi ini adalah salah kamu sendiri. Terlalu keseringan mengakses internet dan steaming video secara online.Yang paling bagus supaya data internet tidak cepat habis adalah mematikan data internet. Jika tidak digunakan.

Kumpulan Jenis Aplikasi Boros Kuota 2020

Selain kamu sering mengakses internet yang berlebihan, sebenarnya ada hal lain yang membuat Data internet android bisa cepat habis. Ada beberapa aplikasi yang cepat dalam menguras kuota Internet. Aplikasi ini pasti sering kamu gunakan, Dan hasilnya kuota tidak sampai dalam satu bulan sudah habis. 

Aplikasi yang dapat di pasang pada android tentu saja mempunyai spesifikasi tersendiri. Tetapi dari sekian banyak aplikasi yang kamu butuhkan ternyata ada juga aplikasi android boros baterai, kuota internet dan memori smartphone.

Aplikasi android yang boros baterai ini dapat membuat baterai jadi cepat drop dan tak bisa bertahan lama lagi. Aplikasi android yang boros kuota dapat diakali dengan penggunaan wifi, karena ada beberapa aplikasi yang menuntut penggunaan kuota internet sangat besar.

Apa saja aplikasi yang membuat kuota cepat habis? Berikut ini ulasannya.

1. Aplikasi Sosial Media

Siapa yang tidak mempunyai media sosial , semua orang yang menggunakan android pasti memiliki sosial media. Pada era digital ini, sosial media jadi salah satu alat komunikasi di kalangan remaja. Lalu, Mengapa sosial media bisa disebut sebagai aplikasi yang boros kuota? Ini penjelasannya 

Facebook : Kita tahu facebook adalah aplikasi yang banyak digunakan orang di seluruh dunia. Timeline yang selalu bermunculan juga banyaknya notifikasi masuk membuat Data internet kamu cepat habis. Pada saat ini facebook memiliki fitur terbaru di videonya yaitu auto-play. Artinya tanpa kamu memutar video tersebut bisa berputar dengan sendirinya. Hal ini tentunya bisa membuat kuota cepat habis.


Twitter : Fitur dari aplikasi twitter sama dengan facebook yaitu post video dengan auto-play. Hal ini tentunya bisa membuat kuota kamu cepat habis dalam waktu yang cepat. Cara ini bisa di akali dengan mematikan fitur auto play caranya masuk pada menu Settings – Data, lalu atur auto play saat terkoneksi dengan Wifi saja.

Instagram : Kita tahu jika instagram adalah tempat untuk share foto dan video. Gambar dan video mempunyai load bandwith yang besar, hal ini pasti bisa menguras data internet kamu. Profil dan Timeline seseorang di penuhi dengan foto dan video, hal ini akan terus menguras data saat kamu scrool melihat terus menerus. Untuk membuat aplikasi IG lebih hemat, masuk ke menu setting Cellular Data Use, Kemudian pilih Use Less Data. Nantinya Video yang terpost tak akan otomatis diputar juga load foto akan sedikit lebih lambat.

2. Aplikasi Game Online

Beberapa jenis game online yang kamu mainkan tentu akan membuat data cepat habis. Salah satu game online yang paling banyak dimainkan adalah sebagai berikut.

Pokemon Go : Sempat menjadi trending pada tahun 2016. Pokemon Go merupakan permainan berbasis lokasi jadi selalu terhubung dengan Maps ditambah lagi dengan koneksi kamera. Dengan koneksinya ini membuat game Pokemon Go merupakan aplikasi android yang sangat boros baterai juga kuota.


Solitaire : Game solitaire adalah game bawaan diperangkat komputer dengan OS windows. Tetapi game solitaire sudah tersedia pada perangkat android. Game ini dipercaya mempunyai tingkat keborosan data yang tinggi.

Plant vs zombie : Merupakan permainan yang sudah ada sejak lama. Game ini sudah terus berkembang dari berbagai macam tampilan game. Dan cara bermainnya pun masih sama sejak dulu. Hanya saja ada perbedaan tingkat kesulitan di dalam setiap levelnya. Pada forum android, Plant vs Zombie dianggap salah satu aplikasi android yang paling boros baterai, kuota juga memori.

3. Aplikasi Video Streaming dan Video Call

Paket data kamu akan cepat habis karena menonton video online. Banyak sekali aplikasi streaming video yang menawarkan berbagai konten yang menarik untuk dilihat. Kenapa aplikasi video boros kuota, berikut ini penjelasannya : 

Youtube : Aplikasi youtube menyediakan konten berupa video dari seluruh dunia. Video dengan resolusi tinggi akan menguras kuota kamu. Pilihan terbaik adalah jangan terlalu keseringan menonton video online, dan jika mau nonton video pilihlah ukuran video dengan resolusi rendah yaitu 144 atau 240.


Netflix : Aplikasi untuk film online ini akan membuat kuota kamu habis hanya dalam beberapa hari. Film panjang yang berdurasi kurang lebih 1 jam bisa menguras kuota hingga ratusan MB, Bayangkan saja jika menonton film berjam-jam. Jauh lebih baik, menonton di aplikasi ini ketika ada WIfi terkoneksi.

Skype : Adalah layanan gratis video call bisa membuat kuota kamu cepat habis. Bagaimana tidak, panggilan video bisa disamakan dengan video streaming. Semakin lama panggilan video kamu berlangsung maka semakin banyak kuota akan tersedot.

4. Photo

Salah satu aplikasi yang bisa membackup foto dengan mudah yaitu Google Photo. Aplikasi ini bisa membackup semua foto pada android kamu dengan cepat. Tetapi sayangnya aplikasi ini akan menyedot kuota dengan cepat. Untuk mengakalinya, Kamu bisa setting supaya update saat sedang terkoneksi Wifi saja.

5. Mengupdate Aplikasi

Jika kamu mengaktifikan fitur update aplikasi android di Google Play Store, maka hal ini tentunya akan membuat kuota menjadi sangat boros. Aplikasi pada smartphone memang perlu di update, tetapi hal tersebut tidak perlu setiap hari. Kamu bisa mensetting update aplikasi saat sedang terkoneksi Wifi Saja. Dan kamu akan berhemat kuota.


Untuk menghemat kuota internet pada Android, tergantung di penggunanya itu sendiri. Jadi kita harus bijak dalam memakai internet. Tidak usah berlebihan, lebih baik buka internet pada saat kamu perlu membukanya.

Demikianlan artikel tentang Aplikasi Android Yang Boros Kuota, baterai dan memori semoga bisa membantu dan bermanfaat.